Catat, 4 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh

Catat, 4 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh
MAKANAN SEHAT 20 September 2017

Halodoc, Jakarta – Sarapan adalah waktu makan terpenting dalam satu hari. Sarapan diibaratkan seperti bahan bakar yang membuat kamu bisa memulai aktivitas sehari-hari. Bagi orang dewasa yang secara teratur menyantap sarapan sehat setiap pagi lebih mungkin untuk mengonsumsi lebih banyak vitamin dan mineral, mengontrol berat badan, dan hanya sedikit makan makanan yang mengandung lemak dan kolesterol. Sementara sarapan sehat yang dilakukan secara rutin bagi anak-anak berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka, menjaga berat badan yang sehat, dan berkonsentrasi lebih baik.

Namun, banyak orang yang sering menomorduakan sarapan karena berbagai alasan seperti sibuk, malas, dan menu sarapan yang membosankan. Padahal sarapan memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan. Berikut ini ada 4 manfaat sarapan pagi yang perlu kamu ketahui:

Memberi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh
Tidak sarapan bisa berakibat dosis harian terhadap vitamin dan nutrisi sulit untuk diperoleh tubuh. Orang yang terbiasa sarapan cenderung memiliki pola makan sehat secara keseluruhan. Apabila rutin dilakukan setiap hari, manfaat sarapan bisa memberikan asupan nutrisi yang banyak dan lengkap.

Sarapan yang sehat sebaiknya yang memiliki  kandungan biji-bijian utuh seperti sereal gandum utuh, buah-buahan dan sayur-sayuran, protein yang didapat dari selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus, dan sedikit lemak dari keju atau susu rendah lemak. Kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak tersebut bermanfaat bagi kesehatan dan membuat kamu kenyang lebih lama.

Melindungi Tubuh dari Penyakit
Berdasarkan sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan selama dua minggu diduga bisa meningkat, daripada wanita yang kesehariannya sarapan dengan mengonsumsi semangkuk sereal biji-bijian utuh kaya serat yang didampingi dengan susu. Serat akan mengikat kolesterol dan lebih cepat dibuang keluar tubuh sebelum mencapai arteri. Asupan serat yang tinggi dipercaya bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50 persen dan membantu membuang kelebihan estrogen. Karena kadar estrogen yang tinggi bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Selain itu manfaat sarapan secara rutin bisa mencegah penyakit diabetes. Sarapan mampu menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin, yang merupakan dasar terjadinya penyakit diabetes.

Meningkatkan Kemampuan Otak
Ada sebuah penelitian yang mengatakan jika siswa yang sering sarapan rata-rata memiliki nilai yang lebih tinggi dalam tes kemampuan mengingat. Alasannya ketika bangun pagi, kebanyakan energi (dalam bentuk glukosa dan glikogen) telah habis digunakan untuk melakukan aktivitas di hari kemarin. Sebenarnya glukosa menjadi bahan bakar satu-satunya yang digunakan oleh otak. Bila glukosa tidak ada, kamu akan sulit berkonsentrasi dan merasa cepat lelah.

Menjaga dan Menurunkan Berat Badan
Manfaat sarapan pagi lainnya dipercaya bisa menjaga berat badan. Bagi kamu yang rutin sarapan bisa menjaga berat badan tetap seimbang dengan lebih baik. Karena saat perut sudah terisi sejak pagi, saat makan siang tiba, kamu tidak akan kalap. Manfaat sarapan pagi juga dipercaya mampu menurunkan berat badan seseorang. Sebanyak 80% orang yang secara rutin melakukan sarapan, lebih berhasil menurunkan berat badannya daripada orang yang jarang sarapan. Kelebihan berat badan yang berhasil dibuang bisa mencapai hingga 15 kilogram.

BACA JUGA: Menu Sarapan Sehat dan Berenergi
Bila kamu ingin mendiskusikan mengenai sarapan pagi yang baik untuk tubuhmu atau ingin berdiskusi dengan dokter tentang manfaat sarapan, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi kesehatan Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya melalui metode chat, video call atau voice call dengan dokter spesialis melalui menu Contact Doctor. Kamu juga bisa membeli suplemen atau vitamin dalam aplikasi Halodoc melalui menu Pharmacy Delivery. Download sekarang juga aplikasi Halodoc pada Google Play dan App Store untuk menggunakannya.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

22 June 2018

Selulit kerap kali mengganggu penampilan pemiliknya dan bikin minder. Walaupun masalah kulit ini banyak dialam...

Selengkapnya

KEHAMILAN

22 June 2018

Antenatal care (ANC) adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh dokter atau bidan untuk mengoptimalkan k...

Selengkapnya

KECANTIKAN

22 June 2018

Setiap wanita memiliki reaksi berbeda terhadap kontrasepsi hormonal. Salah satu yang dipermasalahkan adalah ma...

Selengkapnya