7 Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan

manfaat putih telur, manfaat putih telur untuk kesehatan, mengolah putih telur
DIET & NUTRISI 13 July 2018

Halodoc, Jakarta – Telur sering menjadi makanan yang dijauhi oleh orang-orang yang menghindari makanan berkolesterol dan berlemak. Sebenarnya, fakta ini tidak sepenuhnya benar, karena ada bagian dari telur yang aman untuk dikonsumsi dan juga kaya manfaat, seperti bagian putihnya.

  1. Tidak Menambah Kolesterol

Telur memang mengandung kolesterol, tetapi hampir 50 persen lebih kolesterol pada telur terdapat pada bagian kuningnya. Jadi, kalau kamu ingin menghindari kolesterol tetap bisa mengonsumsi telur kok, asal bagian putihnya saja.

  1. Sumber Protein

Manfat putih telur lainnya adalah sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh. Kamu tidak akan mendapatkan lemak ketika mengonsumsi putih telur, kecuali kalau kamu memasaknya dengan menggunakan mentega atau pun minyak. Pilihan cara memasak yang sehat buat kamu yang ingin mendapatkan protein dari putih telur secara maksimal adalah dengan merebusnya.

  1. Rendah Kalori

Telur bukan makanan berkalori tinggi. Untuk satu butir telur ukuran besar hanya mengandung 71 kalori dengan 55 kalori terdapat pada bagian kuningnya. Kalau kamu hanya mengonsumsi putih telurnya, jumlah kalori yang kamu makan hanya berkisar 16 kalori saja. Baca juga: Ingin Tidur Nyenyak? Penuhi Asupan Nutrisi Ini

  1. Antioksidan untuk Mata

Putih telur juga kaya akan antioksidan terutama untuk mata, sehingga melindungi kesehatan mata terutama mencegah katarak dan penurunan fungsi mata akibat usia. Mengonsumsi putih telur satu kali sehari dapat memaksimalkan manfaat putih telur sebagai antioksidan untuk mata.

  1. Meminimalisir Masalah pada Jantung

Mengonsumsi putih telur dapat membantu mengurangi masalah pada jantung dengan jumlah kadar lemak yang rendah, sehingga mencegah stroke. Selain itu, kandungan kalium yang terdapat pada putih telur dapat melindungi jantung, menguatkan tulang, serta memaksimalkan fungsi organ-organ dalam tubuh lainnya.

  1. Membantu Menjaga Berat Badan Sekaligus Memberikan Energi pada Tubuh

Menjalani diet, membatasi asupan makan dan memilah-milih makanan terkadang membuat kamu merasa seolah kekurangan energi. Tidak halnya dengan mengonsumsi putih telur, dikarenakan mengonsumsi putih telur dapat memberikan efek kenyang dan sumber energi dahsyat dengan kandungan Vitamin A, Folat, Vitamin B5, Vitamin B12, Vitamin B2, fosfor dan selenium. Baca juga: Ini Efek Terlalu Banyak Garam Bagi Otak

  1. Mengencangkan Kulit Wajah

Selain mendapatkan manfaat lewat mengonsumsinya langsung, putih telur juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Caranya adalah dengan menggunakan putih telur sebagai masker. Tipsnya adalah oleskan putih telur menutupi wajah secara utuh, baru diamkan sampai putih telur benar-benar mengeras baru kemudian wajah dicuci bersih. Kalau kamu mengalami problem jerawat, bisa mencampurkan perasan jeruk nipis ke dalam putih telur sebelum akhirnya mengaplikasikannya ke wajah.

Walaupun ada banyak manfaat putih telur, tetap saja mengonsumsinya berlebihan tidak disarankan. Apalagi kalau ternyata kamu alergi terhadap telur. Gejala umum kalau kamu alergi terhadap putih telur adalah gatal-gatal pada kulit, timbulnya bercak-bercak merah di kulit, sampai kepada rasa mual, muntah, bahkan diare.

Perhatikan juga cara pengolahannya untuk mendapatkan manfaat maksimal dari telur. Pilih minyak yang memang benar-benar sehat dan alami, serta pertimbangkan makanan pendamping untuk telur tersebut. Kalau pilihanmu jatuh kepada makanan berlemak, sama saja dengan kehilangan manfaatnya.

Untuk mengetahui manfaat dari putih telur atau pun menanyakan informasi kesehatan lainnya seputar tips makanan sehat ataupun diet yang disarankan untuk kondisi tubuh tertentu, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

 


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

18 July 2018

Sebagian besar kasus cacar air yang parah terjadi pada orang dewasa. Lalu, bagaimana sih cara merawat wajah se...

Selengkapnya

IBU & ANAK

18 July 2018

Kata ahli, anak balita pun juga bisa mengalami abses gigi. Nah, agar anak terhindar dari penyakit ini, yuk ken...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tak hanya di bibir saja, stomatitis pun bisa terjadi pada gusi. Nah, berikut hal yang perlu diketahui mengenai...

Selengkapnya