Waspadai 5 Penyakit Kelamin yang Sering Menyerang Wanita Ini!

Waspadai 5 Penyakit Kelamin yang Sering Menyerang Wanita Ini!
SEKS 22 May 2018

Halodoc, Jakarta – Menjaga kebersihan organ intim adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh setiap orang, termasuk wanita.  Soalnya, ada beberapa penyakit yang sering menyerang wanita, terutama pada organ intim. Jamur, bakteri, dan parasit menjadi penyebab utama terjadinya infeksi. Apa saja jenis penyakit kelamin yang harus kamu kenali?

1. Bartholinitis

Bartholintis adalah infeksi yang berada di pinggir salah satu kelenjar bartholin, pada bagian dasar labia, kelenjar yang menghasilkan pelumas saat berhubungan intim. Penyebab penyakit ini karena infeksi, gonokokus atau bakteri lain. Bartholinitis dapat menyerang kelenjar pengidap, namun penyakit ini tidak menular saat berhubungan intim.

Gejalanya berupa demam dan tidak enak badan. Pada Miss V akan terjadi pembengkakan pada kiri atau kanannya dan bila diraba akan terasa nyeri. Bila tidak segera diobati akan menjadi kista bartholinitis.

2. Keputihan.

Keputihan adalah cairan putih yang keluar dari Miss V tapi bukan berupa darah. Keputihan bisa bersifat fisiologis dan patologis. Keputihan fisiologis terjadi menjelang atau setelah menstruasi. Sedangkan patologis adalah keputihan yang terjadi akibat infeksi atau bakteri yang berada di sekitar Miss V.

(Baca juga: Ketahui 6 Tada Keputihan yang Tidak Normal)

Jika tidak diatasi, keputihan bisa menyebabkan peradangan. Jangan dibiarkan berlarut-larut ya. Segera tanyakan dokter untuk mengatasinya. Kamu bisa menghubungi dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc melalui video/voice call atau chat. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa memesan obat-obatan dan cek lab tanpa harus keluar rumah.

3. Herpes Genitalis.

Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simplex tipe II dan sebagian kecil oleh tipe I. HSV 1 biasanya akan menyerang badan (pinggang ke atas hingga mulut), dan HSV 2 biasanya menyerang pinggang ke bawah.

Pada awalnya akan timbul seperti kulit terbakar di tempat yang akan menjadi luka. Selanjutnya pengidap akan mengalami rasa tidak enak badan, sakit kepala, pusing, cepat lelah, demam, dan juga nyeri otot.

4. Kandidiasis

Kandidiasis adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur yang disebut jamur candida. Jamur ini ada di dalam tubuh namun sistem imun yang kuat bisa menolak datangnya penyakit ini. Jamur ini tidak hanya menyerang Miss V, tetapi juga paru-paru, mulut, kulit, saluran kemih, dan lain-lain.

5. Kanker Seviks

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang wanita. WHO mencatat penyakit ini sebagai penyebab kematian wanita tertinggi di dunia. Kanker leher rahim ini disebabkan virus Human Pappiloma Virus (HPV).

Proses infeksinya memakan waktu cukup lama sekitar 10-20 tahun sehingga jarang disadari wanita. Penyebabnya adalah gaya hidup yang kurang baik, kurangnya kebersihan alat reproduksi, kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin, berganti-ganti pasangan, dan kurangnya asupan asam folat pada tubuh.

(Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Waspadai Gejala Kanker Serviks Ini)

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai penyakit yang sering menyerang wanita, yuk… download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang dan berkomunikasi dengan para dokter ahli di sini.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

19 July 2018

Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama lembur, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi saat lembur...

Selengkapnya

KECANTIKAN

19 July 2018

Komedo atau bintik kecil berwarna putih pada permukaan wajah, kerap kali membuat penampilan jadi tak menarik....

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

19 July 2018

Makan malam bikin gemuk, masa sih? Agar kamu enggak penasaran, simak penjelasan tentang makan malam berikut in...

Selengkapnya