03 October 2018

Ibu Perlu Tahu, Begini Cara Redakan Batuk Berdahak pada Anak

Ibu Perlu Tahu, Begini Cara Redakan Batuk Berdahak pada Anak

Halodoc, Jakarta - Batu memang sangat mengganggu, terlebih jika menyerang Si Kecil. Pasti, ini akan membuatnya tidak nyaman. Batuk sendiri terjadi karena berbagai hal, seperti infeksi virus atau alergi. Ketika terjadi iritasi pada saluran pernapasan Si Kecil, maka akan ada produksi lendir yang kemudian menjadi dahak ketika ia batuk. Jangan langsung diberi obat, karena batuk berdahak pada anak menjadi salah satu cara tubuh mengeluarkan dahak yang mengganggu kerja saluran pernapasan.

Jadi enggak mengherankan kalau Si Kecil jadi lebih rewel ketika ia sedang batuk. Karena biasanya, batuk berdahak diikuti dengan munculnya rasa sakit di bagian dada, demam, sesak napas, hidung tersumbat, hingga rasa sakit di bagian saluran pernapasan. Namun, ibu tidak perlu risau, lakukan cara berikut ini untuk mengatasi batuk berdahak pada anak.

  • Jus Lemon Hangat

Lemon mengandung bahan-bahan aktif yang mampu mengatasi batuk berdahak pada anak. Tidak hanya itu, buah satu ini juga disinyalir untuk meredakan pilek dan infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan. Apabila Si Kecil mengalami batuk, ibu bisa memberinya jus lemon sebanyak satu sendok teh setiap tiga jam sekali. Namun, imbangi dengan konsumsi air putih hangat, ya, karena lemon juga rentan membuat Si Kecil menjadi dehidrasi.

  • Madu

Batuk berdahak yang menyerang Si Kecil juga bisa diatasi dengan madu. Bahkan, madu disinyalir mampu menyembuhkan batuk membandel pada anak lebih cepat dibandingkan dengan kandungan dekongestan yang terdapat dalam obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Khasiat ini diperoleh dari antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan pada tubuh sang buah hati. Saat Si Kecil batuk, berikan ia setengah sendok teh madu sebanyak 4 - 5 kali setiap hari.

  • Air Putih Hangat

Air putih memiliki banyak manfaat. Tak hanya membuat tubuh tetap terhidrasi, air putih hangat juga bisa membantu mengencerkan dahak dan meredakan rasa gatal yang terjadi di tenggorokan karena mengeringnya jaringan sinus. Berikan air putih hangat pada anak ketika ia batuk sebanyak 6 - 8 gelas setiap hari. Ini akan membuat tenggorokannya tidak kering sekaligus mengurangi demam apabila batuk yang menyerang sang buah hati juga diikuti dengan demam.

  • Menggunakan Tetesan Air Garam

Meredakan batuk berdahak pada anak bisa juga dilakukan dengan menggunakan tetes air garam. Cara ini dilakukan menggunakan alat tetes yang bisa diperoleh di apotek, biasanya banyak digunakan untuk mengobati batuk atau pilek pada bayi yang berusia di bawah enam bulan. Berikan beberapa tetes air garam pada lubang hidung Si Kecil. Kemudian, gunakan suntikan tanpa jarum untuk menyedot lendir. Ibu bisa melakukannya sebelum memberi makan anak agar ia bisa menelan dengan mudah.

  • Menghangatkan Tubuh Si Kecil dengan Minyak Telon atau Minyak Kayu Putih

Terakhir adalah dengan mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih pada tubuh anak, terutama pada bagian perut, dada, dan punggungnya. Mengoleskan minyak pada tubuh Si Kecil dipercaya bisa membantu mengeluarkan dahak lebih mudah dari tenggorokan dan paru-parunya. Namun, jika ibu khawatir Si Kecil memiliki alergi terhadap dua minyak ini, sebaiknya bicarakan terlebih dahulu pada dokter.

Itu tadi lima cara meredakan batuk berdahak pada anak yang bisa ibu coba di rumah. Namun, jika batuk anak tak kunjung membaik, sebaiknya ibu bertanya pada dokter agar Si Kecil segera mendapatkan penanganan. Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc yang sudah tersedia dan bisa ibu download baik di Play Store maupun App Store. Yuk, pakai aplikasi Halodoc!

 

Baca juga: