16 October 2018

Bunga Calendula, Bahan Produk Kecantikan yang Bermanfaat

bunga calendula bahan produk kecantikan yang bermanfaat

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu tahu atau pernah melihat bunga calendula? Bunga yang dikenal juga dengan sebutan pot marigold ini memiliki ciri khas yang unik, yaitu kelopak bunganya yang terbuka lebar dan berwarna kuning atau jingga cerah. Karena bentuknya yang sangat cantik, bunga yang berasal dari Eropa Selatan ini biasanya ditanam sebagai tanaman hias. Namun siapa sangka di balik kecantikannya, bunga calendula ternyata bisa memberi banyak manfaat, baik bagi kecantikan maupun kesehatan kamu, lho.

Sejak zaman dulu, bunga calendula sudah dikenal sebagai bahan alami yang memiliki khasiat luar biasa untuk kulit dan tubuh. Bunga yang termasuk dalam famili Asteraceae ini juga bersifat anti-viral, yaitu mampu membunuh dan melemahkan perkembangan virus. Enggak heran bila bunga cantik ini akhirnya sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti kosmetik, medis, maupun kuliner. Cara penggunaan bunga calendula pun tergolong fleksibel, bisa diekstrak menjadi minyak maupun dikeringkan untuk dijadikan teh herbal. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bunga calendula.

1. Mampu Menangkal Sel Kanker

Bunga calendula memiliki kandungan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah dan menangkal sel kanker. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian The Journal of Nutrition. Para peneliti dari Washington State University, menganalisis kandungan lutein atau anti oksidan yang terdapat dalam calendula. Hasilnya, kandungan tersebut terbukti mampu meredam jumlah sel tumor sekaligus mencegah sel tumor baru tumbuh. Manfaat ini juga berlaku terhadap sel kanker usus besar, leukimia, dan melanoma.

2. Anti-Inflamasi

Selain mengandung anti oksidan, bunga calendula juga kaya akan vitamin serta kandungan baik lainnya, seperti sterol, beta-karoten, polisakarida, dan karetonoid. Bunga yang banyak ditemukan di wilayah Asia Selatan, Mediteranian, dan Eropa Barat ini juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti bengkak atau radang. Kalau kulitmu memar, varises, atau keseleo, gunakan saja minyak calendula untuk mengobatinya.

3. Sebagai Aromaterapi

Minyak bunga calendula juga dikenal sebagai aromaterapi yang sangat efektif untuk menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks. Hal ini karena dalam kelopak dan ekstrak Calendula terdapat kandungan saponin, flavonoid, dan polisakarida yang bermanfaat untuk menenangkan kulit. Selain menenangkan kulit, tanaman ini juga mampu meredakan nyeri perut dan asam urat. Kamu disarankan untuk mencampurkan minyak calendula dengan balsam agar rasa nyeri yang dirasakan bisa cepat berkurang.

4. Memperbaiki Tampilan Kulit

Bila kulit kamu terasa kering dan bersisik maka bisa menggunakan minyak calendula yang mampu memperbaiki tekstur kulit menjadi lembut kembali. Minyak esensial bunga calendula memiliki tekstur yang ringan dan mudah diserap, sehingga cocok digunakan bagi kamu yang punya jenis kulit berminyak sampai sensitif sekalipun. Bahkan, minyak calendula bisa digunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Enggak hanya itu saja, kandungan anti oksidan dalam calendula juga membuat bunga tersebut sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Untuk mengatasi berbagai masalah penuaan dini seperti kerutan dan garis halus.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Enggak hanya bersifat anti-inflamasi, bunga calendula juga bersifat antiseptik dan antimikroba karena efektif dalam mengobati dari luka ringan sampai luka terbuka. Bunga berwarna jingga cerah tersebut memiliki kandungan yang terbukti ampuh mempercepat proses penyembuhan jaringan kulit. Jadi, kalau kamu memiliki masalah kulit, seperti eczema, dermatitis, dan psoriasis, tanaman berkhasiat ini bisa menjadi obat alami.

Nah, banyak sekali kan manfaat dari bunga calendula. Yuk, coba menggunakan bunga ini baik dalam bentuk minyak maupun dikonsumsi sebagai teh herbal dan rasakan sendiri manfaatnya. Kalau sakit dan butuh saran kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Para dokter yang ahli dan profesional siap membantumu melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: