Pola Makan Sehat Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

DIET & NUTRISI 23 June 2016

Puasa sering kali dijadikan alternatif sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan agar dapat tampil dengan prima. Namun, faktanya tidak semudah itu.

Perubahan pola makan yang terjadi selama berpuasa dapat membuat tubuh Anda menjadi kurang bertenaga, jika asupan nutrisi kurang dan istirahat tidak cukup. Oleh karena itu, memperoleh zat gizi yang cukup dan lengkap begitu penting dipenuhi, baik ketika sahur maupun berbuka puasa.

Lalu bagaimana cara sukses menurunkan berat badan di bulan puasa? Mari ikuti pola makan sehat berikut ala Slim Gourmet untuk mengoptimalkan diet keluarga HaloDoc selama bulan puasa.

Ketika Sahur

  1. Konsumsi makanan yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks tinggi, seperti buah, sayur, dan whole wheat, pada saat sahur dapat membantu memperpanjang rasa kenyang selama berpuasa.
  2. Hindari makanan yang asin, cepat saji, pedas atau acar karena mengonsumsi makanan tersebut akan meningkatkan rasa haus sesaat berpuasa.
  3. Perbanyak asupan cairan, baik dari air putih ataupun makanan yang banyak mengandung cairan seperti buah, sayur dan sup.
  4. Usahakan untuk konsumsi makanan sahur sekitar setengah jam sebelum imsak.

Ketika Berbuka Puasa

  1. Anda disaran untuk minum segelas air dahulu sebelum mengonsumsi makanan untuk optimalkan asupan cairan karena tubuh mengalami dehidrasi selama berpuasa. Ingat kebutuhan air minimal 10 gelas/hari.
  2. Berbuka dengan perlahan untuk menghindari sakit perut saat berbuka. Sebaiknya tidak disarankan untuk langsung berbuka dengan makanan yang berat. Anda dapat memulainya dari meminum air putih, diikuti ta’jil dan kemudian makanan utama dengan waktu berjarak 1.5 jam dari waktu berbuka. Hal tersebut dilakukan agar perut siap untuk mencerna makanan.
  3. Pilihlan makanan dengan kandungan gula yang cukup serta rendah lemak untuk mengembalikan kadar gula darah yang turun selama berpuasa ke normal.
  4. Konsumsi makanan secukupnya dengan porsi yang tidak berlebihan.

Berpuasa di bulan Ramadhan dipastikan tidak akan mengganggu pola diet sehat keluarga HaloDoc . Hanya saja Anda menyesuaikan pola makan sehat seperti yang telah dijelaskan diatas. Semoga tips dapat bermanfaat bagi keluarga HaloDoc dan bisa diimplimentasikan untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin & selamat menunaikan ibadah puasa.

Jocelyn Halim BSc MHM MNutriDiet
Director of SlimGourmet & KidzGourmet diet catering


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya