Cara Mengatasi Cacar Air pada Bayi

tips, tips dokter, cacar air, cacar air pada anak
IBU & ANAK 08 May 2017

Halodoc, Jakarta – Salah satu penyakit yang umum menyerang anak-anak adalah cacar air. Penyakit yang satu ini muncul diakibatkan oleh infeksi virus. Umumnya, gejala cacar air pada bayi dapat dengan mudah dikenali karena memiliki ciri yang khas.

Saat si kecil terkena cacar air, ada banyak cara yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan gejalanya. Umumnya gejala cacar air pada bayi dapat diatasi dengan pemberian parasetamol untuk meredakan demam dan juga rasa sakit yang muncul. Namun perlu diingat bahwa pemberian parasetamol diperbolehkan apabila si kecil sudah menginjak usia 2 bulan.

Bagi bayi yang masih menyusui, sebaiknya dianjurkan untuk diberikan lebih banyak asupan ASI agar ia terhindar dari dehidrasi akibat gejala cacar air. Tapi apabila si kecil juga mengonsumsi susu formula dan MPASI, maka berikan air putih untuk membantunya terhindar dehidrasi. Rasa gatal pada kulit akibat gejala cacar air dapat diatasi dengan krim calamine yang dioleskan pada bagian yang ruam akibat terkena cacar air.

(Baca juga: Ibu, Perhatikan Penyakit yang Ditularkan Lewat ASI)

Yang perlu diperhatian oleh orang tua untuk merawat cacar air pada bayi adalah dengan memilih pakaian yang berbahan katun. Pakaian berbahan katun yang lembut lebih nyaman di kulit serta tidak membuat si kecil merasa kepanasan. Dilansir dari Babycenter, apabila cacar air terjadi pada bayi, sebaiknya orang tua menggunting kuku si kecil agar tetap pendek. Ini untuk menghindari si kecil untuk menggaruk cacar air jadi dapat mencegah terjadinya infeksi serta mengurangi bekas luka akibat cacar air.

Berapa Lama Sembuhnya Penyakit Cacar Air?
Umumnya cacar air pada bayi terjadi selama 5-10 hari dan diawali dengan munculnya ruam pada kulit. Setelah gejala cacar air muncul, gejala lain akan muncul pada bayi sehingga ia akan menjadi rewel karena demam dan sakit yang dialaminya. Ia juga akan kehilangan nafsu makan, sakit kepala, juga terlihat lebih lesu dibanding biasanya.

Saat mengidap cacar air, bayi akan mengalami tiga fase seperti dilansir dari Mayo Clinic, yaitu:

  1.  Munculnya ruam kemerahan atau merah muda (papula) yang biasanya pecah dalam beberapa hari.
  2.  Pada ruam tersebut akan terisi cairan lepuh (vesikel) yang muncul biasanya satu hari sebelum pecah.
  3.  Setelah lepuhan pecah, akan muncul bekas luka yang kering melapisi bekas lepuhan. Setelah melewati fase ini, dalam beberapa hari cacar air akan sembuh.
     

(Baca juga: Mitos Kesehatan Anak yang Harus Berhenti Dipercaya)

Namun demikian, fase ini akan terus berulang hingga cacar air akan sembuh total. Cacar air pada bayi termasuk jenis penyakit yang tergolong ringan yang dapat terjadi pada bayi. Namun pada beberapa bayi, cacar air dapat terjadi sangat parah sehingga ruam akan muncul di seluruh tubuh. Bahkan pada beberapa kasus, cacar air dapat muncul di tenggorokan, mata, selapit lendir uretra, kemaluan wanita, dan anus.

Meski tergolong ringan, namun cacar air yang terjadi pada bayi di bawah usia 4 minggu dapat berakibat fatal dan menimbulkan komplikasi. Cacar air adalah jenis penyakit yang mudah menular, terutama pada orang yang belum pernah terkena cacar air. Untuk itu, saat akan melakukan pemeriksaan dengan dokter di rumah sakit, sebaiknya buat janji dengan dokter agar tidak harus menunggu. Karena berada di tengah banyak orang dapat menyebabkan virus ini mudah menular.

Mengatasi cacar air pada bayi diperlukan kesabaran bagi orang tua. Apalagi bagi-bayi yang belum genap berusia 2 bulan. Untuk itu, selalu bicarakan masalah kesehatan buah hati Anda dengan dokter kapan saja, dimana saja. Caranya mudah! gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter anak pilihan melalui fitur Contact Doctor dengan pilihan Chat, Voice Call, dan Video Call di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga dan nikmati kemudahan berdiskusi dengan dokter anak.

(Baca juga: Waspadai Gejala Campak Pada Bayi)


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

20 August 2018

Rata-rata orang Jepang memiliki harapan hidup yang lebih tinggi alias panjang umur. Ternyata rahasianya ada pa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

20 August 2018

Mengetahui ada begitu banyak manfaat dari squat, ada baiknya kamu mengaplikasikan tips squat yang efektif meng...

Selengkapnya

SEKS

20 August 2018

Ternyata selain pola makan, wasir juga bisa muncul atau kumat karena stres. Selain stres, beberapa faktor yang...

Selengkapnya