22 November 2018

Cara Ampuh Menangani Tinea Cruris di Rumah

Cara Ampuh Menangani Tinea Cruris di Rumah

Halodoc, Jakarta- Pernah mengalami gatal-gatal di bagian selangkangan? Hmm, bisa jadi hal ini disebabkan oleh tinea cruris akibat infeksi jamur. Dalam bahasa inggris, tinea cruris ini juga biasa disebut dengan jock itch. Sedangkan dalam bahasa indonesia, sering disebut sebagai kurap selangkangan atau infeksi jamur saja.

Kata dokter spesialis kulit dan kelamin, jock itch merupakan kondisi kulit yang mengalami infeksi jamur akibat adanya faktor kerentanan. Tanda-tandanya berupa timbul bercak-bercak kemerahan melingkar, bersisik, serta gatal yang lama-kelamaan menebal dan menghitam, lalu semakin lama bisa semakin meluas. Umumnya area yang terkena bisa meliputi lipat selangkangan, meluas ke perut bawah, dan bisa sampai bokong ketika semakin meluas.

Menurut para ahli, masalah jamur ini biasanya menjangkiti orang-orang yang banyak mengeluarkan keringat, misalnya atlet. Akan tetapi, mereka yang mengidap diabetes dan obesitas juga rentan terhadap penyakit kulit ini. Untungnya, tinea cruris bukanlah penyakit yang serius, tapi sering mengganggu aktivitas pengidapnya karena rasa gatal yang ditimbulkan.

Kenali Penyebabnya

Faktanya tinea cruris memang disebabkan oleh jamur. Hati-hati, cara penyebarannya bisa dari pemakaian handuk atau pakaian yang terkontaminasi atau melalui kontak langsung dengan pengidapnya. Enggak cuma itu, jamur selangkangan ini juga bisa disebabkan oleh fungi (jamur) penyebab tinea pedis atau kutu air, karena infeksinya bisa menyebar dari kaki ke pangkal paha.

Nah, jamur sendiri itu paling gampang tumbuh di bagian tubuh yang hangat dan lembap. Misalnya, di paha bagian dalam, pangkal paha, bokong, dan di lingkungan yang lembap di antara handuk yang kotor, lantai yang basah, ataupun pakaian yang penuh keringat.

Selain itu, ternyata ada juga beberapa hal yang bisa meningkatkan seseorang terserang masalah jamur ini. Nah, berikut faktor risikonya.

  • Obesitas.

  • Memiliki penyakit kulit lain.

  • Banyak mengeluarkan keringat.

  • Memiliki sistem imun yang lemah. Contohnya, pengidap diabetes melitus atau orang yang sedang menjalani pengobatan kanker.

  • Menggunakan ruangan loker dan kamar mandi umum.

  • Sering memakai celana dalam yang ketat.

Tips Menanganinya

Sebenarnya cara mengatasi tinea cruris ini sederhana kok. Kamu bisa mengatasi dengan obat-obatan yang dijual bebas, seperti salep, bedak, losion anti-jamur, ataupun obat semprot agar ruam bisa segera menghilang. Namun yang perlu diingat, agar jamur selangkangan ini enggak muncul kembali, cobalah lakukan pengobat dua kali sehari, setidaknya selama kurun waktu sepuluh hari.

Namun, kalau pengobatan dengan obat-obatan di atas enggak cukup ampuh, segeralah temui dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Biasanya dokter akan meresepkan obat krim atau salep anti-jamur yang lebih kuat atau berupa pil untuk dikonsumsi.

Selain itu, berikut tips pengobatan dan langkah-langkah untuk menangani masalah jamur ini.

  • Cucilah ruam dengan sabun dan air, lalu olesi krim anti-jamur di atas ruam dan di luar tepi ruam.

  • Pilih krim anti-jamur atau bubuk dengan kandungan tertentu. Seperti terbinafine, miconazole, ataupun clotrimazole yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Ikutilah petunjuk atau cara pemakaiannya dikemasan. Jangan berhenti menggunakan obat hanya karena gejala telah menghilang. Andaikan gejala enggak membaik setelah dua minggu, hubungilah dokter.

  • Adakalanya pengidapnya mesti meminum obat anti-jamur oral. Biasanya obat ini harus dikonsumsi dalam waktu yang lama, bahkan berbulan-bulan.

Punya keluhan kesehatan akibat jamur? Kamu bisa lho berdiskusi dengan dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: