Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Jantung Sehat

MAKANAN SEHAT 05 September 2016

Halodoc, Jakarta - Adanya dampak negatif pada jantung yang terjadi secara tiba-tiba diakibatkan oleh kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Kondisi ini ditandai dengan sel darah merah yang mengental dan juga plak menyebabkan arteri koroner tersumbat. Untuk itu keluarga Halodoc, penting untuk mengetahui jenis makanan untuk melindungi jantung Anda, yakni yang rendah kolesterol.

1.  Kenari
Jenis kacang-kacangan ini dapat mengurangi level endothelin, senyawa pemicu penyumbatan arteri. Keluarga Halodoc bisa mengatasinya dengan mengonsumsi segenggam kenari setiap hari untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung.

2.  Asparagus
Moms, bisa menyajikan makan malam lezat nan hangat dengan sup asparagus yang mengandung saponin. Senyawa dalam asparagus ini, dapat mengikat asam empedu dan kolesterol, juga dapat membersihkan senyawa lemak dalam tubuh.

3.  Ubi
Tak hanya baik untuk diet, jenis umbi-umbian yang baik untuk diabetes ini juga ampuh untuk mencegah serangan jantung. Senyawa dalam ubi dapat melindungi jantung dari serangan radikal bebas.

4.  Jeruk
Mengandung flavanon yang mampu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan secara tidak langsung akan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh. Moms, bisa memasukkan jeruk dalam menu makanan pencuci mulut setiap hari.

5.  Teh Hijau
Kaya antioksidan, teh hijau tak hanya menyehatkan mata, lho. Teh hijau juga berperan untuk karsinogen dan memerangi sel kanker. Sedangkan kandungan vitamin A, C, E, flavonoid dan tanin di dalam teh hijau ini bisa membantu mengurangi risiko adanya dampak negatif pada jantung. Keluarga Halodoc pun bisa mengonsumsi teh hijau secara rutin untuk jaga kesehatan jantung.

6.  Ikan Hering
Kadar asam lemak omega 3 dalam ikan hering adalah yang yang tertinggi dan sangat efektif untuk mengurangi kadar trigliserida, serta penyumbatan pembuluh darah. Moms, bisa menyajikan 3 ons ikan hering segar dan Anda pun dapat memperoleh sekitar 2 gr asupan omega 3 setiap hari.

7.  Pepaya
Buah yang sudah dikenal baik untuk pencernaan ini merupakan sumber enzim pencernaan dan potassium yang baik bagi jantung Anda. Pepaya berperan besar untuk menjaga kekuatan otot jantung jika dikonsumsi secara teratur.

Untuk mengetahui makanan lain yang sehat bagi jantung, kamu dapat menanyakan langsung di aplikasi Halodoc pada dokter dengan metode Voice/Video Call dan Chat. Dan kamu pun dapat mengonsumsi suplemen dengan membelinya di fitur Apotik Antar yang akan sampai hanya dalam 1 jam. Download aplikasi Halodoc di Play Store dan App Store sekarang!


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya