09 September 2016

Fakta & Mitos yang Perlu Anda Ketahui Seputar Jantung

Halodoc, Jakarta - Seberapa jauh Anda mengetahui tentang kesehatan jantung Anda?. Ada banyak mitos dan fakta yang berkembang tentang penyakit jantung. Tak perlu berasumsi, yuk cari tahu lebih lengkap di sini!

Fakta: Gaya hidup mempengaruhi kinerja jantung. Penumpukan plak dapat mulai terjadi bahkan sejak anak-anak dan akhirnya menyumbat arteri. Penelitan menunjukkan bahwa satu dari tiga orang di Amerika, terkena jantung dan mereka bahkan belum memasuki usia paruh baya.

Mitos: Bukan hanya nyeri pada dada, sakit jantung juga disertai dengan tanda lainnya seperti nafas yang pendek-pendek, susah tidur, kepala terasa ringan, dan nyeri atau rasa tidak nyaman pada satu atau kedua lengan, dagu, leher, atau punggung.


Fakta: Meski kadar gula tidak tinggi, Anda tetap tidak aman dari serangan jantung dan stroke. Karena diabetes dapat mempunyai faktor pendukung sakit jantung, seperti tekanan darah, berat badan berlebih, kurang latihan fisik, dan merokok.

Mitos: Riwayat keluarga menaikkan risiko serangan jantung namun bukan berarti Anda tidak dapat mengurangi risikonya. Buat daftar yang boleh & tidak boleh dilakukan untuk menekan risiko terkena serangan jantung.


Fakta: American Heart Association merekomendasikan untuk mulai mengecek kadar kolesterol setiap lima tahun sejak usia 20 tahun. Bahkan lebih baik dilakukan sejak dini jika memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung.

Mitos: Jantung berhenti (cardiac arrest) tiba-tiba bukanlah gagal jantung. Jantung tetap bekerja, namun tidak memompa darah dengan semestinya itu yang disebut gagal jantung. Sedangkan cardiac arrest mengakibatkan nafas pendek-pendek, pembengkakan di kaki dan ankle. Dalam kondisi ini juga orang dapat kehilangan kesadaran dan berhenti bernafas dengan normal.


Fakta: Nyeri pada kaki kiri bisa jadi tanda dari penyakit arteri perifer (PAD), yang diakibatkan oleh menumpuknya plak. Orang dengan PAD memiliki risiko sakit jantung dan stroke lebih tinggi.

Mitos: Orang dengan riwayat sakit jantung dalam keluarga dan juga berpotensi sakit jantung, tidak tergantung pada pria ataupun wanita. Penelitian menyebutkan lebih sedikit wanita yang bisa bertahan menghadapi serangan jantung pertama. Serta wanita berpotensi lebih tinggi terserang stroke daripada laki-laki.


Fakta: Salah! Anda justru harus menyusun latihan fisik yang tepat setiap hari.

Mitos: Tidak semua berujung pada stroke. Kunci utama adalah menjaga gaya hidup dan juga latihan fisik untuk menjaga jantung tetap sehat.

Agar tak salah langkah mengenai penyakit jantung, yuk hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc dengan beberapa metode seperti Voice/video call dan chat, serta konsumsi obat dan suplemen untuk menjaga jantungmu tetap sehat dengan membelinya di Apotik Antar yang akan sampai dalam 1 jam. Segera download Halodoc di Play Store atau App Store.