Merileksasi Tubuh dengan Spa

Merileksasi Tubuh dengan Spa
KECANTIKAN 13 December 2017

Halodoc, Jakarta – Aktivitas sehari-hari yang padat tidak hanya membuat tubuh lelah dan otot-otot terasa pegal, tapi pikiran pun juga bisa lelah dan bahkan rentan terkena stres. Salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan kepenatan, menyegarkan tubuh yang lelah dan merileksasi pikiran adalah dengan melakukan spa. Selain untuk memanjakan diri, jenis perawatan ini ternyata juga memiliki beberapa manfaat baik untuk kesehatan, lho.

Di kota-kota besar dengan masyarakatnya yang super sibuk, spa mendapatkan banyak peminatnya karena menawarkan sebuah perawatan tubuh dengan metode relaksasi. Perawatan spa umumnya terdiri dari beberapa rangkaian, yaitu:

  • Berendam di dalam kolam berisi air hangat. Bagian rangkaian perawatan spa ini bertujuan untuk merileksasi otot-otot yang tegang dan kaku dalam tubuh. Selain itu, berendam di air hangat juga dipercaya dapat mengatasi berbagai jenis penyakit kulit.
  • Sauna atau Steam Room. Beberapa tempat spa juga memiliki fasilitas sauna, dimana kamu disarankan untuk berdiam selama 15-30 menit di dalam ruangan panas bertemperatur 65-90 derajat celcius. Udara panas dalam ruangan sauna dapat melancarkan sirkulasi darah dan membuat otot-otot dalam tubuh menjadi rileks, termasuk otot wajah dan lehermu, sehingga rasa pegal-pegal atau nyeri pada tubuh akan hilang.
  • Pijat. Selanjutnya, setelah tubuhmu sudah cukup rileks, tubuhmu akan diberi pijatan lembut oleh seorang terapis. Dengan menggunakan minyak atau lotion, terapis yang sudah ahli akan memijat tubuhmu secara berurutan mulai dari atas kepala sampai ujung kaki, dengan tekanan sesuai yang kamu minta. Melalui pijat, rasa nyeri yang ada di bagian-bagian tubuh, seperti kepala, leher, bahu, punggung, sampai kaki dapat berkurang. Pijatan juga dapat memperlancar sirkulasi darah dan melemaskan otot yang kaku. Bahkan pijat spa diduga bisa meredakan gejala osteoarthritis dan kanker.
  • Aromaterapi. Biasanya di dalam ruangan pijat, dipasang aromaterapi, sehingga kamu dapat menikmati menghirup aroma yang wangi saat sedang dipijat. Wangi-wangian aromaterapi yang dibuat dari ekstrak tanaman ini dapat membantu meredakan stres dan menenangkan pikiran. Aromaterapi yang terbuat dari minyak lavender bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada anak-anak yang baru saja menjalani prosedur bedah untuk amandel dan mengurangi rasa sakit ketika menjalani cuci darah.

Perawatan spa tidak hanya menyenangkan dan merileksasi, tapi juga memiliki berbagai manfaat baik untuk kecantikan maupun kesehatan:

  • Membuat Tidur Lebih Nyenyak. Walaupun belum diketahui penyebab pastinya, namun pijat terbukti dapat membuat tidurmu lebih nyenyak dan berkualitas. Bagi kamu yang mengidap insomnia, maka pijat dapat menjadi pilihan cara yang lebih sehat untuk membantumu tidur daripada mengonsumsi obat tidur. Menurut sebuah studi literature, pjatan pada punggung dapat membuat tubuh rileks sehingga mudah tertidur.
  • Menurunkan Berat Badan. Spa di beberapa tempat tertentu menawarkan jenis perawatan yang khusus dirancang untuk menurunkan berat badan.  Metode yang biasanya  digunakan adalah acupressure, yaitu memijat dengan penekanan di beberapa bagian tubuh sehingga dapat membantu membakar lemak. Sesi sauna dalam rangkaian spa juga dapat membakar kalori tubuh, sehingga berat badan pun akan menurun.
  • Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh. Sauna juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Berdiam selama beberapa menit di dalam ruangan berudara panas dapat membuat pori-pori kulitmu terbuka dan merangsang keluarnya kering. Zat-zat racun dalam tubuh juga akan ikut dikeluarkan melalui keringat.
  • Mengencangkan Kulit. Perawatan spa juga bisa membuat kulit wajah menjadi awet muda lho. Pijat spa meliputi semua bagian tubuh, termasuk wajah. Gerakan memijat ke atas pada wajah dapat membantu mengencangkan kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih segar dan awet muda.

Perawatan spa saat ini pun telah berkembang dan dilengkapi dengan layanan jasa ahli gizi yang dapat memberikan saran nutrisi untuk menyeimbangkan gaya hidupmu. Kamu juga bisa menanyakan soal kondisi kesehatanmu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter melalui Chat dan Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli berbagai produk kesehatan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat aplikasi dan pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya