Kenali Penyebab & Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda

Kenali Penyebab & Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda
OLAHRAGA 30 May 2017

Halodoc, JakartaPenyakit sering kali tak mengenal usia. Di usia muda, beberapa orang bahkan sudah harus mengidap penyakit jantung.  Menurut Direktur Medis dan Keperawatan RS Harapan Kita, rata-rata orang dengan keluhan jantung kini bergeser ke usia yang lebih muda, yakni 30 tahun. Hal ini tentu patut diwaspadai, mengingat penyakit jantung juga tergolong serius bahkan mematikan. Untuk mencegahnya sejak dini, yuk kenali penyebab dan ciri penyakit jatung di usia muda berikut.

Penyabab Munculnya Penyakit Jantung
Upaya mencegah penyakit jantung dapat diawali dengan mengenal penyebab utamanya terlebih dahulu. Ada 3 penyebab utama penyakit jantung, yaitu:

1.  Pola Hidup Buruk
Penyebab munculnya penyakit jantung yang utama bisa terjadi karena pola hidup yang buruk. Seperti apa pola hidup buruk yang dimaksud? Kurang berolahraga dan sering mengonsumsi makanan berlemak daripada buah-buahan atau sayuran adalah pola hidup yang seharusnya Anda hindari.

2.  Kadar Kolesterol Tinggi
Kolesterol terbagi dalam dua jenis, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat mudah menggumpal dan menempel pada dinding pembuluh darah. Karena itu, kadar LDL yang tinggi dapat membentuk plak yang menyebabkan aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah). Dari situlah fungsi jantung terhambat, hingga kemudian menjadi penyakit. Kadar LDL yang normal dalam darah adalah di bawah 3 mmol/L atau 115 mg/dl untuk orang dewasa serta 2 mmol/L atau 77mg/dl untuk orang yang memiliki risiko tinggi.

3.  Obesitas
Kelebihan berat badan atau obesitas berpotensi memunculkan tekanan darah tinggi, serta kadar kolesterol yang melambung. Kedua resiko tersebut pada akhirnya sangat memungkinkan seseorang yang obesitas mengidap penyakit jantung.

Ciri Penyakit Jantung di Usia Muda
Adapun ciri penyakit jantung di usia muda yang paling umum dialami pengidapnya adalah seperti berikut ini:

1.  Nyeri Dada
Ciri penyakit jantung di usia muda yang umum dirasakan oleh pengidapnya yakni nyeri dada. Nyeri dada ini memberi efek sesak napas yang diikuti keluarnya keringat, mual, serta denyut jantung berdegup lebih kencang dari biasanya. Nyeri dada tersebut muncul karena adanya penyumbatan arteri yang mengakibatkan darah tidak dapat mengalir lancar ke seluruh tubuh.

2.  Denyut Jantung Tak Beraturan
Ciri penyakit jantung di usia muda lainnya adalah denyut jantung yang tidak beraturan. Jika Anda mengalaminya, hal ini diwaspadai karena dapat berakibat fatal. Denyut jantung tidak beraturan umumnya terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Hal ini menyebabkan terjadi penyempitan pada katup sehingga menyebabkan kebocoran.

3.  Keringat Dingin
Beberapa orang juga mengalami ciri penyakit jantung di usia muda yang satu ini, yakni keringat dingin. Keringat dingin atau hiperdosis biasanya terjadi pada area tertentu saja seperti tangan, kaki, ketiak dan terkadang wajah. Biasanya kondisi ini dialami setidaknya satu kali dalam seminggu tanpa alasan tertentu.

Tak ada kata terlambat, cegah penyakit jantung dari sekarang dengan penanganan yang tepat. Diskusikan masalah kesehataan Anda kepada dokter spesialis pilihan melalui fitur chat, video call, dan voice call di aplikasi Halodoc. Rasakan kemudahan berdiskusi hanya dengan Halodoc yang bisa Anda download secara GRATIS di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

19 July 2018

Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama lembur, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi saat lembur...

Selengkapnya

KECANTIKAN

19 July 2018

Komedo atau bintik kecil berwarna putih pada permukaan wajah, kerap kali membuat penampilan jadi tak menarik....

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

19 July 2018

Junk food telah dikenal sebagai makanan yang kurang menyehatkan. Untuk meminimalkan risiko yang ditimbulkannya...

Selengkapnya