12 December 2017

Hati-Hati Pilih Alas Kaki agar tak Kena Mata Ikan

Hati-Hati Pilih Alas Kaki agar tak Kena Mata Ikan

Halodoc, Jakarta – Apa yang kamu pikirkan begitu mendengar “mata ikan”? Bukan salah satu jenis makanan, mata ikan yang dimaksud adalah reaksi alami kulit yang berupaya melindungi diri, lho. Mata ikan biasanya terjadi di telapak kaki dan terjadi akibat adanya gesekan atau tekanan terus menerus pada telapak kaki. Akhirnya, permukaan kulit pun jadi menebal dan mengeras.

Jenis Mata Ikan
Jangan dianggap sama dengan kapalan, ya. Permukaan kulit yang menebal ini akan berbentuk kerucut sehingga mengarah ke dalam kulit. Inilah yang akhirnya menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan sakit. Ada banyak variasi mata ikan, mulai dari yang keras, lunak, hingga yang ukurannya kecil.

1. Mata Ikan Keras
Untuk mata ikan jenis ini biasanya diakibatkan oleh adanya penumpukan kulit mati sehingga permukaan kulit jadi keras dan memiliki inti di tengah yang membuat sakit.

2. Mata Ikan Lunak
Jenis mata ikan yang satu ini umumnya timbul diantara jari manis dan kelingking kaki kamu.

3. Mata Ikan Kecil
Terakhir adalah mata ikan kecil yang muncul karena adanya saluran keringat yang tersumbat.

MencegahMata Ikan
Bisa dibilang kalau mata ikan ini adalah jenis gangguan kulit yang sering kambuh. Jadi, sangat penting buat kamu menghindari hal-hal yang bisa membuat mata ikan ini muncul, seperti:

  • Pakai kaus kaki tebal dan pastikan kalau kaus kaki kamu itu enggak memiliki jahitan yang “mengganjal” di telapak kaki. Pilih ukuran sepatu yang pas di kaki, jangan kebesaran dan jangan pula kekecilan.
  • Lalu kamu sebaiknya memilih sepatu yang punya bantalan empuk serta model yang bagian depannya lebar.
  • Setiap hari, cuci kaki hingga bersih dengan sabun dan juga disikat. Mengoleskan krim untuk merawat telapak kaki juga disarankan.
  • Belum banyak yang tahu namun sebaiknya kamu hindari membeli sepatu atau alas kaki di pagi hari. Ini karena seiring berjalannya hari, kaki kamu akan membesar. Jadi sebaiknya, beli sepatu di sore hari saat kaki mencapai bentuknya yang paling besar, ya.

 

Mengobati Mata Ikan
Dimana pun serta apapun jenisnya, mata ikan menimbulkan rasa sakit ketika melangkah. Jadi kalau kamu mengalami ini, sebaiknya langsung lakukan tindakan medis biar cepat sembut, ya. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Kunjungi Dokter
    Biasanya, untuk mengatasi gangguan mata ikan dokter akan mengambil tindakan untuk menghilangkannya sekaligus. Atau mencari penyebabnya agar ini tidak terjadi lagi. Mata ikan itu umumnya terjadi karena pemilihan alas kaki yang enggak cocok, cara jalan, hingga kelainan bentuk jari kaki. Kalau sudah diketahui penyebabnya, tindakan medis bisa dilakukan dengan lebih tepat. Selain itu, biasanya juga akan diberikan antibiotic untuk mencegah terjadinya infeksi pada kulit.
  • Menggunakan Obat
    Kamu juga bisa membeli obat penghilang mata ikan yang tersedia di pasaran. Mulai dari krim hingga plester. Biasanya plester ini mengandung asam salisilat yang sifatnya panas sehingga mungkin bisa membakar kulit. Namun untuk menggunakannya sebaiknya kamu menanyakannya pada dokter terlebih dahulu.

Untuk masalah gangguan kulit atau kesehatan lainnya, kini kamu bisa lebih mudah mengatasinya jika ingin bertemu dengan dokter. Kalau kesulitan keluar rumah karena cuaca enggak mendukung, kamu bisa gunakan Halodoc di smartphone kamu. Kamu bisa bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang kamu butuhkan melalui Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam ke tempat tujuan. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.