02 November 2018

Bukan Kanker, Ini 7 Penyebab Payudara Terasa Sakit Tanpa Benjolan

bukan kanker, ini 7 penyebab payudara terasa sakit tanpa benjolan

Halodoc, Jakarta – Bagi para wanita, payudara adalah salah satu bagian tubuh yang harus mendapatkan perhatian dan dijaga kesehatannya. Payudara sehat menjadi dambaan semua wanita. Ketika payudara sedikit nyeri, tak jarang rasa cemas dirasakan oleh wanita. Nyeri payudara atau dikenal dalam istilah medis dengan mastalgia dapat kamu rasakan pada payudara bagian luar dan terkadang menjalar hingga ke ketiak.

Ketika payudara mengalami nyeri, yang dikhawatirkan oleh para wanita adalah penyakit kanker payudara. Kenyataannya, kanker payudara tidak hanya memiliki gejala seperti rasa nyeri. Banyak faktor yang menyebabkan kamu mengalami nyeri payudara. Berikut beberapa penyebab payudara terasa nyeri:

1. Siklus Menstruasi

Saat mengalami menstruasi, tentu terjadi perubahan hormon pada tubuh. Hal ini bisa menyebabkan rasa nyeri pada payudara. Jangan khawatir, nyeri payudara yang disebabkan karena siklus menstruasi akan mereda ketika masa menstruasi kamu sudah lewat.

2. Salah Penggunaan Ukuran Bra

Sebaiknya pilih ukuran bra sesuai dengan ukuran payudaramu. Ada beberapa dampak buruk jika kamu menggunakan bra yang terlalu kecil dengan ukuran payudaramu, salah satunya adalah nyeri payudara.

Bra yang terlalu kecil membuat tekanan pada payudara, yang akhirnya membuat terasa nyeri. Selain itu, hindari penggunaan bra dengan kawat saat kamu berolahraga. Pastikan kamu menggunakan bra yang sesuai dengan ukuran dan kegiatan yang kamu lakukan. Penyesuaian ukuran dan jenis bra membuat kamu merasa lebih nyaman selama berkegiatan.

3. Terlalu Banyak Berolahraga

Terlalu banyak berolahraga dapat membuat payudara kamu terasa nyeri. Hal ini diakibatkan adanya otot bagian dada yang tertarik begitu kencang. Sebaiknya sebelum melakukan olahraga, tidak ada salahnya untuk melakukan peregangan atau pemanasan. Selain payudara yang terasa nyeri, jika otot dada kamu tertarik ketika berolahraga, kamu dapat merasakan sesak ketika bernapas.

4. Peradangan Payudara

Pada peradangan payudara atau mastitis akan dialami oleh ibu yang baru saja melahirkan dan menyusui. Peradangan payudara atau mastitis disebabkan adanya penyumbatan pada saluran ASI.

5. Pola Makan yang Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat dapat membuat payudara terasa nyeri. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dan lemak dapat menyebabkan payudara kamu terasa nyeri. Pola makan yang sehat dapat membuat payudara kamu menjadi terjaga kesehatannya. Seimbangkan asupan gizi yang kamu konsumsi agar tubuhmu selalu sehat.

6. Mengonsumsi Obat Tertentu

Beberapa jenis obat seperti KB hormonal, antidepresan antipsikotik dapat menyebabkan rasa nyeri pada payudara kamu.

7. Struktur Payudara

Nyeri yang muncul pada payudara dapat disebabkan karena struktur periodik payudara. Nyeri dada biasanya dimulai dari area luar payudara yang kemudian menyebar pada bagian dada.

Nyeri payudara bisa diredakan dengan menggunakan bra yang sesuai dengan kebutuhan, beristirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi. Sebaiknya, lakukan pemeriksaan sendiri pada payudara untuk mengetahui penyebab nyeri payudara. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya pada dokter mengenai nyeri payudara yang kamu alami. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: