Pengapuran Tulang Bisa Diatasi dengan 5 Cara Ini

Pengapuran Tulang Bisa Diatasi dengan 5 Cara Ini
OLAHRAGA 01 January 2018

Halodoc, Jakarta – Pengapuran tulang bisa terjadi karena kurangnya kepadatan tulang. Dalam bahasa medis pengapuran tulang sering disebut osteoarthritis. Osteoartritis merupakan suatu kelainan sendi kronis (jangka lama) karena adanya proses pelemahan dan disintegrasi dari tulang rawan sendi yang dibarengi dengan pertumbuhan tulang dan adanya tulang rawan baru pada sendi. Adanya osteoarthritis, menandakan adanya suatu proses degeneratif pada sendi yang dapat mengenai satu atau lebih sendi. Osteoartritis menyebabkan kekakuan persendian dan menimbulkan rasa pegal-pegal dan nyeri.

Kondisi yang Menyebabkan Pengapuran Tulang
Pada dasarnya terdapat 3 faktor yang diduga bisa meningkatkan seseorang berisiko terkena pengapuran tulang. Berikut penjelasannya.

1.  Faktor Usia
Timbulnya pengapuran tulang pada tubuh seseorang bisa dipicu dari bertambahnya usia. Dalam banyak kasus kebanyakan orang yang mengidap pengapuran tulang adalah wanita. Namun, sayangnya, belum ada penjelasan lebih lanjut mengapa hal tersebut bisa terjadi.

2.  Cedera Sendi
Pengapuran tulang juga bisa dilatarbelakangi oleh cedera akibat pekerjaan yang dilakukan yaitu pekerjaan yang memerlukan gerakan berulang-ulang pada sendi tertentu. Selain itu cedera sendi yang disebabkan karena olahraga yang berlebihan atau kecelakaan lalu-lintas juga bisa berperan dalam memunculkan  pengapuran tulang.

3.  Obesitas
Seseorang dengan kelebihan berat badan atau obesitas membuat sendi-sendi penahan berat tubuh menopang beban berlebihan. Hal ini tentu meningkatkan risiko seseorang mengidap pengapuran tulang. Selain itu, hal yang bisa menyebabkan pengapuran tulang adalah diabetes dan rematik.

Mengatasi Pengapuran Tulang
Bila kamu telah mengalami pengapuran tulang, ada beberapa gaya hidup yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengapuran tulang.

1.  Mengurangi Berat Badan
Bila kamu memiliki berat badan berlebih, tentu membuat sendi mengalami tekanan berlebih dan bisa memberi dampak negatif pada pengapuran tulang yang diidap. Jadi solusi untuk mengatasi pengapuran tulang untuk masalah kelebihan berat badan adalah dengan menurunkan berat badan.

2.  Olahraga
Untuk mengatasi pengapuran tulang, bisa dilakukan dengan melakukan olahraga secara teratur.  Hal ini berguna untuk menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Bila melakukan olahraga secara teratur bisa membuat sendi menjadi lebih stabil dan mengurangi tingkat pengapuran tulang yang diidap. Harap diingat, jangan melakukan olahraga secara berlebihan karena akan berdampak negatif pada pengapuran tulang.

3.  Kompres Menggunakan Air Panas atau Dingin
Saat kondisi pengapuran tulang menimbulkan rasa sakit, kamu bisa mengurangi rasa sakitnya dengan air panas atau air dingin. Kompres denga air dingin bisa digunakan bila nyeri masih sangat akut, guna untuk mengurangi bengkak dan peradangan. Sedangkan penggunaan kompres dengan air panas, bisa berfungsi untuk melemaskan otot dan mengurasi rasa nyeri.

4.  Memakai Obat Pereda Rasa Sakit
Kamu juga bisa memanfaatkan pemakaian obat pereda rasa sakit seperti krim atau gel yang bisa mudah didapat di toko obat. Krim atau gel pereda rasa sakit bisa digunakan pada persendian di lutut dan jari-jari.

5.  Memakai Alat Bantu
Bagi sebagian pengidap pengapuran tulang, mungkin membutuhkan alat bantu untuk memudahkan pengidap pengapuran tulang dalam beraktivitas. Kamu bisa menanyakan pada dokter ahli untuk mendapatkan alat bantu yang cocok, agar kamu nyaman saat menggunakan alat bantu tersebut.

Selain mengikuti cara mengatasi pengapuran tulang di atas, kamu juga sebaiknya memastikan kondisi tulang. Kamu bisa menanyakannya pada ribuan dokter ahli yang terpercaya di Halodoc. Melalui aplikasi ini kamu bisa menghubungi ribuan dokter spesialisasi yang terpercaya melalui chat, voice, dan video call kapan saja dan di mana saja. Jika kamu membutuhkan vitamin atau suplemen tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah.  Kamu bisa pesan melalui smartphone dengan menggunakan layanan Pharmacy Delivery dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

BACA JUGA: KESEHATAN TULANG BISA DIJAGA DENGAN VITAMIN INI


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

16 July 2018

Sebelum memutuskan untuk menurunkan gaya hidup tersebut, ibu perlu mengetahui jenis asupan yang dibutuhkan di ...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 July 2018

Berbeda letak sakit kepala, berbeda pula penyebabnya. Oleh sebab itu, berikut adalah penyebab sakit kepala ber...

Selengkapnya

IBU & ANAK

16 July 2018

Daya tahan tubuh anak menjadi salah satu faktor kesehatan mereka. banyak faktor lain yang memicu datangnya pen...

Selengkapnya