28 March 2018

Cara Meratakan Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Cara Meratakan Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Halodoc, Jakarta – Sering beraktivitas di bawah sinar matahari tidak jarang membuat kulit jadi belang. Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari bisa membuat kulit yang tidak terlindungi oleh pakaian akhirnya jadi lebih hitam daripada kulit yang tertutupi pakaian. Kulit belang tentu jadi bikin kamu enggak percaya diri saat ingin mengenakan baju yang terbuka, bukan?

Sinar matahari memancarkan sinar UVA dan UVB yang bisa memberi dampak negatif pada kulit kamu. Jika sering terpapar radiasi kedua ultraviolet ini, kamu berisiko mengalami berbagai masalah kulit, mulai dari kulit terbakar, kering, berkerut, mengalami penuaan dini sampai kanker kulit. Itulah mengapa, kamu dianjurkan untuk selalu mengaplikasikan tabir surya ketika ingin beraktivitas di luar ruangan.

Walaupun demikian, kulit tubuh manusia punya kemampuan untuk melindungi tubuh dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Saat terpapar sinar matahari, tubuh secara otomatis akan memproduksi pigmen bernama melanin untuk memperbaiki dan melindung sel-sel yang terganggu oleh radiasi. Pigmen melanin inilah yang mengubah warna kulit jadi lebih gelap. Semakin sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, semakin banyak sel kulit yang terganggu, sehingga warna kulit semakin gelap.

Kabar baiknya, kulit yang menghitam ini bisa kembali ke warna kulit yang semula. Namun, butuh waktu yang lumayan lama, kira-kira beberapa minggu hingga bulanan sampai melanin menghilang dari bagian kulit tersebut.

  1. Gunakan Tanning Lotion

Agar warna kulit tubuh sama rata, kamu bisa menggunakan tanning lotion untuk membuat kulit terlihat lebih gelap, sehingga menyerupai warna kulit yang terbakar sinar matahari. Jadi, kamu enggak perlu berjemur di bawah sinar matahari untuk melakukan tanning. Cukup dengan mengaplikasikan tanning lotion yang bisa kamu temukan di berbagai toko kecantikan, kamu sudah bisa membuat warna kulit bertambah gelap. Saat membeli tanning lotion, pilihlah warna yang sesuai dengan tingkat kegelapan kulit yang kamu butuhkan, ya.

  1. Gunakan Sunblock

Meski kulit sudah terlanjur terbakar sinar matahari, kamu tetap dainjurkan untuk menggunakan sunblock sebelum beraktivitas di luar rumah, agar kulit belang yang sudah dibantu perataannya oleh tanner tidak kembali belang karena paparan sinar UV. (Baca juga: Cek Fakta di Balik Sunblock dengan SPF Tingkat Tinggi).

  1. Melakukan Pengelupasan Kulit (Eksfoliasi)

Kulit yang terbakar sinar matahari akan menjadi mati dan kering. Tumpukan sel-sel kulit mati inilah yang bikin kulit terlihat gelap dan kusam. Nah, kamu bisa melakukan pengelupasan kulit atau eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati tersebut. Sehingga warna kulit tubuh akan menjadi sama rata sekaligus terlihat lebih cerah. Kamu bisa melakukan perawatan ini sendiri di rumah dengan menggunakan krim lulur yang memiliki scrub, atau pergi ke salon kecantikan untuk melakukan perawatan lulur dan peeling. Lakukanlah dua kali dalam seminggu agar kulit belang kamu cepat menghilang.

  1. Gunakan Pelembab

Jangan cuma berusaha menyamaratakan kulit saja, kamu juga perlu merawat kulit yang kering akibat terbakar sinar matahari. Jika kulit yang kering dibiarkan saja, lama kelamaan bisa muncul garis halus bahkan bersisik. Kamu tentunya enggak mau kan? Jadi, gunakan pelembab untuk mengatasi masalah kulit yang kering. Kamu dianjurkan untuk menggunakan pelembab yang mengandung moisturizer dan SPF sehingga kamu enggak perlu menggunakan sunblock lagi. (Baca juga: 5 Tips Aman Eksfoliasi Kulit Wajah)

Itulah 4 cara untuk mengatasi kulit belang. Kalau kamu ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah kulit, jangan ragu untuk menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menyampaikan masalah kulit yang kamu alami dan minta rekomendasi obat dari dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.