Intip 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Intip 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
MAKANAN SEHAT 02 June 2017

Halodoc, Jakarta - Minyak zaitun sering dianggap sebagai minyak paling sehat yang mempunyai banyak manfaat. Maka dari itu, tidak  heran jika harga minyak zaitun lebih mahal dibandingkan minyak goreng biasa. Anggapan tersebut tidak salah. Jika dilihat dari sisi kesehatan, manfaat minyak zaitun bisa mengatasi dan mencegah penyakit-penyakit tertentu. Minyak zaitun sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, yakni, extra virgin, fino, pure, dan light, yang masing-masing terbagi berdasarkan proses ekstraksi dan kadar keasamannya. Jenis minyak zaitun yang paling baik adalah extra virgin. Minyak zaitun jenis ini diekstrak langsung dari buah zaitun yakni perasan pertama buah zaitun. Extra virgin memiliki kadar keasaman 1 persen.

Kemudian ada minyak zaitun virgin yang juga diperoleh dari perasan pertama buah zaitun dan memiliki kadar asam sebesar 3 persen. Ada pula minyak zaitun fino. Minyak ini diperoleh dari kombinasi minyak zaitun extra virgin dan virgin.  Ada juga minyak zaitun pure yang diperoleh dari campuran minyak zaitun virgin yang telah diolah dan extra virgin. Minyak zaitun, kecuali extra virgin bisa digunakan untuk memasak seperti menumis atau memanggang.

Kadar lemak yang ada pada 100 gram minyak zaitun adalah 100 gram. Walaupun tinggi lemaknya, minyak zaitun tetap sehat untuk dikonsumsi. Hal ini karena hanya 14 persen dari lemak itu adalah lemak jenuh. Sementara sisanya adalah lemak tak jenuh yang menyehatkan tubuh. Minyak zaitun sendiri  juga memiliki kandungan vitamin E, vitamin K, omega 3, dan omega 6. Dengan banyaknya kandungan baik yang ada di minyak zaitun, tak heran jika minyak ini dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh? Ini dia 6 jawabannya.

1.  Kolesterol Tinggi
Minyak zaitun dipercaya memiliki khasiat untuk menurukan kolesterol. Karena minyak ini mengandung campuran antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL), tapi tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh kamu. Bila kamu ingin mencoba menurunkan kolesterol menggunakan minyak zaitun, kamu bisa mengonsumsi dua sendok makan minyak zaitun tiap hari, misalnya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan salad.

2.  Tekanan Darah Tinggi
Minyak zaitun jenis extra virgin memiliki kemampuan membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

3.  Penyakit Jantung
Dengan mengonsumsi empat sendok makan minyak zaitun tiap hari dipercaya bisa mencegah terjadi serangan jantung dan kemungkinan risiko kamu terkena penyakit jantung bisa menurun.

4.  Penyakit Kanker
Manfaat minyak zaitun juga dipercaya bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker rahim, dan kanker ovarium yang sering diidap wanita. Maka dari itu, disarankan para wanita untuk mengonsumsi minyak zaitun.

5.  Menekan Radang Sendi
Hasil penelitian pada 145 orang yang mengidap radang sendi di Yunani menunjukkan jika minyak zaitun baik untuk melindungi tubuh dari penyakit radang sendi.

6.  Menangkal Radikal Bebas
Manfaat minyak zaitun yang lain yakni dengan kandungan antioksidan-polifenol yang dimilikinya bisa membantu melakukan proses detoksifikasi pada tubuh sehingga mampu membantu menangkal radikal bebas.

Manfaat minyak zaitun akan lebih berkhasiat jika digunakan langsung pada makanan seperti menuangkannya pada sayuran  seperti membuat salad. Manfaat minyak zaitun akan maksimal jika disimpan secara benar. Ada minyak zaitun yang bertahan hingga tiga bulan dari proses produksi. Ada  pula yang bertahan sampai dua tahun. Kendati demikian, sebaiknya minyak zaitun dihabiskan tidak lebih dari setahun. Karena kadar antioksidan pada minyak zaitun akan mengalami penurunan drastis setelah disimpan selama setahun, meski kamu sudah menyimpan dengan baik dan benar.

Selain mengandalkan manfaat minyak zaitun untuk menghindari masalah-masalah kesehatan seperti yang dijelaskan di atas, tidak ada salahnya jika kamu rutin juga mengontrol kondisi kesehatan dengan dokter. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc, platform yang menghubungkan dokter dengan kamu dan bisa kamu gunakan kapan saja dan di mana saja. Kamu bisa berbicara dengan dokter baik via telepon, chat, atau video call. Bukan hanya itu, kamu bisa juga membeli obat dan vitamin di aplikasi Halodoc yang dijamin cepat, aman, dan nyaman. Ayo download  aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play  sekarang.


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

20 August 2018

Rata-rata orang Jepang memiliki harapan hidup yang lebih tinggi alias panjang umur. Ternyata rahasianya ada pa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

20 August 2018

Mengetahui ada begitu banyak manfaat dari squat, ada baiknya kamu mengaplikasikan tips squat yang efektif meng...

Selengkapnya

SEKS

20 August 2018

Ternyata selain pola makan, wasir juga bisa muncul atau kumat karena stres. Selain stres, beberapa faktor yang...

Selengkapnya