5 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah
KECANTIKAN 02 May 2018

Halodoc, Jakarta – Belakangan ini penggunaan aloe vera gel alias gel lidah buaya sedang menjadi tren. Pasalnya, gel ini disebut-sebut bisa memberi manfaat untuk kecantikan, dan menjaga kulit tetap sehat. Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang banyak mengandung air. Tumbuhan ini biasanya memang dibudidayakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari untuk merawat kulit, pengobatan luka, hingga untuk kecantikan.

Selama ini bagian daging tanaman lidah buaya sering digunakan untuk mengobati beberapa kondisi kulit. Mulai dari kulit terbakar matahari, luka bakar ringan, hingga mengatasi radang dingin serta. Khasiat lidah buaya pun dipercaya mampu membantu penyembuhan luka bedah, kulit lecet, dan sering dijadikan makser wajah. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat lidah buaya untuk wajah?

 

  • Sebagai Pelembab

 

Rutin mengoleskan lidah buaya ternyata bisa membantu menjaga kulit wajah tetap lembab. Hal ini penting karena kulit wajah yang kering dapat memicu berbagai masalah. Mulai dari kulit yang terlalu kering, kuit wajah bersisik, dan tumbuhnya jerawat. Selain itu, mengoleskan lidah buaya pada wajah pun dapat meningkatkan elastisitas kulit.

 

  • Mencerahkan Wajah

 

Memiliki kulit wajah yang cerah dan bersinar mungkin menjadi impian bagi sebagian besar wanita. Bukan berarti harus putih, namun kulit cantik dan cerah tidak boleh kusam dan kasar. Nah, salah satu cara untuk merawat dan mendapatkan wajah yang lebih cerah adalah dengan rutin mengoleskan lidah buaya ke wajah.

Lidah buaya mengandung vitamin A dan vitamin E yang dapat membantu kulit wajah menjadi lebih cerah. Perawatan menggunakan gel aloe vera pun dapat membuat wajah tak lagi tampak kusam.

 

  • Mengobati Jerawat

 

Mengoleskan gel yang terdapat dalam daging lidah buaya pun bisa membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah. Kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang terdapat dalam tumbuhan lidah buaya yang paling berperan dalam mencegah, bahkan mengobati jerawat yang ada di wajah. Gel lidah buaya juga mengandung saponin dan astringent yang berfungsi sebagai antibakteri yang menyerap lemak berlebih di wajah.

 

  • Menghilangkan Bintik Hitam

 

Mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan flek. Bagi sebagian orang, munculnya tanda ini mungkin akan sedikit mengganggu dan merusak penampilan. Namun mengoleskan lidah buaya secara teratur ternyata bisa membantu mengurangi masalah ini.

Cobalah untuk mengoleskan gel lidah buaya secara teratur, setidaknya dua kali dalam satu hari. Selain dengan produk aloe vera gel, kamu juga bisa mencoba membuat sendiri masker lidah buaya yang bermanfaat bagi wajah.

 

  • Anti Penuaan Dini

 

Salah satu “bencana” yang paling ditakutkan wanita adalah terjadinya penuaan dini alias kulit menua sebelum waktunya. Selain bisa membuat penampilan terganggu, penuaan dini pun merupakan tanda bahwa ada masalah yang sedang terjadi pada jaringan kulit.

Untuk menghindari hal ini terjadi, cobalah untuk rutin mengoleskan gel dari daging lidah buaya ke kulit wajah. Sebab berbagai kandungan vitamin dan senyawa aktif yang terdapat dalam daging lidah buaya, mulai dari beta karoten, vitamin C, dan E, akan berperan sebagai antiaging, yaitu penghambat proses penuaan.

Selain dengan lidah buaya, menjaga kecantikan kulit juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Namun, jika menemukan masalah pada kulit dan butuh saran ahli, segera hubungi dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

16 July 2018

Sebelum memutuskan untuk menurunkan gaya hidup tersebut, ibu perlu mengetahui jenis asupan yang dibutuhkan di ...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 July 2018

Kelebihan atau kekurangan berat badan, sama-sama bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan ibu dan janin. Na...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 July 2018

Berbeda letak sakit kepala, berbeda pula penyebabnya. Oleh sebab itu, berikut adalah penyebab sakit kepala ber...

Selengkapnya