14 September 2018

Bukan Sekadar Penghias Kue, Ini 6 Manfaat Buah Ceri

Manfaat buah ceri, manfaat buah ceri bagi tubuh, Berbagai manfaat buah ceri

Halodoc, Jakarta - Buah-buahan memang mempunyai manfaat untuk tubuh kita, termasuk juga buah ceri. Buah ceri merupakan tanaman berbiji yang berasal dari belahan Utara dan tumbuh subur di iklim hangat. Buah ini biasanya digunakan untuk hiasan pada kue.

Buah ceri digolongkan menjadi dua jenis yaitu ceri manis dan ceri asam. Ceri asam mengandung kalori lebih rendah dibanding ceri manis, tetapi kandungan vitamin C dan beta karoten pada ceri manis lebih tinggi. Manfaat buah ceri sangat erat dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Walau terkadang hanya dianggap sebagai hiasan kue, ternyata buah ini mempunyai banyak kandungan bermanfaat, seperti vitamin A, vitamin C, antioksidan, mineral, anthocyanin, dan sebagainya. Kandungan anthocyanin pada buah ceri mengandung manfaat yaitu berkhasiat untuk mengatur detak jantung seseorang serta menjaga waktu tidur.

Berikut adalah manfaat buah ceri ketika mengonsumsinya yaitu

1. Mengurangi Risiko Hipertensi dan Stroke

Buah ceri kaya akan vitamin C dan kalium. Kandungan kalium yang dapat mengurangi risiko hipertensi dan stroke. Selain itu, kalium juga dapat membantu menjaga tekanan darah, menjaga kecukupan cairan tubuh, pemulihan otot, melancarkan pencernaan, dan denyut jantung. Di samping itu, kandungan vitamin C dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kardiovaskular, lalu mengobati penyakit mata dan keriput pada kulit.

2. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Manfaat buah ceri lainnya yaitu sebagai antioksidan yang terdapat dari warna cerah pada buah tersebut. Antioksidan tersebut dapat membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. Dua antioksidan lainnya yang terkandung dalam buah ceri yaitu hydroxycinnamic acid dan perillyl alcohol.

Selain itu, antioksidan pada buah ceri dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada pengidap osteoartritis. Kandungan flavanoid pada buah merah tersebut juga mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga Berat Badan dan Penyakit Serius

Manfaat buah ceri yang berasal dari kandungan seratnya, yaitu untuk menurunkan berat badan dan mengurangi risiko diabetes juga penyakit jantung. Serat pada buah ceri juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, mengontrol kadar kolesterol, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah penyakit kanker kolorektal.

Kandungan fitokimia pada buah ceri mampu melindungi tubuh terhadap enzim tertentu yang menyebabkan peradangan, sehingga mampu mengurangi rasa sakit pada kondisi radang sendi dan juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Zat fitokimia tersebut juga dapat mengurangi risiko kanker sebanyak 40 persen dengan cara menghentikan kerusakan sel akibat zat pemicu kanker (karsinogen).

4. Untuk Mengeluarkan Racun

Mengeluarkan racun di dalam tubuh atau detoksifikasi adalah salah satu manfaat buah ceri. Pengeluaran racun dari dalam tubuh setelah mengonsumsi buah ceri secara berkala dapat meremajakan kulit di sekitar wajah, sehingga terlihat berseri dan tampak lebih muda. Detoksifikasi ini bersifat alami, sehingga tidak menyebabkan efek samping pada tubuh.

5. Mengurangi Rasa Sakit Karena Asam Urat

Pengidap asam urat sering mengeluhkan rasa nyeri yang menyiksa ketika kambuh. Nah, salah satu manfaat buah ceri yaitu dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat tersebut. Selain buahnya, daun ceri dapat digunakan dengan cara merebus daun bersama air selama beberapa menit lalu dinginkan dan saring airnya, kemudian diminum secara rutin setiap hari.

6. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Manfaat buah ceri adalah untuk mengatasi masalah jerawat di wajah dengan cara diaplikasikan sebagai masker. Caranya yaitu pertama-tama haluskan buah ceri, lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Selain itu, kamu juga bisa langsung menggunakannya dengan memencet buah ceri ke wajah. Gunakan bagian biji dan air pada buah tersebut untuk dioleskan pada kulit wajah. Lakukan perawatan rutin setiap sebelum tidur malam.

Berikut adalah manfaat-manfaat dari buah ceri untuk tubuh. Jika kamu mengalami keluhan pada tubuh, kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter dari Halodoc dengan fitur Chat dan Voice/Video Call. Ayo, download aplikasinya di App Store dan Google Play!

Baca juga: