Flek Hitam Semakin Banyak, Ini 4 Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Flek Hitam Semakin Banyak, Ini 4 Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Flek hitam adalah salah satu hal yang dapat menjengkelkan, karena dapat menimbulkan kontras di wajah. Bintik-bintik gelap dan noda pada wajah tersebut dapat diobati dengan beberapa cara agar dapat mengembalikan warna kulit menjadi cerah kembali. Banyak cara untuk mengatasi flek hitam, dari pengobatan rumahan hingga operasi.

Flek hitam yang menyebabkan bintik-bintik gelap, bercak, dan tanda-tanda lain pada wajah dapat disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan di kulit. Ketika kulit terluka, tubuh akan merespons secara alami untuk mengirim melanin untuk menyembuhkannya. Terkadang, hal tersebut dapat menyebabkan produksi melanin berlebih, sehingga menyebabkan penggelapan kulit yang meninggalkan titik atau bercak hitam.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi ini, yaitu:

  • Paparan sinar matahari yang berlebihan.
  • Ketidakseimbangan hormon.
  • Kehamilan.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu.
  • Kekurangan vitamin.
  • Kurang tidur.
  • Stres yang berlebihan.

Flek hitam yang terjadi dapat menyebabkan timbulnya rasa malu, sehingga tercipta rasa minder terhadap orang di sekitarnya. Walau begitu, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi flek hitam yang terjadi, seperti kulit asam dan operasi laser.

Baca Juga: Flek Hitam di Wajah Pengaruh Lingkungan atau Hormon?

Mengatasi Flek Hitam

Flek hitam yang terjadi memang dapat menyebabkan wajah kurang indah untuk dipandang dan kebanyakan wanita berusaha untuk menutupi hal tersebut dengan makeup. Walau begitu, flek hitam yang timbul umumnya tidak berhubungan dengan risiko kesehatan. Salah satu cara mengatasi flek hitam adalah dengan perawatan medis dan juga dengan perawatan rumahan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi flek hitam:

  1. Perawatan Laser

Salah satu cara mengatasi flek hitam adalah dengan perawatan laser. Perawatan tersebut adalah prosedur non-invasif yang tidak menimbulkan rasa sakit dan memberikan hasil yang cepat. Hal itu tergantung dari warna dan ukuran dari flek hitam yang terjadi, serta jenis laser yang dipilih. Setelah dilakukan perawatan laser, kulit kamu sementara waktu akan menjadi sangat sensitif, sehingga pastikan selalu menyiapkan tabir surya untuk mencegah sinar matahari secara langsung selama beberapa hari.

  1. Pengupasan dengan Bahan Kimia

Perawatan ini juga dapat dilakukan untuk mengatasi flek hitam. Hal tersebut dilakukan dengan mengaplikasikan bahan kimia pada kulit kamu yang akan menyebabkan lepuhan dan pengelupasan pada kulit. Setelah itu, lapisan kulit baru akan terbentuk. Walau begitu, hal tersebut tidak menimbulkan rasa sakit, hanya akan terasa seperti kesemutan. Bahan kimia yang digunakan bervariasi tergantung pada tingkat kegelapan dan kedalaman flek hitam yang terjadi.

Baca Juga: 4 Perawatan Wajah untuk Usir Flek Hitam

  1. Menggunakan Buah Lemon

Buah lemon dipercaya dapat mengatasi flek hitam yang muncul di wajah. Disebutkan bahwa kandungan asam sitrat dan vitamin C yang terdapat pada lemon dapat digunakan sebagai zat pemutih yang tepat untuk menghilangkan flek hitam yang muncul. Cara penggunaan lemon ini tergantung pada sensitivitas kulit kamu. Selain itu, kamu juga dapat mencampur air perasan lemon dengan yogurt untuk menghilangkan flek hitam dan mencerahkan kulit kamu.

  1. Mengonsumsi Vitamin E

Banyak ahli medis menyebutkan bahwa mengonsumsi vitamin E dapat mengurangi munculnya masalah perubahan warna pada kulit, salah satunya adalah flek hitam. Maka dari itu, banyak produk dari perawatan kulit yang mengandung vitamin E di dalamnya. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan perubahan warna pada kulit, serta dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Mengatasi Flek Hitam

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi flek hitam. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal flek hitam, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!