10 September 2018

Ingin Lebih Akrab dengan Anak? Jangan Ragu untuk Lakukan Traveling

traveling dengan anak, liburan dengan anak, hubungan dengan anak

Halodoc, Jakarta – Jika dibayangkan, travelling bersama anak memang terasa merepotkan. Namun nyatanya, traveling bersama anak memiliki banyak manfaat. Tidak hanya Si Kecil yang mendapatkan banyak pelajaran dari perjalanan bersama orangtuanya, tapi ibu juga akan mendapatkan pengalaman baru dengan travelling bersama Si Kecil.

Saat merencanakan perjalanan bersama Si Kecil, sebaiknya hindari tujuan yang  terlalu jauh. Merencanakan perjalanan di sekitar kota atau di pinggir kota juga akan memiliki manfaat yang baik untuk anak dan orangtua. Berikut manfaat yang bisa dirasakan dengan melakukan travelling bersama anak.

1. Membuat Keluarga Menjadi Lebih Akrab dan Kompak

Jika pada hari biasa orangtua sibuk bekerja, travelling bersama anak adalah salah satu kesempatan yang bisa digunakan untuk mengakrabkan seluruh anggota keluarga. Tidak hanya itu, saat merencanakan perjalanan bersama, tentu akan membuat keluarga menjadi lebih kompak.

Sebaiknya atur perjalanan yang akan membuat anak juga menjadi gembira. Tidak hanya itu, biasanya saat travelling, orangtua juga harus bisa lebih kompak dalam menjaga anak agar perjalanan travelling lebih menyenangkan.

2. Mengajarkan Anak untuk Lebih Mudah Menyesuaikan Diri

Setiap mengunjungi tempat baru, tentu anak harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang dikunjungi. Tidak ada salahnya mengajak anak liburan ke tengah alam dan bergaya ala backpacker. Hal ini akan membuat anak lebih dekat dengan lingkungan dan beradaptasi dengan lingkungan baru yang ia datangi.

Meskipun awalnya mungkin akan sulit, hal ini akan menjadi pelajaran anak untuk lebih mudah menyesuaikan diri dimanapun ia berada. Namun, tetap perhatikan kondisi kesehatan anak saat akan berpergian ke alam.

3. Mengajarkan Anak untuk Memiliki Keberanian

Anak yang sering dihadapkan pada situasi yang beragam, tentu akan memiliki kesiapan untuk menerima tantangan. Saat perjalanan travelling, tentu anak akan memiliki pengalaman baru dan seru. Tidak hanya keberanian, travelling juga mengajarkan kesabaran pada Si Kecil. Biasanya, situasi ini akan membantu mereka untuk membentuk pola pikir.

4. Mental Anak Akan Terbentuk Menjadi Lebih Baik

Saat travelling, orangtua bisa mengajarkan anak mengenai konsep kesopanan, toleransi, dan tenggang rasa. Dengan memiliki rasa itu, mental anak akan terbentuk dengan baik. Zona nyaman yang biasanya dirasakan oleh anak akan hilang dan berganti dengan tantangan-tantangan baru yang akan membuat anak lebih siap menghadapi masa depan.

5. Menambah Wawasan dan Ilmu pada Anak

Tentu dengan melakukan travelling, anak akan mendapatkan banyak hal-hal baru yang bisa menjadi pembelajaran. Tidak hanya dari mental anak, ilmu anak juga akan bertambah. Ibu bisa mengajak anak untuk travelling ke tempat-tempat bersejarah atau tempat wisata yang memiliki edukasi. Bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, biasanya mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga informasi akan terserap lebih banyak.

6. Menambah Pengalaman Berharga Anak

Travelling sejak dini akan menambah pengalaman berharga pada anak. Pergilah ke tempat yang menarik dengan anak, agar perjalanan travelling orangtua dan anak menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Jangan lupa untuk atur rencana perjalanan dengan baik. Persiapkan juga kesehatan anak agar perjalanan semakin menyenangkan. Jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc jika dalam perjalanan kesehatan anak menurun. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: