15 May 2019

Idap Vertigo, Hindari 5 Makanan Ini Saat Puasa

idap-vertigo-hindari-5-makanan-ini-saat-puasa-halodoc

Halodoc, Jakarta – Mengidap vertigo memang kadang-kadang bisa membuat pengidapnya merasa tidak nyaman saat beraktivitas, apalagi saat berpuasa. Pasalnya, saat sedang kambuh, vertigo bisa menimbulkan gejala berupa rasa pusing yang membuat pengidap merasa diri dan sekelilingnya berputar.

Meski demikian, bukan berarti pengidap vertigo tidak bisa menjalani ibadah puasa. Biar vertigo tidak kambuh dan mengganggu ibadah kamu, ada baiknya kamu menghindari lima makanan berikut saat puasa.

Baca juga: Puasa Sembuhkan Penyakit Vertigo, Benarkah?

Vertigo sebenarnya adalah istilah untuk menunjukkan suatu gejala, bukan nama dari sebuah penyakit. Ini karena vertigo bisa muncul akibat berbagai macam penyakit. Berdasarkan penyebabnya, vertigo bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Vertigo akibat masalah sentral (otak dan sumsum tulang belakang), misalnya disebabkan oleh adanya penyakit migraine, stroke, tumor otak, serta cedera leher dan kepala.
  • Vertigo akibat masalah perifer (sistem perifer di bawah otak dan sumsum tulang belakang), yang paling sering disebabkan oleh penyakit BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo). Sedangkan kondisi lainnya yang bisa menyebabkan jenis vertigo ini, di antaranya infeksi telinga dalam, radang saraf vestibular, penyakit Meniere, dan lain-lain.

Saat vertigo kambuh, pengidap biasanya akan mengalami beberapa gejala berikut:

  • Perasaan tidak stabil dan tidak seimbang.
  • Sakit kepala.
  • Mual dan muntah.
  • Gangguan penglihatan, seperti pandangan ganda atau pandangan menjadi buram.
  • Pendengaran berkurang atau telinga berdenging.
  • Sulit berkonsentrasi.

Baca juga: Panduan Aman Berpuasa Bagi Pengidap Vertigo

Nyatanya, tidak semua jenis penyakit penyebab vertigo bisa dicegah dengan menghindari jenis makanan tertentu. Karena itu, pembatasan jenis makanan ini hanya berlaku untuk vertigo yang disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu saja, seperti penyakit Meniere (gangguan pada telinga bagian dalam) dan migrain.

Pada vertigo yang disebabkan oleh dua jenis penyakit tersebut, menghindari jenis makanan tertentu bermanfaat untuk mencegah kambuhnya vertigo. Jadi, berikut jenis-jenis makanan yang sebaiknya dihindari pengidap vertigo saat puasa:

Pengidap Vertigo Sebaiknya Hindari Makanan Ini

1. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula terlalu tinggi dipercaya bisa memicu kambuhnya vertigo saat puasa. Karena itu, sebaiknya hindarilah jenis makanan ini baik saat sahur maupun buka puasa. Untuk asupan karbohidrat, sebaiknya pilihlah makanan yang bersifat karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh. Untuk camilan dan minuman, sebaiknya hindari yang mengandung gula sederhana, misalnya gula pasir dan sirup fruktosa.

2. Makanan Asin

Selain makanan manis, pengidap vertigo juga dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung banyak garam. Ini karena garam dapat memengaruhi kadar air dalam tubuh serta pengaturannya.

3. Minuman Berkafein

Pengidap vertigo juga perlu membatasi minuman berkafein saat puasa. Ini karena kafein juga merupakan salah satu stimulan yang bisa memicu suara denging pada telinga semakin besar. Selain itu, sifat diuretik yang dimiliki kafein bisa membuat tubuh pengidap kehilangan banyak cairan lewat urine.

4. Alkohol

Batasi juga mengonsumsi minuman beralkohol, karena dapat memengaruhi komposisi cairan di telinga bagian dalam pada pengidap vertigo akibat penyakit Meniere.

5. Produk Susu

Bagi pengidap vertigo yang disebabkan oleh migrain, sebaiknya hindari berbagai makanan yang bisa memicunya. Setiap pengidap umumnya memiliki pemicu makanan yang berbeda-beda. Namun, secara umum, beberapa makanan yang bisa memicu migrain, di antaranya produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt. Selain itu, anggur merah, hati ayam, daging asap, buah sitrus, dan kacang juga bisa memicu kambuhnya vertigo saat puasa.

Baca juga: Penyakit Vertigo Kambuh, Harus Apa?

Nah, itulah 5 jenis makanan yang perlu dihindari pengidap vertigo saat puasa. Bila kamu adalah pengidap vertigo yang ingin berpuasa, kamu bisa bertanya-tanya ke dokter mengenai panduan yang aman untuk berpuasa bagi pengidap vertigo dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.