• Home
  • /
  • Ini 7 Cara Alami Redakan Batuk Berdahak pada Anak

Ini 7 Cara Alami Redakan Batuk Berdahak pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
 Ini 7 Cara Alami Redakan Batuk Berdahak pada Anak

Halodoc, Jakarta - Baik batuk kering maupun batuk berdarah sama-sama bisa mengganggu aktivitas pengidapnya. Bahkan, membuat mereka sampai kewalahan bila batuknya tak kunjung membaik. Nah, omong-omong batuk berdahak, apa ibu sudah tahu cara meredakan batuk berdahak pada anak? Sebenarnya, cara meredakan batuk berdahak enggak harus selalu menggunakan obat-obatan. Sebab ada beberapa cara alami yang diduga bisa meredakan batuk berdahak.

Penasaran seperti apa caranya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Sedang Sakit, Bolehkah Anak Divaksin?

  1. Madu

Madu memang menyimpan berbagai keistimewaan bagi kesehatan, salah satunya untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meredakan batuk secara lebih efektif ketimbang obat yang mengandung dextromethorphani. Zat inilah yang bisa menekan rasa batuk.

Menariknya lagi, menurut riset National Institutes of Health, madu bisa menghilangkan gejala batuk pada malam hari. Tak cuma itu, madu juga bisa mengatasi masalah kesulitan tidur pada anak-anak akibat infeksi saluran pernapasan atas.

Lalu, bagaimana cara menggunakan madu untuk mengatasi batuk berdahak pada anak? Mudah kok, campurkan dua sendok teh madu dengan teh atu air hangat dan lemon. Selain cara ini, kita juga bisa memakan langsung satu sendok madu atau menjadikannya sebagai selai pada roti tawar.

Hal yang perlu diingat, jangan berikan madu bayi yang masih berusia di bawah 12 bulan. Hal ini bisa menyebabkan botulisme atau keracunan serius akibat racun dari bakteri Clostridium botulinum.

2. Manfaatkan Air Garam

Meredakan batuk berdahak pada anak bisa juga dilakukan dengan menggunakan tetes air garam. Cara ini dilakukan dengan menggunakan alat tetes yang bisa diperoleh di apotek. Cara ini umumnya digunakan untuk mengobati batuk atau pilek pada bayi yang berusia di bawah enam bulan. Lau, bagaimana caranya?

Berikan beberapa tetes air garam pada lubang hidung Si Kecil. Kemudian, gunakan suntikan tanpa jarum untuk menyedot lendir. Ibu bisa melakukannya sebelum memberi makan anak agar ia bisa menelan dengan mudah.

Sebelum memilih cara ini untuk meredakan batuk berdahak pada anak, cobalah tanyakan kepada dokter mengenai cara dan efek sampingnya. Ibu bisa kok bertanya langsung pada dokter spesialis anak melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

3. Cukupi Hidrasi Tubuh

Air putih memiliki banyak manfaat. Tak hanya membuat tubuh tetap terhidrasi, air putih hangat juga bisa membantu mengencerkan dahak dan meredakan rasa gatal yang terjadi di tenggorokan karena mengeringnya jaringan sinus. Berikan air putih hangat pada anak ketika ia batuk sebanyak 6-8 gelas setiap hari. Di samping itu, air hangat atau sup juga bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit di dada.

4. Jus Lemon Hangat

Lemon mengandung bahan-bahan aktif yang mampu mengatasi batuk berdahak pada anak. Tidak hanya itu, buah satu ini juga diduga bisa meredakan pilek dan infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan. Apabila Si Kecil mengalami batuk, ibu bisa memberinya jus lemon sebanyak satu sendok teh setiap tiga jam sekali. Namun, imbangi dengan pemberian air hangat. Sebab lemon bisa saja melukai tenggorokan yang sakit karena batuk.

  1. Istirahat yang Cukup

Cara mempercepat pemulihan batuk berdahak pada anak bisa dibantu dengan mencukupi waktu istirahatnya. Sebab istirahat bisa memulihkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Sel imun akan semakin efektif dalam menghancurkan sel-sel yang terinfeksi virus penyakit.

Baca juga: Ini Cara Atasi Pilek pada Bayi. Calon Ibu Wajib Tahu!

  1. Lembapkan Udara di Sekitarnya

Selain lima hal di atas, cara meredakan batuk berdahak pada anak juga bisa dengan membuat lembap udara di sekitar. Cara ini diduga bisa mengurangi lendir yang ada ditenggorokan dan membuat anak bernapas lebih lega.

  1. Pertimbangkan Obat-obatan

Adaikan cara-cara alami tak membuahkan hasil, cobalah gunakan obat-obatan yang bisa menyembuhkan batuk berdahak pada anak. Awas, jangan sembarangan memberikan obat batuk pada anak. Cobalah tanyakan pada dokter sebelum memilih obat batuk.

Bagaimana bila batuk juga tak kunjung membaik? Segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sebab batuk berdahak yang tak kunjung membaik bisa menandakan penyakit lainnya. Contohnya, radang paru-paru, bronkitis, batul rejak, atau tuberkulosis.

Mau tahu lebih jauh mengenai cara meredakan batuk berdahak? Atau Si Kecil memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
National Institutes of Health. Diakses pada Desember 2019. Effect of honey, dextromethorphan, and no treatment on nocturnal cough and sleep quality for coughing children and their parents.
KidsHealth. Diakses pada Desember 2019. For Parents. Coughing.
WebMD. Diakses pada Desember 2019. Coughs, Age 11 and Younger - Topic Overview.