24 September 2018

Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Gatal pada Miss V

mengatasi gatal pada miss V, gatal pada miss V, miss V gatal

Halodoc, Jakarta - Miss V terasa gatal pastinya terasa tidak nyaman bagi wanita. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh aktivitas yang terlalu berlebihan atau kelelahan. Rasa gatal pada Miss V juga bisa disebabkan oleh iritasi, infeksi jamur atau bakteri, dan gejala penyakit berbahaya.

Rasa gatal pada Miss V bisa dirasakan oleh anak-anak hingga wanita dewasa. Umumnya, kondisi ini tidak akan berbahaya. Gatal pada miss V dapat terjadi karena satu atau beberapa hal. Diperlukan pemeriksaan oleh dokter untuk dapat mendeteksi kondisi yang dapat menyebabkan gatal. Hal-hal yang dapat menyebabkan Miss V gatal di antaranya adalah:

  1. Infeksi Jamur

Infeksi jamur atau biasa disebut kandidiasis pada miss, merupakan infeksi jamur yang tumbuh berlebihan pada Miss V dan vulva. Infeksi ini berisiko pada wanita yang sedang hamil, menggunakan antibiotik, aktif berhubungan intim, dan ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah.

  1. Penggunaan Bahan Kimia

Penggunaan bahan kimia juga dapat menyebabkan iritasi pada miss V akibat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kondom, krim, sabun, tisu, atau pembalut yang digunakan.

  1. Vaginosis Bakteri

Vaginosis bakteri yaitu infeksi yang disebabkan oleh terganggunya keseimbangan di dalam Miss V. Pada penderita vaginosis, bakteri baik di dalam miss V berkurang sehingga tidak mampu melawan infeksi. Akibatnya, rasa gatal pun muncul. Infeksi ini memiliki gejala seperti rasa perih, keluarnya cairan dan bau tidak sedap dari miss V.

  1. Menopause

Menopause juga menyebabkan miss V gatal. Hal itu karena turunnya produksi estrogen di akhir masa reproduksi wanita yang menyebabkan dinding Miss V menipis dan mengering, sehingga menyebabkan iritasi dan gatal.

Cara Untuk Mengatasi Gatal Pada Miss V

Ketika miss V terasa gatal secara terus menerus, berikut ini adalah cara untuk mengatasinya:

  1. Basuh dengan Benar

Membasuh miss V dengan benar dapat mengatasi rasa gatal pada miss V. Ketika kamu sering merasa gatal, mungkin penyebabnya adalah kamu tidak membasuh dengan benar setiap buang air kecil atau besar. Selain itu, pastikan lagi tangan kamu sudah bersih baik sebelum dan sesudah membasuh Miss V. Basuhlah dengan perlahan dan menyeluruh dari depan ke belakang.

  1. Ganti Celana Dalam

Mengganti celana dalam setiap merasa gatal juga dapat mengatasi rasa gatal pada Miss V. Usahakanlah untuk selalu mengganti celana dalam setiap kali terasa basah, berkeringat, atau kotor. Hal itu dikarenakan kuman dan bakteri yang ada di dalamnya dapat menyebabkan gatal. Usahakan agar miss V selalu dalam keadaan bersih dan kering.

  1. Gunakan Cuka Apel

Penggunaan cuka apel dapat menjadi salah satu cara mengatasi gatal pada miss V. Pilihlah produk cuka apel yang mentah dan tidak mengalami proses penyaringan. Cuka apel sangat ampuh untuk menyembuhkan gatal akibat infeksi jamur maupun bakteri. Menurut riset, kandungan asam asetat pada cuka apel dapat menghancurkan jamur dan menstabilkan pH organ intim karena infeksi bakteri.

Cara untuk mengatasi gatal pada miss V yaitu gunakan cuka apel sebanyak 2 cangkir dan masukkan ke dalam air mandi, kemudian gunakan untuk berendam selama 20 menit. Cara ini dapat mengurangi gatal dikarenakan iritasi, eksim, dan infeksi karena bakteri.

  1. Berendam dengan Campuran Minyak Kelapa

Berendam dengan campuran minyak kelapa juga dapat mengatasi rasa gatal pada miss V. Minyak kelapa dapat meredakan gatal karena eksim, bakterial vaginosis, serta infeksi candida. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menanggulangi kulit gatal dan antimikroba untuk mengatasi infeksi. Cara menggunakannya kurang lebih sama dengan cuka apel di atas.

Itu dia cara mengatasi rasa gatal pada Miss V. Jika kamu merasa Miss V-mu selalu gatal, segera tanyakan pada dokter di Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Chat atau Voice/Video Call untuk menghubungi dokter tepercaya. Yuk, download aplikasinya sekarang di Apps Store atau Play Store!

Baca juga: