17 July 2018

Bolehkah Ibu Hamil Trimester Pertama Melakukan Hubungan Intim?

hubungan intim trimester pertama, kesehatan ibu hamil trimester pertama, kehamilan trimester pertama

Halodoc, Jakarta – Hubungan intim ialah salah satu cara untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Namun, hubungan intim yang berkualitas tentu dengan melibatkan komunikasi antara suami dan istri. Termasuk membicarakan masalah kegiatan hubungan intim saat istri sedang mengandung usia trimester pertama.

Baca juga: 7 Masalah Kehamilan Trimester Pertama

Pada saat ibu sedang hamil bukan berarti ibu dan pasangan harus menghentikan kegiatan hubungan intim. Namun perlu diingat, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum ibu melakukan hubungan intim dengan pasangan. Mulai dari suasana hati hingga kondisi kesehatan ibu dan janin.

Banyak ibu hamil yang merasa perubahan gairah seksual terjadi pada trimester pertama. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya mungkin perubahan hormon yang menyebabkan ibu hamil merasa mual dan cepat lelah. Namun, jika kesehatan ibu dan kandungan baik-baik saja, sebenarnya hubungan intim cukup aman untuk dilakukan ibu hamil pada trimester pertama selama dilakukan dengan wajar.

Awal kehamilan merupakan masa adaptasi bagi ibu mengenal perubahan-perubahan yang terjadi pada fisik maupun kesehatan. Sebaiknya bicarakan dengan pasangan mengenai kegiatan hubungan intim ini, seperti masalah kenyamanan.

Ada beberapa kondisi yang membuat ibu hamil trimester pertama tidak boleh melakukan hubungan intim:

  1. Jika selaput ketuban pecah.
  2. Mempunyai masalah pada rahim.
  3. Pernah mengalami keguguran pada hamil sebelumnya.
  4. Plasenta menutup sebagian leher rahim.
  5. Pendarahan atau flek keluar dari vagina.
  6. Mengidap plasenta pravia.

Untuk menghindari risiko yang berbahaya, sebaiknya pastikan ibu rajin dan rutin memeriksa kandungan pada dokter kandungan sehingga ibu bisa mengetahui lebih awal apakah ada gangguan pada kehamilan atau tidak sehingga kegiatan hubungan intim bisa berjalan dengan lancar dan nyaman.

Tips Berhubungan Intim untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Banyak hal yang harus ibu ketahui saat akan melakukan hubungan intim pada kehamilan trimester pertama.

1. Perhatikan Posisi yang Tidak Membahayakan Janin

Ketika akan melakukan hubungan intim saat kehamilan masih trimester pertama, sebaiknya ibu memilih posisi yang tidak membahayakan untuk janin. Biasanya pada trimester pertama, karena belum banyak perubahan pada fisik ibu, ibu masih bisa melakukan posisi berdiri atau duduk. Namun jika ibu merasa lelah, sebaiknya lakukan posisi misionaris dan posisi spooning untuk membuat ibu nyaman.

2. Pastikan Pasangan Ibu Tidak Melakukan Ejakulasi dalam Vagina

Pada usia kandungan trimester pertama, sebaiknya pasangan tidak melakukan ejakulasi dalam vagina, sehingga sperma tidak akan masuk dalam rahim. Ini disebabkan karena hormon prostaglandin yang terdapat pada sperma dapat menyebabkan kontraksi pada rahim ibu, sehingga dapat membahayakan janin dalam kandungan.

3. Sebaiknya Hindari Oral Seks pada Masa Kehamilan

Kegiatan oral seks sebaiknya dihindari selama masa kehamilan. Sebab, pada masa kehamilan hormon estrogen menyebabkan pembuluh darah ibu akan terbuka dengan lebar, sehingga sangat rentan terhadap bakteri maupun infeksi jika terkena air liur.

Baca juga: Olahraga untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Bagaimana pun kondisi kehamilan ibu, sebaiknya ibu jangan pernah ragu untuk bertanya mengenai hubungan intim pada dokter selama masa kehamilan. Ibu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter mengenai keluhan ibu selama masa kehamilan. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!