08 August 2018

Ciri Air Mani yang Sehat

ciri air mani yang sehat,air mani

Halodoc, Jakarta – Air mani alias sperma adalah cairan yang keluar saat Mr. P mengalami ejakulasi. Cairan ini memiliki peran yang cukup penting dalam menentukan peluang hamil pada pasangan yang sudah menikah. Pasalnya, salah satu faktor yang bisa membantu dan mendukung program kehamilan pada wanita adalah air mani yang sehat dari pasangannya. Lantas bagaimana cara mengenali dan melihat ciri air mani yang sehat?

Pada dasarnya, mengenali air mani yang sehat sering dilakukan dengan memerhatikan beberapa faktor, seperti warna, jumlah, hingga bau. Jika dilihat dari segi warna, air mani biasanya memiliki warna putih atau keabuan. Namun terkadang cairan ini juga bisa terlihat agak kekuningan, bahkan merah yang artinya air mani sudah bercampur dengan darah.

Baca juga: Faktanya Merokok Turunkan Kualitas Sperma Pria

Selain warna, sperma yang sehat juga biasanya bisa dikenali dari jumlahnya. Pada pria sehat, rata-rata air mani yang keluar pada satu kali ejakulasi adalah 2-5 ml, atau setara dengan satu sendok teh. Sebab, jumlah air mani yang tidak terlalu banyak dapat menyulitkan untuk melakukan pembuahan. Namun untuk mengetahui dan melihat secara pasti jumlah sperma yang dikeluarkan, pria perlu menjalani tes tertentu.

Tak hanya warna dan jumlah, perhatikan juga bentuk sperma yang dikeluarkan. Normalnya, air mani yang sehat memiliki bentuk seperti gel. Tapi setelah keluar dari tubuh, air mani akan mulai mencair dalam lima sampai empat puluh menit. Kendati demikian, untuk melihat tingkat kesehatan dan kualitas sperma, tidak bisa dilihat dari tampilan fisik semata.

Tingkat kekentalan sperma disebut tidak menggambarkan kualitas dari sperma yang dihasilkan. Pasalnya ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kekentalan sperma seorang pria. Dan tidak selamanya air mani yang encer atau tidak kental berarti buruk.

Baca juga: Serba-Serbi Kesuburan Pada Pria yang Harus Diketahui

Kekentalan air mani adalah salah satu hal yang paling mudah dilihat untuk menentukan apakah sperma Anda sehat atau tidak. Banyak pria yang mungkin mengkhawatirkan mengapa air mani yang ia keluarkan lebih encer. Namun, sebenarnya kekentalan air mani bukan cara yang baik untuk melihat apakah Anda mempunyai kualitas sperma yang baik atau tidak.

Masalah kekentalan air mani sering dikaitkan dengan tingkat kesuburan pada pria. Namun hal itu ternyata tidak sepenuhnya benar. Air mani yang diproduksi biasanya memang kental dan lengkat seperti gel. Tujuannya adalah untuk memudahkan sperma untuk tidak di area genital wanita. Sehingga peluang untuk meningkatkan kehamilan pun akan semakin tinggi.

Baca juga: Benarkah Kehamilan Ditentukan dari Banyaknya Sperma?

Air mani yang kental menandakan bahwa cairan tersebut mengandung sperma yang cukup banyak. Tiap 1 ml air mani yang dikeluarkan seorang pria mengandung sekitar 15 juta sperma. Namun sperma yang encer bukan berarti tidak berkualitas dan tak bisa membuahi sel telur. Jika kamu merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri dengan sperma yang encer, hal ini bisa diatasi dengan mengatur pola makan dan mengurangi frekuensi ejakulasi.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat fitur Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.