Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Mandi Pagi

Jangan Malas, Ini 5 Manfaat Mandi Pagi
KECANTIKAN 13 March 2018

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara agar tubuh lebih segar dan bersemangat sepanjang hari adalah dengan mandi di pagi hari. Sayangnya, karena terburu-buru atau tidak menyukai air dingin, beberapa orang lebih memilih untuk melewatkan aktivitas mandi di pagi hari. Padahal, mandi di pagi hari punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Agar kamu lebih yakin, intip lima manfaat mandi pagi dengan air dingin berikut ini, yuk! (Baca juga: 4 Manfaat Mandi di Pagi Har Bagi Tubuh)

1. Meningkatkan Energi

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS One menyebutkan bahwa dorongan energi yang didapat saat mandi pagi "serupa" dengan energi yang didapat setelah mengonsumsi kafein. Ini karena saat air dingin menyentuh kulit, tubuh akan meresponsnya dengan "bernafas" karena adanya asupan oksigen di dalam kulit. Alhasil, darah akan terpompa cepat ke seluruh tubuh dan detak jantung meningkat, sehingga membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Mandi pagi tidak hanya dapat membersihkan tubuh, melainkan juga pikiran. Ini karena studi yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University School of Medicine menemukan bahwa mandi pagi dapat menstimulasi titik biru otak yang merupakan sumber noradrenalin, zat kimia organik dalam otak yang berfungsi untuk mengurangi tingkat stres dan depresi. Studi lain juga menyebutkan bahwa saat kulit kontak dengan air dingin saat mandi pagi, secara otomatis hormon endorfin akan diproduksi. Adanya hormon tersebut dapat mengurangi rasa sakit, memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air dingin dapat memperbaiki sirkulasi dengan mendorong darah mengelilingi organ tubuh. Ini karena saat air dingin yang menghantam tubuh dapat memacu kinerja arteri dalam memompa darah, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Kondisi ini juga dapat memicu penurunan tekanan darah dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat memperbanyak produksi sel darah putih dalam tubuh yang berperan dalam melawan berbagai virus dan bibit penyakit. Alhasil, saat produksi sel darah putih meningkat, daya tahan tubuh akan semakin kuat.

4. Memperbaiki Kondisi Kulit dan Rambut

Jika kamu sering mengalami kulit kusam dan rambut rontok, kamu bisa coba untuk mandi pagi dengan air dingin. Ini karena mandi pagi dengan air dingin dapat melembabkan dan mengencangkan pori-pori, sehingga bisa mencegah kotoran masuk yang mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit. Selain itu, menurut pakar dermatologi, Jessika Krant, mandi pagi dengan air dingin dapat mengencangkan kulit karena memperlancar aliran darah, serta membuat rambut jadi lebih sehat dan bersinar.

5. Mengurangi Rasa Nyeri

Selelah melakukan latihan fisik, kamu bisa mandi pagi dengan air dingin untuk membantu menyembuhkan bagian tubuh yang sakit. Itu mengapa beberapa atlet melakukan mandi air dingin untuk mencegah nyeri otot setelah latihan. Ini dibuktikan dalam studi tahun 2009 yang menemukan bahwa mandi air dingin dapat secara efektif mengurangi nyeri otot satu sampai empat hari setelah latihan. Namun sebelum memutuskan untuk mandi, sebaiknya kamu memberikan jeda sekitar 20-30 menit setelah latihan sampai keringat kering dan suhu tubuh kembali normal.

Karena banyaknya manfaat mandi pagi, ada baiknya kamu melawan rasa “mager” untuk mandi pagi. Kamu bebas memilih untuk mandi pagi dengan air hangat atau air dingin, karena keduanya sama-sama berkhasiat bagi kesehatan. Namun, jika kamu ingin merasakan manfaat mandi pagi dengan air dingin, suhu air dingin yang ideal berkisal 21 derajat Celsius. Sebaliknya, kamu tidak dianjurkan untuk mandi dengan air es atau air yang suhunya lebih rendah dari anjuran para ahli tersebut.

Kalau kamu masih punya pertanyaan seputar manfaat mandi di pagi hari, kamu bisa bertanya ke dokter Halodoc. Kamu hanya tinggal download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play, lalu masuk ke fitur Contact Doctor untuk bisa bicara dengan dokter melalui Chat dan Voice/Video Call.


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

17 July 2018

Dilakukan di ruangan bersuhu hingga 40 derajat, bikram yoga membuat kita berkeringat jauh lebih banyak. Apakah...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 July 2018

Jika nilai anak turun, lakukan beberapa hal berikut ini, salah satunya dukungan dari orang tua sangat penting...

Selengkapnya

OLAHRAGA

17 July 2018

Membuat lebih semangat adalah salah satu manfaat musik saat olahraga. Namun, tiga hal ini tidak boleh kamu lew...

Selengkapnya