• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Panu, Ini 5 Penyebab Bercak Putih pada Kulit

Bukan Panu, Ini 5 Penyebab Bercak Putih pada Kulit

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Pernah menemukan bercak putih pada kulit? Beberapa orang mungkin langsung menganggapnya sebagai panu. Padahal belum tentu, karena cukup banyak penyakit dengan gejala bercak putih pada kulit. Kondisi munculnya bercak putih pada kulit sering terjadi ketika protein kulit atau sel-sel mati terperangkap di bawah permukaan kulit. Mereka dapat terjadi sebagai akibat dari depigmentasi, atau kehilangan warna. 

Pada banyak kasus, kehadiran bercak putih bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, penting untuk memeriksakan ke rumah sakit jika muncul bercak-bercak putih untuk memahami penyebabnya dan cara terbaik untuk mengobatinya.

Baca juga: 4 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai

 

Jenis Penyakit dengan Gejala Bercak Putih

Umumnya bercak putih pada kulit membuat pengidapnya jadi tidak percaya diri. Karena warna kulit menjadi tidak merata, apalagi jika kamu memiliki kulit yang gelap. Segera periksakan ke rumah sakit jika kamu mengalami gejala bercak putih yang abnormal. Untuk lebih mudah, kamu juga bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter.

Melansir dari Healthline, berikut ini penyakit yang menimbulkan gejala bercak putih pada kulit yang perlu diketahui, yaitu:

  • Pityriasis Versicolor/ Tinea Versicolor (Panu). Panu adalah penyakit pertama yang akan terlintas jika muncul bercak putih pada kulit. Penyakit ini adalah infeksi jamur dari genus Malassezia yang umum terjadi pada kulit. Biasanya, panu bisa muncul pada kulit area dada dan juga punggung. Kondisi ini bisa membuat kulit mengalami bercak kecoklatan dan bersisik. Panu lebih sering menyerang anak muda, kalangan pria, mereka yang cenderung berkeringat banyak, dan mereka yang tinggal di iklim panas dan lembap. 

  • Vitiligo. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bercak putih pada kulit yang disebabkan oleh kurangnya melanin (pigmen di kulit). Vitiligo bisa menyerang area kulit mana pun, tetapi ia paling sering muncul pada wajah, leher, tangan, dan bagian lipatan kulit. Vitiligo bisa terjadi ketika sel penghasil pigmen (melanosit) mati atau berhenti memproduksi melanin. Beberapa hal yang menyebabkan dan meningkatkan risiko terjadinya vitiligo, yaitu adanya gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyerang dan menghancurkan melanosit di kulit, adanya riwayat keluarga yang mengidap vitiligo, dan beberapa hal lain seperti terpapar sinar matahari, stres, serta paparan bahan kimia industri.

Baca juga: 5 Ciri Awal Kanker Kulit yang Perlu Diwaspadai

  • Pityriasis Alba. Ini merupakan kelainan kulit yang terjadi karena hipopigmentasi. Tetapi sayangnya bercak putih pada kulit yang disebabkan oleh pityriasis alba ini belum diketahui penyebab utamanya. Namun, kondisi ini biasanya dikaitkan dengan eksim dan juga alergi. Selain itu, bercak putih tersebut juga dikaitkan dengan paparan sinar matahari dan kulit kering. Oleh karena itu, pengidapnya disarankan untuk selalu menjaga kelembaban kulit dan menghindari paparan sinar matahari. 

  • Morfea. Ini merupakan kondisi kulit yang tergolong langka, kondisi ini umumnya menyebabkan bintik-bintik atau bercak putih pada kulit tanpa rasa sakit. Perubahan kulit biasanya muncul di area perut, dada, atau punggung. Morfea hanya memengaruhi lapisan terluar kulit kamu, tapi beberapa kondisinya juga membatasi gerakan di persendian. Para ahli hingga kini belum mengetahui penyebab pastinya. Namun, diduga morfea berkaitan dengan peningkatan kolagen dan matriks ekstraseluler (komponen di luar sel yang terdapat pada semua jaringan dan organ) pada lapisan dermis kulit. 

  • Lepra. Penyakit yang disebut salah satu penyakit tertua ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Kusta dapat dialami oleh siapa pun, tapi 80 persen penyakit ini ditemukan di daerah tropis yang panas dan lembap. Penyakit ini perlu segera mendapat pengobatan karena ia menyebabkan kecacatan akibat komplikasi kerusakan saraf.

Itulah beberapa jenis penyakit yang ditandai dengan munculnya bercak putih pada kulit. Tidak ada salahnya untuk memeriksakan kesehatan ketika terjadi gejala yang aneh pada tubuhmu, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. What’s Causing Spots on My Skin and How Can I Treat Them?
Medical News Today. Diakses pada 2019. What Are These White Spots on My Skin?