Bisakah Hidrosefalus Diketahui dari Dalam Kandungan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bisakah Hidrosefalus Diketahui dari Dalam Kandungan?

Halodoc, Jakarta – Hidrosefalus umumnya terdeteksi dan diobati setelah lahir dengan prosedur shunting. Namun, dengan munculnya ultrasonografi prenatal berkualitas tinggi, pembesaran ventrikel secara rutin dapat didiagnosis dalam rahim.

Pemeriksaan ini pada akhirnya dapat mendeteksi hidrosefalus dalam kandungan. Cari tahu lebih banyak informasi mengenai ini dalam uraian selanjutnya.

Perawatan Hidrosefalus

Perawatan hidrosefalus tergantung pada jenis hidrosefalus janin. Pemahaman menyeluruh tentang riwayat alami hidrosefalus janin harus menjadi dasar untuk perawatan rasional dan konseling orang tua.

Sayangnya, pemahaman tentang sejarah alami saat ini tidak cukup untuk secara jelas memberikan prediksi perkembangan penyakit yang tepat atau menawarkan terapi janin. Jelas bahwa ventrikulomegali janin dengan kelainan terkait memiliki hasil yang buruk. 

Dalam kasus ventrikulomegali yang berhubungan dengan infeksi, kelainan kromosom, dan kondisi sistem saraf pusat yang parah serta kelainan ekstrakranial, dapat menyebabkan keluarga akhirnya memutuskan mengakhiri kehamilan.

Baca juga: Terserang Hidrosefalus, Bisakah Disembuhkan?

Perawatan hidrosefalus tergantung pada jenis hidrosefalus janin, laju perkembangan, usia kehamilan, dan pada akhirnya, keinginan keluarga. Hidrosefalus terisolasi tanpa malformasi terkait, terdeteksi sebelum batas aborsi legal, mungkin menjadi alasan yang cukup untuk mengakhiri kehamilan bagi keluarga yang tidak dapat menerima prospek memiliki anak cacat.

Operasi sesar dilakukan atas kebijaksanaan dokter kandungan ketika ukuran kepala menghalangi persalinan pervaginam. Janin yang mengalami pembesaran ventrikel progresif dan penipisan kortikal dari hidrosefalus sebelum 28 minggu mungkin memiliki kerusakan permanen pada 32 minggu. 

Penyebab Hidrosefalus

Selama perkembangan prenatal, otak dimulai sebagai struktur tubular. Seiring pertumbuhannya, tabung bagian dalam tetap dan menjadi serangkaian rongga yang saling berhubungan yang dikenal sebagai ventrikel. Di dalam ventrikel, pleksus choroideus menghasilkan cairan tulang belakang otak (CSF) yang dimulai pada minggu keenam kehamilan. Pada periode neonatal, sekitar 300-500 cc CSF diproduksi per hari.

CSF mengalir melalui serangkaian bukaan atau foramens di otak dan keluar ke ruang subarachnoid di mana ia diserap kembali oleh sistem vena. Jika jalur CSF terhambat atau terhapus oleh kelainan perkembangan, CSF terakumulasi di bawah tekanan dalam sistem ventrikel. Akibatnya ventrikel mulai melebar, menyebabkan penipisan dan peregangan mantel otak. Kondisi ini disebut hidrosefalus.

Otak dapat mengakomodasi dilatasi ventrikel sampai batas tertentu tanpa kerusakan neuron yang signifikan. Namun ketika proses ini berlanjut, kerusakan otak yang tidak dapat diperbaiki terjadi.

Hidrosefalus adalah salah satu anomali kongenital paling umum yang memengaruhi sistem saraf, terjadi dengan kejadian 0,3 hingga 2,5 per 1.000 kelahiran hidup. Penting untuk membedakan hidrosefalus dari pembesaran ventrikel atau ventrikulomegali, yang juga dapat disebabkan oleh kerusakan otak dan perkembangan morfologis. 

Baca juga: Enggak Cuma Anak-anak, Orang Dewasa Bisa Alami Hidrosefalus

Perbedaan diagnostik mungkin sulit dibuat, terutama dengan USG saja, tetapi sangat penting karena ventrikulomegali janin dari proses destruktif atau maldevelopment membawa prognosis yang buruk. Dalam kasus ini, seperti hydrancephaly dan holoprosencephaly, ventrikel tidak hanya relatif membesar, tetapi juga sering terdistorsi karena kelainan parenkim di atasnya. Ventrikulomegali janin sering dikaitkan dengan kelainan perkembangan berat lainnya, dan kombinasi ini memberikan hasil yang buruk.

Kalau ibu ingin tahu lebih banyak mengenai hidrosefalus dan risikonya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa kapan dan di mana saja mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Children’s Hospital of Philadelphia. Diakses pada 2019. Hydrocephalus.
Fetal Newborn.org. Diakses pada 2019. Hydrocephalus.
SMMHealth. Diakses pada 2019. Fetal Hydrocephalus.