Back Hug, Pertolongan Pertama Saat Tersedak

Back Hug, Pertolongan Pertama Saat Tersedak
OLAHRAGA 20 January 2017

Halodoc, Jakarta – Saat tersedak, umumnya orang akan menepuk-nepuk punggung. Namun tahukah Anda jika back hug adalah cara tepat untuk memberikan pertolongan pertama pada saat seseorang tersedak?

Seringnya, pada saat mengunyah makanan seseorang bisa terkena risiko tersedak. Ini disebabkan oleh makanan yang salah masuk saluran pernafasan bukannya pencernaan. Apabila dibiarkan, dapat menimbulkan gangguan pernafasan bahkan kekurangan oksigen hingga sulit bicara. Jangan anggap remeh, karena tersedak dapat berakibat fatal apabila tidak diatasi dengan benar, lho.

Untuk itu, memberikan pertolongan pertama saat tersedak sangat penting. Anda dapat mempelajari dan mempraktikan prosedur Heimlich Maneuver. Caranya, dengan memberikan back hug pada orang yang tersedak.

Mulai dengan mengepalkan tangan kanan Anda dan pegang dengan tangan kiri. Lalu letakkan tangan Anda pada sekitar perut di bawah tulang rusuk. Kemudian tekan kedua tangan ke arah dalam dan naik (seakan mendorong lambung ke atas). Lakukan tindakan ini sampai benda yang menyebabkan tersedak keluar.

Jika Anda dapat memberikan pertolongan pertama dengan tepat, maka akibat fatal dari tersedak pun bisa dihindari.

Ingat untuk selalu membicarakan masalah kesehatan Anda pada dokter yang tepat. Tidak selalu keluar rumah untuk mendapatkan saran dari dokter, Anda bisa menggunakan fitur Call, Chat, atau Video Call dari Halodoc dan bicara dengan dokter secara langsung. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Play Store.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

16 August 2018

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "kronis" dan "akut" yang sering digunakan dalam diagnosis penyakit. Wala...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Mudah lelah saat hamil sebenarnya sangat normal terjadi, terutama di trimester pertama kehamilan. Namun, bagai...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 August 2018

Jangan sepelekan sinus preauricular, jika infeksi bisa membuat telinga merah dan bengkak. Infeksi sinus preaur...

Selengkapnya