14 December 2017

Hai Gengs, Mengganggu Temanmu yang Phobia Sama Sekali Tidak Lucu. Ini Alasannya

Hai Gengs, Mengganggu Temanmu yang Phobia Sama Sekali Tidak Lucu. Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu melihat seseorang menakut-nakuti temannya yang fobia? Atau kamu termasuk yang pernah melakukakannya?

Jangan sembarangan! Mengganggu teman yang mengalami fobia nyatanya tak selucu kelihatannya. Fobia adalah gangguan anxietas alias gangguan kecemasan. Sayangnya tak banyak yang mengetahui bahwa fobia berbeda dengan rasa takut.

Akhirnya muncul anggapan yang salah yaitu fobia hanyalah rasa takut yang dilebih-lebihkan. Padahal keduanya adalah hal yang tidak sama. Jika kamu salah satu yang menganggap keduanya sama dan masih “menjahili” teman yang fobia, berhentilah.  

Karena bagi sebagian orang, memiliki fobia mungkin adalah hal yang sangat mengganggu. Dan ia pun berpikir untuk mengakhir perasaan itu. Namun ternyata tak memiliki cukup keberanian untuk hal tersebut.

Tak main-main, dampak dari mengganggu penderita fobia bisa berbahaya bahkan sampai menjadi  sebuah trauma. Sebab berbeda dengan rasa takut, fobia bisa “kumat” bahkan saat objek yang memicu rasa takut tak ada di hadapannya.

Mengutip Webmd, orang yang mengalami fobia harus menjalani terapi untuk meredam rasa takut. Salah satunya dengan cara "ekstrem" yaitu menghadapkan langsung dengan hal yang menjadi fobianya dan menipu pikiran dengan menyebut hal itu sama sekali tidak menakutkan. Daripada menjadikannya lelucon, kamu bisa membantu temanmu yang fobia dengan cara ini. Namun jangan dipaksakan, semua hal butuh proses.

Kalau kamu atau orang sekitar punya masalah seputar kesehatan, pakai aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Membeli obat juga sangat mudah di Halodoc. Ayo, download segera!