Ketahui Waktu yang Tepat untuk Tes Kehamilan

Ketahui Waktu yang Tepat untuk Tes Kehamilan
KEHAMILAN 13 November 2017

Halodoc, Jakarta – Banyak wanita yang baru sadar bahwa dirinya hamil ketika sudah memasukki usia dua bulan atau bahkan lebih. Selain senang, kamu juga mungkin merasa khawatir akan risiko terlambat menyadari kehamilan. Jadi, kamu perlu tahu kapan waktu yang tepat dirinya dapat mulai melakukan tes kehamilan setelah berhubungan intim, agar bisa mempersiapkan yang terbaik untuk perkembangan janin.

Kamu akan hamil jika sel telur telah berhasil dibuahi sperma. Namun, kamu baru bisa memeriksa kehamilan melalui test pack setelah plasenta menghasilkan hormon kehamilan, yaitu hormone gonadotropin (HCG). Hormon ini akan dilepaskan ke aliran darah dan urin.  Konsentrasi HCG akan mengalami peningkatan dengan cepat hingga mencapai dua kali lipat tiap 2-3 hari selama masa awal kehamilan. Kadar hormon inilah yang diukur melalui test pack.

Para wanita lebih memilih menggunakan test pack untuk memeriksa kehamilan, karena caranya  mudah dan dapat menunjukkan hasil yang cepat. Namun, test pack tidak selalu memberikan hasil yang akurat, karena ada beragam faktor yang bisa memengaruhi hasil, salah satunya adalah waktu pemeriksaan. Berikut adalah waktu yang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan:

1. Ketika Kamu Mulai Merasakan Tanda-tanda Kehamilan.

Terlambat menstruasi bisa merupakan salah satu tanda kehamilan. Tapi kamu juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan jika muncul tanda-tanda berikut:

  • Muncul Flek atau Bercak Darah

Keluarnya bercak darah atau pendarahan ringan juga bisa menjadi pertanda kehamilan, karena hal itu      wajar terjadi pada minggu-minggu awal proses implantasi. Yang perlu ibu perhatikan adalah perbedaan tekstur, warna dan jumlah darah yang keluar. Jika hasil tes kamu positif, namun pendarahan masih terus berlangsung, segerah hubungi dokter.

  • Perut Terasa Kram Seperti Nyeri Haid

Jika perutmu terasa kram, namun menstruasi tetap tidak kunjung datang, mungkin ini adalah tanda bahwa proses implantasi sedang berlangsung dalam rahimmu. 

  • Rasa Nyeri Pada Payudara

Tanda lainnya yang mungkin menunjukkan kehamilan adalah pembuluh darah di balik kulit payudara tampak lebih gelap dan puting terasa sakit. Pada masa awal kehamilan, tubuhmu memproduksi banyak hormon estrogen dan progesteron untuk mendukung pertumbuhan janin, sehingga menimbulkan kondisi tersebut. Namun, kondisi payudara seperti ini juga bisa terjadi pada sebagian wanita yang akan mengalami menstruasi, jadi belum tentu menandakan kehamilan.

  • Tanda Lainnya

Jika kamu merasakan kondisi-kondisi yang tidak seperti biasanya, seperti mual, tidak nafsu makan, mudah lelah, dan sering buang air kecil, ibu boleh melakukan tes kehamilan segera.

2. Tidak Terlalu Dini

Kamu sebaiknya tidak langsung melakukan tes kehamilan Jika baru sehari terlambat menstruasi. Karena hormon HCG belum bisa terdeteksi kalau ibu terlalu dini mengecek kehamilan. Tunggu sampai kamu mengalami keterlambatan menstruasi selama satu minggu. Waktu yang diperlukan sejak berhasilnya proses pembuahan sel telur sampai HCG bisa terdeteksi pada urine adalah sekitar 9-12 hari. Tapi jika kamu ingin cepat-cepat mendapatkan kepastian tentang kehamilan, kamu bisa melakukan tes darah melalui bantuan dokter kandungan. Tes darah dapat mendeteksi kehamilan lebih awal dan akurat dibandingkan test pack. Walaupun prosesnya tidak seinstan test pack dan kamu tetap harus menunggu beberapa waktu untuk mendapatkan hasilnya.

3. Kapan Saja

Bila kamu adalah wanita yang masih dalam usia reproduksi dan aktif berhubungan intim, maka kamu boleh melakukan tes kehamilan kapan saja. Tapi, untuk mendapatkan hasil yang akurat, kamu disarankan untuk memeriksa kehamilan jika sudah beberapa hari terlambat menstruasi. 

Mengalami tanda-tanda kehamilan, belum bisa dijadikan acuan bahwa kamu pasti hamil. Begitu juga sebaliknya, hasil tes kehamilan yang negatif tidak selalu berarti bahwa kamu belum hamil. Untuk mendapat kepastiannya, periksakan diri ke dokter kandungan. Jangan ragu untuk bertanya seputar tanda-tanda kehamilan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter ahli dan profesional akan siap membantu kamu kapan saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesanan akan diantarkan dalam satu jam. Jadi tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

16 July 2018

Sebelum memutuskan untuk menurunkan gaya hidup tersebut, ibu perlu mengetahui jenis asupan yang dibutuhkan di ...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 July 2018

Kelebihan atau kekurangan berat badan, sama-sama bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan ibu dan janin. Na...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 July 2018

Berbeda letak sakit kepala, berbeda pula penyebabnya. Oleh sebab itu, berikut adalah penyebab sakit kepala ber...

Selengkapnya