18 September 2018

Harus Tahu, 6 Manfaat Bermain Catur

manfaat bermain catur, catur,  manfaat catur untuk otak

Halodoc, Jakarta – Catur adalah salah satu permainan yang memiliki banyak penggemar. Tidak hanya untuk menghilangkan pikiran yang penat, nyatanya permainan catur juga mampu meningkatkan kesehatan otak dan membuat kerja otak menjadi lebih optimal. Tidak hanya meningkatkan kesehatan otak saja, nyatanya dengan bermain catur, kamu bisa menjadi lebih kreatif. Karena saat bermain catur, kamu dituntut untuk memiliki strategi yang baik untuk memenangkan permainan.

Tidak hanya untuk mengisi luang, dengan bermain catur, kamu akan merasakan banyak manfaat bermain catur:

1. Memperbaiki Memori

Dengan bermain catur, kamu memerlukan strategi yang baik untuk memenangkan permainan. Salah satunya kamu dituntut untuk bisa menyusun strategi agar bisa membidik catur milik lawan. Tentu strategi tersebut akan tersusun di dalam otak, dengan begitu, memori otak kamu akan terasah secara tidak sengaja. Semakin sering kamu mempersiapkan strategi yang akan kamu gunakan untuk mengalahkan lawan, semakin sering otak kamu akan memperbaiki memori dan meningkatkan kemampuan memori kamu lebih baik.

2. Memperkuat Daya Konsentrasi

Saat bermain catur kamu dituntut untuk bisa meningkatkan daya konsentrasi. Setiap langkah yang kamu pikirkan nyatanya harus dipikirkan secara matang. Dengan begitu, kamu harus menciptakan strategi yang matang. Menciptakan strategi yang matang dibutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi untuk mengalahkan lawan. Ya, bermain catur memang baik untuk memperkuat daya konsentrasi, menciptakan jalan keluar, dan menyelesaikan setiap pekerjaan yang telah dilakukan.

3. Melatih Logika

Saat bermain catur, kamu dituntut untuk berpikir logis dengan strategi-strategi yang kamu persiapkan. Maka pada saat bermain catur, otak kamu dituntut untuk berpikir dengan logika yang baik untuk mengalahkan lawan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menciptakan langkah-langkah yang tepat dalam permainan catur.

4. Mencegah Resiko Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat serta perubahan perilaku akibat adanya gangguan pada otak yang sifatnya progresif atau perlahan. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi seseorang menderita Alzheimer salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Nah, dengan bermain catur, nyatanya kamu bisa menghindari resiko penyakit Alzheimer. Karena pada saat bermain catur, otak kamu dituntut untuk terus berpikir dan bekerja sehingga akan meningkatkan kemampuan kerja otak. Tidak hanya itu, permainan catur juga bisa merangsang otak sehingga akan bekerja secara aktif.

5. Mempertajam Daya Ingat

Menurut penelitian dari Departemen Pendidikan di Moldavia, permainan catur nyatanya dapat memperbaiki dan mempertajam daya ingat. Tidak hanya itu, mengenalkan permainan catur pada anak-anak nyatanya akan meningkatkan daya imajinasi anak-anak.

6. Melatih Kedua Sisi Otak

Melatih kedua sisi otak nyatanya sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan. Apalagi permainan catur adalah salah satu permainan yang cukup baik untuk melatih kedua sisi otak. Sebuah penelitian di Jerman mengungkapkan ketika pemain catur menyiapkan strategi dan identifikasi pada posisi catur-catur mereka, kedua sisi otak para pemain akan bekerja secara aktif.

Selain dengan bermain catur, kamu juga harus mengonsumsi makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan otak kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan otak, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: