08 December 2017

Ingin Mencoba Olahraga Ekstrim? Ini Caranya Biar Tetap Aman

Ingin Mencoba Olahraga Ekstrim? Ini Caranya Biar Tetap Aman

Halodoc, Jakarta – Seru, menantang, dan memacu adrenalin adalah alasan mengapa orang tertarik untuk mencoba olahraga ekstrim. Berbagai pilihan olahraga ekstrim, seperti bungee jumping, surfing, rafting, sky diving, dan masih banyak lagi, memang menarik untuk kamu coba sebagai pengalaman sekali seumur hidup. Namun, karena namanya saja olahraga esktrim, jadi terdapat risiko yang tinggi di balik aktivitas tersebut. 

Tidak hanya sekadar menguji nyali, tapi melakukan olahraga ekstrim ternyata juga bermanfaat, lho. Seperti yang sudah diketahui, melakukan olahraga yang menantang dapat memicu adrenalin. Hanya ketika kamu sedang merasa sangat stres atau melakukan aktivitas yang sangat seru, kelenjar adrenal dalam tubuh baru memproduksi adrenalin. Saat hormon ini meningkat, efek yang akan timbul dalam tubuh adalah detak jantung meningkat, sirkulasi darah mengalir cepat, serta pasokan oksigen ke paru-paru meningkat.

Biasanya orang akan mengalami sensasi meningkatnya adrenalin setelah melakukan olahraga ekstrim, yang dapat membuat orang tersebut jadi bersemangat dan tubuhnya terasa segar. Itulah mengapa beberapa orang jadi menyukai, bahkan ketagihan melakukan olahraga ekstrim.

Namun, di balik manfaat baik tersebut, olahraga ekstrim tetap berisiko tinggi. Walaupun sebagian besar olahraga ekstrim diperlengkapi dengan pelindung yang canggih dan terjamin, namun risiko mengalami kecelakaan tetap ada. Bahkan berdasarkan laporan United States Parachuting Association, jumlah orang yang meninggal setiap tahunnya karena terjun payung mencapai lebih dari 20 orang. Jadi, dengan kesadaran akan risiko tersebut, sebaiknya kamu memikirkan masak-masak sebelum memutuskan untuk mencoba melakukan jenis olahraga ekstrim tertentu. Berikut adalah cara-cara biar kamu tetap aman:

1. Dengarkan Instruksi dari Ahlinya
Sebelum melakukan bungee jumping, biasanya kamu akan diberi tahu tentang tata cara melakukannya, misalnya seperti posisi tangan yang baik, cara menjatuhkan diri yang benar, dan kiat-kiat lainnya yang dapat mengurangi ketegangan dan risiko mengalami cedera. Simaklah baik-baik dan lakukan tepat seperti yang diinstruksikan oleh ahlinya tersebut demi keselamatanmu.

2. Perhatikan Persyaratannya
Perhatikan apakah kamu sudah memenuhi persyaratan untuk melakukan jenis olahraga ekstrim tertentu. Untuk mencoba sky diving misalnya, kamu minimal harus berusia 18 tahun, berat badan tidak melebihi 125 kg, dan tidak mempunyai masalah kesehatan tertentu. Jika kamu tidak memenuhi persyaratan, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas tersebut.

3. Kenakan Semua Perlengkapan yang Dibutuhkan
Mulai dari jenis pakaian yang sesuai sampai perlengkapannya harus kamu kenakan jika ingin aman berolahraga ekstrim. Untuk melakukan olahraga snowboarding misalnya, kamu perlu menggunakan pakaian yang tebal serta jaket windproof agar dapat kuat menghadapi suhu udara yang sangat dingin di tempat snowboarding. Selain pakaian, ada beberapa aksesoris yang harus kamu kenakan, seperti helm, kacamata khusus untuk melindungi matamu dari debu dan salju, sarung tangan, dan sepatu boots. Cek kembali kekencangan semua aksesoris tersebut agar kamu dapat ber-snowboarding dengan nyaman.

4. Latihan Dulu
Ada beberapa jenis olahraga ekstrim di mana instrukturnya akan mengajarkanmu terlebih dahulu cara-cara melakukannya, seperti diving dan surfing. Untuk diving, kamu bisa berlatih cara bernapas dengan menggunakan peralatan diving dan gaya berenangnya. Sedangkan untuk surfing, kamu akan diajari cara berdiri di atas papan seluncur.

Kamu bisa membicarakan rencanamu untuk melakukan olahraga ekstrim terlebih dahulu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter dan mintalah saran-saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli vitamin atau produk kesehatan yang dibutuhkan tanpa perlu repot-repot keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.