Istilah Zaman Now, Kenalan dengan Micro-Cheating

Istilah Zaman Now, Kenalan dengan Micro-Cheating
SEKS 07 May 2018

Halodoc, Jakarta – Dalam suatu hubungan, salah satu hal yang paling ditakutkan terjadi adalah perselingkuhan. Tentu bukan rasa percaya diri saja yang bisa rusak, rasa kepercayaan terhadap pasangan maupun orang lain bisa pudar. Definisi selingkuh pun berbeda-beda, tergantung pada setiap hubungan. Namun saat ini, dikenal perselingkuhan dengan istilah micro-cheating.

Micro-cheating adalah tindakan kecil yang seolah sepele di dalam suatu hubungan, namun jika diperhatikan dengan seksama, tindakan itu melibatkan ketertarikan emosional maupun fisik pada orang lain yang bukan pasangannya.

(Baca juga: 4 Tips Hubungan Bebas Perselingkuhan)

Terkadang Seseorang Tidak Sadar Saat Melakukan Micro-Cheating

Rutin memperhatikan foto-foto orang lain di media sosial atau memiliki rahasia dengan teman lawan jenis merupakan salah satu kegiatan micro-cheating. Beberapa orang tidak sadar melakukan hal ini. Tapi yang menjadi pertanyaan, kenapa dia memiliki kebiasaan rutin untuk memperhatikan foto orang lain di media sosial atau bahkan memiliki rahasia dengan lawan jenis yang tidak boleh diketahui oleh pasangan? Meskipun tidak ada hubungan fisik, menyimpan sesuatu dari hubungan kamu bisa menimbulkan masalah baru untuk hubungan kamu ke depannya.

Micro-cheating akan menjadi lebih berbahaya jika kamu sudah memasukkan bumbu-bumbu romantis di dalamnya. Candaan berbau romantis bagi beberapa orang masih dianggap wajar. Tapi jika kamu sudah melakukan hal-hal di luar batas kewajaran bagi hubunganmu dan pasanganmu, maka kamu sudah bisa disebut selingkuh.

Tanda Kamu Telah Melakukan Micro-Cheating

Bagi sebagian orang, membuka kembali laman Facebook milik mantan dan mengirimkan pesan hanya untuk bertanya kabar bisa dikatakan sebagai micro-cheating, lho. Selain itu, bermain Tinder dan mencari teman baru untuk mengobrol atau hanya menghabiskan waktu juga sudah termasuk micro-cheating.

Bahayanya jika sikap-sikap semacam itu ada tindak lanjutnya, kemungkinan akan menyebabkan perselingkuhan dan hubungan dengan pasangan akan berantakan. Mengirimkan mantan atau teman lawan jenis kata-kata yang menggoda atau emoji yang centil juga bisa dikategorikan sebagai micro-cheating.

Jangan pernah menyembunyikan nama teman pria atau wanita kamu dengan nama yang disamarkan. Selain kamu telah melakukan micro-cheating, ini bisa membuat pasangan kamu akan curiga dan membuat fondasi kepercayaan dalam hubungan kamu rapuh. Ya, sebaiknya mulai sekarang kamu harus berhati-hati dalam bertindak agar tidak melakukan micro-cheating.

Cara Menghindari Micro-Cheating

Kemungkinan, kamu melakukan micro-cheating tanpa sadar karena hubunganmu dengan pasangan juga sudah tidak bisa diperbaiki atau mulai merasa bosan. Tapi jika kamu tidak pernah memiliki masalah sebelumnya pada hubungan dengan pasangan, sebaiknya hindari kegiatan micro-cheating dengan melakukan beberapa hal:

  • Perbanyak Waktu dengan Pasangan

Perbanyaklah menghabiskan waktu dengan pasangan dengan kegiatan yang berkualitas. Carilah kegiatan yang sudah lama tidak kalian kerjakan bersama. Ini akan membuat kamu dan pasangan sibuk untuk membahagiakan satu sama lain dan akan melupakan mantan-mantan yang kalian perhatikan di media sosial.

  • Berkomunikasi dengan Pasangan

Memiliki komunikasi yang baik dengan pasangan bisa menghindarkan kamu dari micro-cheating. Dengan komunikasi yang baik kamu bisa mengerti apa yang pasangan kamu inginkan begitu juga sebaliknya, sehingga kamu merasa tidak memerlukan orang lain lagi untuk mengerti kamu.

(Baca juga: Tetap Harmonis Meskipun Sedang Long Distance Marriage)

Punya keluhan medis dan ingin berdiskusi dengan dokter? Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.



 


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

20 July 2018

Namanya juga mitos, pastinya didasari tanpa riset yang jelas. Nah, berikut mitos olahraga yang sudah ketinggal...

Selengkapnya

OLAHRAGA

20 July 2018

Sebagai salah satu organ terpenting, jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Namun, berikut ini terd...

Selengkapnya

KECANTIKAN

20 July 2018

Ketika bagian tubuh terasa kesemutan, kita cenderung menganggap ini sebagai masalah kesehatan berarti. Namun t...

Selengkapnya