24 January 2018

6 Cara Mengatasi Kuku Cantengan

6 Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Halodoc, Jakarta – Mengatasi kuku cantengan, bagaimana caranya? Kuku cantengan atau paronikia adalah infeksi bakteri yang terjadi antara lipatan kulit dan kuku pada jempol kaki. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri, bengkak, kemerahan, bahkan bernanah pada jari kuku yang terinfeksi. Meskipun bisa sembuh, kuku cantengan perlu diatasi agar tidak menimbulkan komplikasi.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi kuku cantengan yang perlu diketahui:

1. Rendam di Air Hangat

Sebelum menggunakan obat oles, kamu bisa merendam kuku yang cantengan di air hangat. Siapkan air hangat secukupnya, campurkan dengan garam, kemudian rendam jari yang cantengan selama 15-30 menit. Lakukan setidaknya 3 kali sehari untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan. Atau, kamu juga bisa mengompres kuku yang cantengan dengan air hangat untuk mengurasi rasa nyeri dan pembengkakan.

2. Gunakan Obat Oles

Untuk mengobati kuku yang cantengan, kamu bisa menggunakan obat oles yang mengandung antibiotik dan antiradang untuk meminimalisir infeksi dan peradangan. Tapi, jika merendam kuku di air hangat dan menggunakan obat oles tidak membuat kuku cantengan membaik, kamu bisa mengonsumsi obat antibiotik penghilang rasa nyeri yang dianjurkan oleh dokter.

3. Oleskan Minyak Tea Tree

Minyak tea tree mengandung antiseptik yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi infeksi akibat kuku yang tumbuh ke dalam. Kamu bisa mengoleskan minyak tea tree, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa ke kuku yang cantengan, lalu tutup dengan perban kasa.

4. Gunakan Sepatu Terbuka

Menggunakan sepatu yang terlalu ketat dapat memberikan tekanan pada jari-jari kaki, sehingga dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam jaringan di sekitarnya. Jadi, saat kuku cantengan, kamu perlu menggunakan sepatu yang terbuka untuk memberikan ruang tambahan pada kaki yang mengalami infeksi. Hal ini dapat mempercepat penyembuhan. Jangan lupa juga untuk menutup jari kuku yang cantengan dengan perban kasa saat menggunakan sepatu terbuka.

5. Pergi ke Dokter

Jika dibiarkan, kuku yang menancap terlalu dalam bisa menyebabkan rasa nyeri, kemerahan, pembengkakan, bahkan bernanah. Untuk mengobatinya, kamu bisa pergi ke dokter untuk membantu mencabutkan kuku yang menancap terlalu dalam atau mengeluarkan nanah untuk menyembuhkan dan mengurangi perluasan infeksi. Tindakan ini perlu dilakukan oleh dokter dengan alat steril, karena jika salah dalam prosesnya akan membuat infeksi semakin menyebar.

6. Rutin Potong Kuku

Untuk mencegah kuku cantengan lagi, kamu perlu rutin memotong kuku dengan benar. Ketika memotong, mulai lah dari tepi lalu ke tengah bagian kuku. Potong secara lurus, dan hindari memotong kuku terlalu pendek.

Jika kamu punya keluhan pada kaki dan tangan, kamu bisa bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc lho. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call, dan Chat untuk minta saran kesehatan kapan saja dan dimana saja.

Jika kamu penasaran dengan kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, kamu bisa cek melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.