Lebih Seru, Ini Manfaat Olahraga Trampolin

Lebih Seru, Ini Manfaat Olahraga Trampolin
OLAHRAGA 06 December 2017

Halodoc, Jakarta – Lagi bosan dengan jenis olahraga yang kamu lakukan saat ini? Coba jenis olahraga baru saja, yaitu melompat-lompat di atas trampolin. Tidak hanya seru dan menyenangkan, melompat di atas trampolin ternyata lebih efektif membakar lemak daripada berlari lho.  Yuk, ketahui manfaat kesehatan lainnya dari berolahraga trampolin.

  1. Jumping vs Jogging

Sebuah penelitian dari NASA menemukan bahwa melompat-lompat di atas trampolin dapat membakar lebih banyak kalori dibanding olahraga lari. 10 menit bermain trampoline lebih efektif membakar lemak dibandingkan berlari selama 30 menit. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Council on Exercise (ACE) juga menunjukkan bahwa pada saat melompat di atas trampolin (rebounding), kaki, punggung dan kepala si pelompat juga akan ikut terpengaruh, sehingga dinilai lebih efektif daripada olahraga lari yang hanya melatih bagian pergelangan kaki dan tungkai bawah.

  1. Meningkatkan Aliran Limfatik dalam Tubuh

Sistem limfatik beperan untuk menghilangkan racun-racun dan kandungan lainnya yang tidak diinginkan dalam tubuh. Tapi tidak seperti sistem peredaran darah di mana jantung dapat secara otomatis memompa darah, sistem limfatik bergantung penuh pada pergerakan tubuh agar bisa memompa. Melalui olahraga trampolin, katup limfatik dapat membuka dan menutup secara bersamaan sehingga meningkatkan aliran limfatik sebanyak 15 kali.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi dan Membersihkan Tubuh

Gerakan melambung sangat unik karena manusia akan berada dalam kondisi paling ringan pada saat ia berada di titik lompatan teratas dan pada saat mendarat.  Selain itu, gaya gravitasi yang mencapai dua kali setiap kali kamu melambung juga memberikan manfaat yang sangat besar pada sistem limfatik. Dengan demikian, sistem limfatik dapat bekerja dengan baik untuk membuang racun, bakteri, sel kulit mati, dan limbah dari dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem limfatik juga merupakan bagian penting dalam sistem imun tubuh. Ia berperan melawan virus, bakteri, penyakit, dan infeksi. Dengan melakukan aktivitas melambung menggunakan trampolin, aliran limfatik akan meningkat sebanyak 15 kali, sehingga kekebalan tubuh pun juga meningkat. Selain dapat menghilangkan racun, kekebalan tubuh yang baik juga dapat memperlambat proses penuaan. Bermain trampolin juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh dengan cara meningkatkan kerja sumsusm tulang merah dan mendukung perbaikan jaringan.

  1. Membantu Mengurangi atau Menghilangkan Selulit

Melambung di atas trampolin seperti memompa tubuh yang dapat memberikan pengaruh positif kepada kelenjat tiroid.  Melambung dapat merangsang kelenjar tiroid untuk mulai membersihkan dirinya sendiri dan juga seluruh sistem limfatik yang menyimpan lemak, dalam hal ini yaitu selulit. Latihan trampolin merupakan cara yang sudah terbukti dapat menghilangkan selulit. 

  1. Mencegah Osteoporosis

Latihan trampolin dapat meningkatkan kepadatan tulang, sehingga membantu mencegah osteoporosis. Hal itu dibuktikan oleh para astronot yang kehilangan masa tulangnya akibat berada dalam lingkungan yang tidak bergravitasi. Berlatih trampolin membantu meningkatkan masa tulang mereka.  Selain itu, melompat-lompat di atas trampolin juga dapat memperkuat sendi, tendon, dan ligamen, sehingga risiko terkena arthritis juga akan berkurang. Olahraga ini juga baik dilakukan oleh orang tua karena dapat menguatkan dan memperpanjang otot, sehingga meningkatkan kelenturan.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mencoba olahraga trampolin. Jika ingin mulai berlatih trampolin, sebaiknya kamu didampingi oleh instruktur yang sudah berpengalaman. Kamu juga bisa bertanya seputar manfaat olahraga tertentu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Jangan ragu untuk meminta saran kesehatan kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Halodoc juga memudahkanmu untuk membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya