26 September 2018

Cara Mengobati Rubella pada Ibu Hamil

cara mengobati rubella pada ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Rubella atau yang dikenal dengan campak Jerman merupakan penyakit menular yang diakibatkan oleh virus. Biasanya, jika seseorang terkena penyakit rubella akan memiliki gejala seperti ruam merah berbentuk bintik-bintik di kulit. Penyakit rubella ini nyatanya tidak hanya bisa terjangkit ke anak kecil dan orang dewasa saja, tetapi juga bisa menjangkiti ibu hamil.

Penyakit rubella merupakan salah satu penyakit yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Penyakit rubella berpotensi memberikan dampak buruk bagi perkembangan janin dan juga kesehatan ibu hamil. Penyakit rubella nyatanya berpotensi tinggi untuk untuk menyebabkan sindrom rubella kongenital atau bahkan kematian dalam kandungan.

Sindrom rubella kongenital dapat menyebabkan bayi dilahirkan dengan kondisi cacat seperti tuli, katarak, penyakit jantung bawaan, kerusakan otak dan hati, serta paru-paru. Banyak pencegahan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menghindari penyakit rubella, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang baik, menjaga lingkungan rumah selalu bersih, membuat sirkulasi udara di sekitar tempat tinggal dengan baik, mengonsumsi daging yang matang, dan menghindari  orang-orang yang positif terjangkit virus rubella.

Gejala yang Ditimbulkan dari Penyakit Rubella

Virus rubella yang menyerang ibu hamil tentunya akan menimbulkan gejala pada ibu. Karena itu, ibu harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk menghilangkan penyakit rubella dan menghindari dampak yang muncul akibat penyakit rubella ke bayi dalam kandungan. Berikut adalah gejala rubella pada ibu hamil yang sering muncul:

1. Sakit Kepala dan Hidung Tersumbat

Saat ibu hamil merasakan sakit kepala dan hidung tersumbat, sebaiknya segera beristirahat dan mengonsumsi makanan yang memiliki banyak vitamin dan nutrisi untuk mengembalikan kesehatan ibu dengan cepat.

2. Rasa Mual Berlebih

Rasa mual biasa dirasakan pada ibu hamil, tetapi jika rasa mual berlebihan dan berlangsung dalam waktu yang lama maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk tindakan medis selanjutnya.

3. Muncul Bintik Kemerahan

Jika pada tubuh ibu hamil muncul bintik kemerahan selama beberapa hari, sebaiknya segera istirahat dan hindari orang sekitar agar virus rubella tidak menyebar.

Pengobatan Rubella pada Ibu Hamil

Jangan panik saat ibu mengetahui terjangkit virus rubella. Sebab, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk menangani penyakit rubella ini. Beberapa adalah cara yang  bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi rasa tidak nyaman dari gejala yang timbul.

1. Beristirahat Sebanyak Mungkin

Saat ibu mengalami gejala-gejala yang hampir mirip dengan penyakit virus rubella, sebaiknya ibu memperbanyak waktu istirahat. Istirahat nyatanya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh menjadi semakin baik.

2. Konsumsi Air Putih dan Makanan Sehat

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, kamu bisa menetralisir racun atau virus yang ada dalam tubuh kamu. Tidak hanya itu, air putih juga berfungsi untuk menghidrasi tubuh kamu. Nutrisi ibu hamil juga perlu diperhatikan agar kebutuhan nutrisi dan gizi ibu tetap terpenuhi. Dengan pemenuhan gizi yang cukup, tentu saja daya tahan tubuh ibu juga bisa meningkat.

3. Periksakan Diri ke Dokter

Sebaiknya ibu hamil segera periksakan diri ke dokter saat merasakan gejala awal rubella. Lalu, rutin meminum obat-obatan sesuai dengan yang dianjurkan dokter. Dengan penanganan medis sesegera mungkin maka penyakit ini akan lebih mudah untuk ditangani.

Jika ibu memiliki keluhan terhadap kandungan atau kesehatan, gunakan saja aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung ke dokter mengenai keluhan yang dirasakan. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: