18 May 2018

Bolehkah Ibu Hamil Puasa?

Bolehkah Ibu Hamil Puasa?

Halodoc, Jakarta – Sebuah studi melaporkan bahwa puasa selama bulan Ramadan tidak memengaruhi berat, panjang, dan ukuran kepala janin. Namun, studi tersebut juga melaporkan bahwa tetap ada peningkatakn risiko bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) jika ibu hamil trimester pertama menjalankan puasa. Jadi sebenarnya, boleh enggak sih ibu hamil berpuasa? (Baca juga: 6 Tips Puasa Bagi Ibu Hamil yang Tidak Boleh Disepelekan)

Meskipun ibu hamil memiliki kelonggaran untuk tidak berpuasa, sebenarnya, berpuasa masih bisa dilakukan dengan memerhatikan kondisi ibu hamil. Sebab, selama kondisi kehamilan dalam keadaan sehat dan ibu hamil memerhatikan asupan gizi saat sahur dan berbuka puasa, maka ibu hamil boleh-boleh saja berpuasa.

Sedangkan pada kondisi tertentu, ibu hamil tidak dianjurkan untuk berpuasa. Misalnya jika ibu mengidap penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi, diabetes melitus (DM), dan muntah-muntah berlebihan saat hamil. Sebab, tekanan darah tinggi saat hamil menyebabkan suplai darah ke jaringan (termasuk plasenta) menjadi terganggu. Akibatnya, proses masuknya oksigen ke jaringan juga akan terganggu dan menimbulkan keluhan seperti pusing, menurunnya nafsu makan, hingga mengganggu tumbuh kembang janin.

Hal yang Diperhatikan saat Ibu Hamil Berpuasa

Ibu hamil memang tidak dilarang untuk berpuasa. Namun, ibu hamil yang berpuasa tetap harus memerhatikan gejala-gejala yang mungkin membahayakan janin. Misalnya pusing, demam, muntah, lemas, lelah, atau merasa sangat haus (dehidrasi). Beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah penurunan berat badan saat berpuasa, perubahan gerak janin dalam kandungan, dan rasa nyeri perut yang serupa kontraksi. Jika gejala-gejala tersebut terjadi, sebaiknya ibu segera membatalkan puasa dan bicara dengan dokter.

Tips Berpuasa saat Hamil

Jika ibu dan janin dalam keadaan sehat, ibu diperbolehkan untuk berpuasa. Agar puasa tetap berjalan lancar saat hamil, berikut adalah beberapa tips yang bisa ibu hamil lakukan saat berpuasa:

  • Penuhi kebutuhan gizi penting bagi ibu hamil saat puasa. Diantaranya adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan kalsium. Sebisa mungkin, batasi konsumsi makanan/minuman yang manis dan berlemak tinggi. (Baca juga: Tips Memenuhi Nutrisi Saat Berpuasa bagi Ibu Hamil)
  • Saat makanan berbuka secara perlahan. Mulailah dengan mengonsumsi buah-buahan seperti kurma, lalu santaplah makanan utama agar perut tidak kaget. Saat berbuka, hindari mengonsumsi minuman dingin untuk mencegah peningkatan asam lambung yang membuat perut nyeri.
  • Upayakan untuk selalu berada di dalam ruangan yang sejuk dan penuhi kebutuhan cairan saat berpuasa untuk menghindari dehidrasi. Hindari pula minuman berkafein seperti teh dan kopi yang bisa memicu dehidrasi.
  • Hindari dan kelola stres saat berpuasa. Sebab, studi melaporkan bahwa ibu hamil yang berpuasa cenderung memiliki hormon stres yang lebih tinggi.
  • Hindari aktivitas yang telalu berat dan perbanyak istirahat. Jika ibu hamil bekerja, ibu bisa beristirahat di sela waktu kosong atau meminta pengurangan jam kerja agar bisa beristirahat lebih lama.

Jika ibu ingin berpuasa namun masih ragu, ibu bisa bicara ke dokter Halodoc. Ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play, lalu ibu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, ayo gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi saran dari dokter terpercaya.