• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Kanker, Ini 7 Penyebab Payudara Terasa Sakit Tanpa Benjolan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Kanker, Ini 7 Penyebab Payudara Terasa Sakit Tanpa Benjolan

Bukan Kanker, Ini 7 Penyebab Payudara Terasa Sakit Tanpa Benjolan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Februari 2022
Bukan Kanker, Ini 7 Penyebab Payudara Terasa Sakit Tanpa BenjolanBukan Kanker, Ini 7 Penyebab Payudara Terasa Sakit Tanpa Benjolan

“Payudara sakit memang identik dengan penyakit kanker. Akan tetapi, kondisi ini tak selalu muncul sebagai tanda bahwa kamu terserang penyakit tersebut. Beberapa kasus menunjukkan bahwa nyeri pada payudara juga bisa terjadi karena kondisi medis lainnya, seperti konsumsi makanan tertentu, cedera pada dada, dan masalah hormon.”

Halodoc, Jakarta - Payudara terasa sakit bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya bisa jadi tanda penyakit kanker. Akan tetapi, payudara yang nyeri ternyata tidak selalu berhubungan dengan penyakit tersebut. Ada banyak hal lain yang bisa menyebabkan payudara terasa nyeri selain kanker. 

Tentunya, kamu harus memeriksakan kondisi kesehatan tubuh ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat terkait penyebab payudara sakit. Memang wajar jika kamu merasa cemas saat mengalami nyeri payudara atau mastalgia. Nyeri yang muncul bisa terasa hingga payudara bagian luar, bahkan pada ketiak. 

Penyebab Payudara Sakit Selain Kanker

Tanda khas dari kanker payudara adalah nyeri pada payudara yang disertai dengan adanya benjolan pada organ tersebut. Meski begitu, mungkin kamu pernah mengalami payudara terasa nyeri tanpa adanya benjolan. Kondisi ini bisa jadi bukan pertanda kanker, tetapi salah satu dari beberapa faktor berikut:

  • Perubahan pada Hormon dan Siklus Menstruasi

Ketika kamu mengalami menstruasi, sudah pasti akan terjadi perubahan hormon pada tubuh. Kondisi ini bisa mengakibatkan munculnya rasa nyeri pada payudara. Kamu tidak perlu risau karena nyeri payudara yang muncul karena akan membaik saat masa menstruasi selesai. 

  • Penggunaan Bra Tidak Sesuai Ukuran

Supaya lebih nyaman, pastikan kamu memilih bra dengan ukuran yang sesuai dengan payudara mu. Ada banyak dampak negatif yang mungkin terjadi akibat penggunaan bra yang ukurannya tidak tepat. Salah satunya tentu saja nyeri pada payudara. 

Ukuran bra yang terlalu kecil mengakibatkan adanya tekanan pada payudara. Pastinya ini akan memicu rasa nyeri pada payudara. Sementara itu, kamu disarankan untuk tidak memakai bra dengan kawat saat sedang berolahraga. Sederhananya, pastikan kamu menggunakan bra dengan ukuran dan aktivitas yang sesuai. 

  • Cedera pada Bagian Dada

Penyebab lain payudara terasa nyeri adalah terjadi cedera pada area dada. Hal ini bisa disebabkan karena bermacam faktor, olahraga yang dilakukan secara berlebihan bisa menjadi salah satunya. Pasalnya, otot yang berada pada bagian dada mengalami tarikan yang cukup kencang sehingga memicu rasa nyeri. 

Jadi, sebelum memulai olahraga, kamu disarankan untuk melakukan pemanasan atau peregangan terlebih dahulu. Tak hanya nyeri pada payudara, otot dada yang tertarik cukup kencang juga bisa membuat kamu mengalami sesak napas. 

  • Peradangan pada Payudara

Mastitis atau peradangan yang terjadi pada payudara rentan terjadi pada ibu baru yang menyusui. Kondisi medis ini muncul ketika terjadi penyumbatan pada saluran ASI. Mastitis harus segera ditangani agar tidak berdampak lebih buruk. 

  • Pola Makan Tak Sehat

Ternyata, nyeri payudara juga bisa terjadi karena pola makan yang tidak sehat, lho! Misalnya, kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein atau lemak dan gula tinggi. Jadi, ubah pola makan menjadi lebih sehat, ya! Tentunya supaya kesehatan tubuh juga tetap terjaga. 

  • Mengonsumsi Obat Tertentu

Beberapa jenis obat-obatan, misalnya antidepresan, antipsikotik, dan KB hormonal turut memicu rasa nyeri pada payudara. Jika kamu mengalaminya, segera hentikan pemakaian obat tersebut dan tanyakan pada dokter agar segera mengganti obat dengan pilihan lain yang lebih aman. 

  • Struktur Payudara

Terakhir adalah struktur dari payudara kamu sendiri. Biasanya, nyeri ini muncul pertama kali pada bagian luar payudara, lalu menyebar hingga ke bagian dada. 

Apabila rasa nyeri sudah sangat mengganggu dan membuat kamu merasa tidak nyaman, segera buat janji dengan dokter spesialis onkologi di rumah sakit terdekat. Berikut ini rekomendasi dokter terbaik yang bisa kamu pilih:

  • dr. Denny Rifsal Siregar, Sp.B(K)Onk

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di Columbia Asia Hospital Medan. Dokter Denny Rifsal Siregar yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

  • dr. Dedy Hermansyah, Sp.B(K)Onk

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di Columbia Asia Hospital Medan. Dokter Dedy Hermansyah yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

  • dr. Denni Joko Purwanto, Sp.B (K) Onk, MM

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dan RS Omni Alam Sutera. Dokter Denni Joko yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

Kamu bisa pakai aplikasi Halodoc untuk buat janji di rumah sakit terdekat. Jadi, apakah kamu sudah download aplikasi Halodoc di ponselmu?

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Why Do My Breasts Hurt?
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Breast pain.
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Breast Pain: 10 Reasons Your Breasts May Hurt.