Ciri Air Mani yang Sehat

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ciri Air Mani yang Sehat

Halodoc, Jakarta - Ketika pasangan suami istri merencanakan kehamilan, sebenarnya tidak hanya kesuburan wanita saja yang harus diperhatikan. Kesehatan reproduksi dari sisi prianya juga merupakan hal yang penting untuk diperhitungkan. Nah, untuk mengukur tingkat kesuburan pria ini, maka kesehatan sperma adalah yang menjadi tolak ukurnya. 

Sayangnya, tidak semua pria dilahirkan dengan sperma yang sehat. Ada banyak sekali faktor-faktor yang memengaruhi kesuburan pria. Jadi, kamu bisa pertimbangkan langkah-langkah untuk membantu meningkatkan kualitas sperma untuk bisa mencapai tujuan. 

Baca juga: Benarkah Kehamilan Ditentukan dari Banyaknya Sperma?

Lantas, Apa yang Menentukan Kesehatan Sperma?

Nah, ada beberapa faktor untuk menentukan sperma seorang pria sehat atau tidak, di antaranya:

  • Kuantitas. Seorang pria dinyatakan subur jika air mani yang dikeluarkan dalam ejakulasi tunggal mengandung setidaknya 15 juta sperma per mililiter. Terlalu sedikit sperma dalam ejakulasi membuatnya lebih sulit untuk hamil karena ada lebih sedikit sperma  yang tersedia untuk membuahi sel telur.

  • Kemampuan Gerak. Cara untuk mencapai dan membuahi sel telur, sperma harus bergerak, menggeliat, dan berenang melalui serviks, rahim, dan saluran tuba wanita. Ini dikenal sebagai motilitas. Seorang pria dinyatakan subur jika setidaknya 40 persen sperma memiliki kemampuan bergerak yang baik.

  • Struktur. Sperma normal memiliki kepala oval dan ekor panjang, yang membuatnya memiliki kemampuan gerak yang baik. Semakin banyak sperma yang memiliki bentuk dan struktur normal, maka semakin besar berkemungkinan pria untuk membuahi sel telur. 

Selain itu beredar mitos bahwa sperma yang kental adalah ciri dari sperma yang sehat. Faktanya, ini tidak selalu benar. Sebaiknya chat dengan dokter di Halodoc untuk mendapatkan informasi kesehatan yang akurat. 

Baca juga: Serba-Serbi Kesuburan Pada Pria yang Harus Diketahui

Adakah Cara Tepat untuk Menghasilkan Sperma yang Sehat?

Melansir dari Cleveland Clinic, kamu dapat mengambil langkah-langkah sederhana untuk meningkatkan peluang menghasilkan sperma yang sehat, yaitu:

  • Berhenti Merokok. Jika ingin meningkatkan kualitas sperma, maka langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah berhenti merokok. Tembakau menurunkan jumlah sperma dan membuat sperma memiliki kemampuan gerak yang rendah. Para ahli menemukan bahwa paparan rokok dapat merusak DNA dalam sperma dan menempatkan seorang pria pada risiko infertilitas bahkan bisa sebabkan pasangan alami keguguran. 

  • Konsumsi Makanan Sehat. Untuk meningkatkan kualitas sperma, pria juga harus menghindari junk food serta makanan tinggi gula, lemak, dan pengawet. Terapkan pola makan sehat seperti selalu mengonsumsi makanan segar dan utuh. Mulai dari buah dan sayuran yang kaya antioksidan terutama vitamin C dan E yang memiliki efek positif pada kesuburan.

  • Hindari Alkohol. Pada dasarnya alkohol tidak langsung memengaruhi kesehatan sperma. Namun, alkohol yang berlebihan dan ketergantungan alkohol bisa menyebabkan hormon tubuh berubah. Hasilnya, kondisi ini menyebabkan banyak masalah kesehatan. 

  • Jangan Konsumsi Suplemen Testosteron. Masih dari sumber yang sama, seorang pria yang menggunakan suplemen testosteron, baik secara ilegal sebagai obat penambah kinerja atau resep dokter dapat mengganggu kesuburan. Menggunakan testosteron akan mematikan produksi hormon alami tubuh yang kemudian mematikan produksi sperma. 

  • Hindari Mandi Air Hangat. Pada saat tubuh sedang lelah, mandi dengan air hangat dapat memberikan sensasi lega di otot yang sakit. Namun, sebaiknya hindari kebiasaan ini terlebih lagi karena mengekspos testikel ke suhu panas bisa menyebabkan masalah kesuburan. Alasannya, testis harus berada di suhu yang lebih dingin untuk tetap sehat. 

  • Pertahankan Berat Badan yang Sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan indeks massa tubuh (BMI) terkait dengan penurunan jumlah sperma dan pergerakan sperma. Lakukanlah olahraga secara rutin dan atur pola makan untuk mendapatkan berat badan ideal.

Itulah yang bisa dilakukan untuk menghasilkan sperma yang sehat. Ingat, sperma yang sehat dapat meningkatkan kemungkinan untuk bisa menghasilkan keturunan.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2019. Things You Can Do to Keep Your Sperm Healthy.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Healthy Sperm: Improving Your Fertility.
NHS UK. Diakses pada 2019. Low Sperm Count.