05 January 2017

Cari Tahu 7 Cara Mudah Hindari Flu

Cari Tahu 7 Cara Mudah Hindari Flu

Halodoc, Jakarta – Masuk musim penghujan, cuaca jadi mudah berubah-ubah sehingga membuat tubuh harus cepat beradaptasi. Belum lagi virus dan bakteri yang ada dimana-mana, kalau Anda tidak menjaga diri bisa-bisa tubuh bisa terkena dampak negatifnya. Saat cuaca dingin tubuh bisa jadi rentan terhadap flu, untuk itu mari lakukan langkah pencegahannya beberapa langkah mudah berikut ini:

Menjaga kebersihan menjadi kunci utama untuk mencegah penyebaran virus flu. Tangan menjadi anggota badan yang paling aktif menyebarkan kuman, untuk itu lakukan kebiasaan baik ini tiap kali Anda selesai melakukan kegiatan, terutama sebelum dan sesudah makan. Mencuci tangan yang benar disarankan menggunakan air & sabun lalu gosok bagian tangan selama 20 detik agar kuman dan bakteri hilang dari tangan. Kalau sulit menemukan air, Anda bisa menyiapkan hand sanitizer untuk mencegah kuman sementara. Gunakan fitur ApotikAntar dari Halodoc untuk mendapatkan kebutuhan kesehatan yang Anda inginkan.

Virus flu bisa masuk ke dalam tubuh dengan cara menyebar melalui mata, hidung, dan mulut. Apalagi jika Anda tidak mencuci tangan, virus yang menempel di tangan dapat dengan mudah memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Jaga kekebalan tubuh dengan berolahraga secara teratur. Dengan begini tubuh jadi lebih sehat dan tidak rentan terserang flu. Olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah aerobik. Gerakan dalam olahraga ini mampu memompa jantung serta meningkatkan sistem kerja alami sel dalam tubuh untuk melawan pengaruh negatif virus yang masuk ke dalam tubuh.

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang berwarna hijau gelap, kuning dan merah. Ingat juga untuk konsumsi banyak gula dengan mengonsumsi protein seperti telur atau ikan untuk menjaga kekebalan tubuh.

Padatnya kegiatan yang dijalani sehari-hari dapat meningkatkan hormon stres sehingga membuat tubuh jadi rentan terhadap virus flu. Untuk itu, sangat disarankan untuk memiliki jam tidur malam selama 7 hingga 9 jam secara teratur.

Saat musim pancaroba, sebaiknya kurangi merokok karena asap rokok dapat membuat saluran hidung jadi kering. Tanpa disadari, dampak negatifnya dapat mempengaruhi rambut halus di hidung dan paru-paru (silia). Perokok aktif dapat terkena flu lebih sering dan lebih lama sembuh dibandingkan dengan perokok pasif.

Ini adalah cara yang paling ampuh agar tehindar dari flu. Datanglah ke dokter dan lakukan vaksin flu untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga dapat terhindar dari flu.

Saat tubuh terasa tidak enak dan kurang sehat, jangan ragu untuk selalu berinteraksi dengan dokter. Pencegahan lebih baik daripada mengobati terutama dalam menghadapi flu, karena virus ini lebih mudah menular ke orang-orang sekitar Anda terutama anak-anak.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter dan meminta saran penanganan pertama sebelum Anda memutuskan datang ke rumah sakit. Download aplikasinya di App Store dan Google Play.