10 September 2018

Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini Saat Dehidrasi

 Dehidrasi, minuman saat dehidrasi, makanan dan minuman ketika dehidrasi

Halodoc, Jakarta – Dehidrasi adalah kondisi yang terjadi ketika tubuhmu tidak memiliki air sebanyak jumlah yang dibutuhkan. Tanpa adanya asupan air yang cukup, tubuhmu tidak dapat berfungsi dengan baik. Dehidrasi ringan, sedang, atau berat yang kamu alami tergantung dengan seberapa banyak cairan yang hilang dari tubuh.

Bila kamu sedang mengalami dehidrasi, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari. Pasalnya, bila mengonsumsi jenis makanan dan minuman tersebut akan membuat kondisi dehidrasi kamu semakin parah. Mau tahu jenis makanan dan minuman apa saja yang bisa membuat dehidrasi semakin parah? Simak penjelasannya di bawah ini

  1. Soda

Minum soda memang tampaknya dapat menyegarkan di hari yang panas, tetapi menurut penelitian dari World Health Organization, gula dalam minuman ringan bersoda dapat memberikan hipernatremia ke tubuh. Artinya, kandungan senyawa di soda dapat menarik atau menghilangkan cairan tubuh kamu.

  1. Jus Buah Instan

Sama seperti minuman soda, mengonsumsi jus buah instan sebagai pengganti cairan tubuh adalah sesuatu yang kurang tepat dilakukan saat kondisi tubuh sedang mengalami dehidrasi. Jus buah mengandung banyak karbohidrat yang dapat memperburuk gejala dehidrasi. Langkah paling tepat untuk mengganti cairan tubuh adalah mengonsumsi air putih ataupun air kelapa.

  1. Kopi

Jangan pernah menjadikan kopi sebagai minuman untuk pelepas dahagamu. Kopi memang menjadi teman asyik untuk diminum kala di pagi hari atau sedang menghadapi deadline. Namun, kalau kamu sedang mengalami dehidrasi dan haus berat, kopi merupakan minuman yang harus dihindari. Apalagi kalau kamu meminumnya dengan tambahan gula, karena bisa-bisa malah tambah haus dan membuat perut melilit.

  1. Makanan Mengandung Protein

Makanan berprotein tinggi memang dapat memberikan rasa kenyang yang lama, sumber energi, dan dapat membangun massa otot. Namun kalau sedang dehidrasi, ada baiknya mengurangi makanan berprotein. Soalnya konsumsi protein saat sedang dehidrasi dapat membuat tubuh kehilangan cairan yang digunakan untuk memproses kandungan protein yang dikonsumsi tersebut. Bukan berarti tidak boleh makan ikan, ayam, ataupun jenis makanan lain yang mengandung protein ya, tetapi ada baiknya diiringi dengan konsumsi air yang cukup. Makanan berprotein tergolong makanan yang berat sehingga butuh cairan yang cukup untuk mencernanya.

  1. Makanan Gorengan

Makanan yang digoreng menyimpan sumber garam tersembunyi dan ketika kamu memasangkannya dengan bumbu manis, bisa menjadi dua dehidrasi yang bakal semakin membuat kamu semakin dehidrasi. Jangan heran sehabis makan gorengan membuat rasa hausmu meningkat dua kali lipat.

  1. Asparagus

Asparagus adalah jenis makanan yang juga membuat dehidrasi. Pasalnya, asparagus memiliki sifat diuretik yang mengeluarkan cairan sehingga membuat tubuh bisa kehilangan cairan. Makanya, ada baiknya kamu menghindari mengonsumsi asparagus supaya tubuh semakin tidak mengalami dehidrasi.

  1. Cokelat

Cokelat juga menjadi salah satu makanan yang dapat menyebabkan dehidrasi. Kandungan kokoanya ternyata bisa meningkatkan sensasi berkemih. Walaupun di satu sisi cokelat memiliki manfaat sebagai antioksidan dan bagus untuk dikonsumsi kulit dan menjaga kesehatan jantung, tetapi alangkah baiknya kamu menghindari makan cokelat saat mengalami dehidrasi.

Punya pertanyaan lain seputar kesehatan ataupun makanan dan minuman seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi saat mengalami dehidrasi, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: