Enggak Pemanasan Sebelum Olahraga Bisa Bikin Keseleo?

Enggak Pemanasan Sebelum Olahraga Bisa Bikin Keseleo?

Halodoc, Jakarta – Olahraga baik dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.  Namun, melakukan olahraga memiliki panduan. Olahraga yang dilakukan sembarangan bisa memicu cedera atau gangguan kesehatan lain. Salah satu kebiasaan buruk yang perlu dihindari adalah mengabaikan pemanasan sebelum berolahraga. Pemanasan punya peran penting dalam menyiapkan tubuh sebelum berolahraga dan mencegah cedera setelahnya.

Baca Juga: Agar Tak Cedera, Lakukan 3 Tips Olahraga Ini

Dampak Melewatkan Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan cukup dilakukan selama 5-10 menit sebelum berolahraga. Aktivitas ini membantu mempercepat detak jantung dan pernapasan, sehingga aliran darah yang kaya oksigen dan nutrisi penting bagi otot mengalir lancar. Jika melewatkannya, kamu rentan mengalami risiko berikut:

1. Meningkatkan Risiko Cedera

Tidak melakukan pemanasan dapat menyebabkan cedera termasuk keseleo. Cedera saat olahraga terjadi karena otot tidak menghasilkan kekuatan yang cukup untuk menahan beban tubuh atau karena otot tidak berkontraksi pada waktu yang tepat saat melakukan gerakan tertentu. Risiko ini meningkat ketika kamu tidak melakukan pemanasan. Ketika melewatkan pemanasan, aliran darah yang menuju otot menjadi berkurang, membuatnya kurang siap dalam menyediakan energi untuk berolahraga.

2. Menurunkan Performa

Pemanasan membantu tubuh beradaptasi secara bertahap. Caranya dengan meningkatkan sirkulasi darah dan detak jantung, sehingga sendi longgar dan aliran darah yang diterima otot meningkat. Hasilnya setelah pemanasan, tubuh lebih siap untuk melakukan berbagai gerakan fisik saat olahraga. Jika kamu tidak melakukan pemanasan, maka tubuh cenderung mudah lelah dan membuat performa tubuh menurun.

3. Kurang Siap Berolahraga

Maksudnya, tubuh tidak siap melakukan gerakan fisik saat olahraga, sehingga kamu menjadi tidak fokus dan rentan mengalami cedera. Pasalnya selain meningkatkan aliran darah ke otot dan sendi, pemanasan juga meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini berdampak positif pada fokus dan kewaspadaan saat berolahraga.

Baca Juga: Harus Tahu, Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan Dalam Olahraga

Tips Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan sebelum olahraga ada tata caranya agar manfaat yang diperoleh maksimal. Hal terpenting saat melakukan pemanasan adalah gerakan dasar yang dilakukannya, seperti jalan kaki, push up, sit up, loncat, dan gerakan peregangan tubuh lain. Cukup lakukan gerakan ringan karena tujuan pemanasan untuk menyiapkan tubuh berolahraga agar tidak kaget. Selain pemanasan, kamu juga dianjurkan untuk melakukan pendinginan setelah olahraga.

Menurut American Council on Exercise, pendinginan dilakukan untuk mencegah cedera dan mengatasi rasa nyeri setelah berolahraga. Pendinginan bermanfaat untuk membantu mengurangi kelelahan otot, melatih fleksibilitas otot, serta mencegah stres badan dan pikiran. Pendinginan cukup dilakukan selama 3-5 menit saja setelah berolahraga.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini 5 Tips Pemanasan yang Benar

Jadi, jangan sepelekan manfaat pemanasan sebelum olahraga, ya. Kalau kamu mengalami cedera setelah olahraga, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter Halodoc mengenai cara penanganan yang tepat. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!