Ini 5 Tanda Hamil yang Sering Tidak Disadari

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Ini 5 Tanda Hamil yang Sering Tidak Disadari

Halodoc, Jakarta – Bagi pasangan yang tengah menanti kehadiran buah hati di tengah keluarga, tanda-tanda kehamilan yang muncul bisa membuat bahagia. Apalagi, hasil pemeriksaan menunjukkan hasil yang positif. Gejala yang sering dianggap sebagai tanda awal kehamilan adalah terlambat datang bulan. Namun ternyata, ada beberapa tanda kehamilan lain yang sering tidak disadari. 

Terlambat datang bulan alias haid sering dikaitkan dengan tanda awal kehamilan. Perubahan ini bisa dengan mudah terdeteksi pada perempuan yang rutin mencatat waktu datang bulan. Banyak orang yang percaya bahwa telat haid merupakan tanda awal ada janin yang berkembang di dalam rahim ibu. Namun satu hal yang perlu diketahui, terlambat datang bulan tidak melulu menjadi tanda adanya kehamilan. Selain terlambat haid, ada berbagai tanda yang sering tidak disadari dan bisa saja merupakan gejala kehamilan. 

Baca juga: 7 Tanda Kehamilan yang Terjadi Secara Alami

Gejala Awal Kehamilan yang Harus Diketahui 

Untuk memastikan kehamilan, kamu perlu melakukan pemeriksaan, misalnya dengan menggunakan testpack. Namun, tidak banyak pasangan yang cukup yakin dan percaya diri untuk segera melakukan pemeriksaan. Apalagi jika satu-satunya tanda yang menonjol dan terlihat adalah terlambat datang bulan. Periode haid dianggap terlambat jika setelah lima hari atau lebih wanita tidak mengalami menstruasi sesuai tanggal yang seharusnya, yaitu pada siklus haid normal 28 hari.

Namun perlu disadari, tidak semua terlambat datang bulan merupakan tanda kehamilan. Ada beberapa kondisi tubuh lain yang bisa menjadi penyebab seorang perempuan mengalami gangguan pada siklus haid. Namun, kamu dan pasangan mungkin bisa sedikit berharap jika terlambat datang bulan dibarengi dengan lima gejala ini yang tanpa disadari bisa menjadi tanda kehamilan.  

1. Mual dan Muntah 

Terlambat datang bulan yang dibarengi dengan gejala mual muntah bisa menjadi tanda awal kehamilan. Kondisi ini disebut dengan istilah “morning sickness” dan sering terjadi di awal masa kehamilan. Ibu hamil mengalami mual dan muntah karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Namun, tidak semua perempuan hamil pasti akan mengalami gejala ini, sebab cara tubuh merespon perubahan hormon bisa berbeda-beda. 

Baca juga: Tanda-tanda Ibu Hamil Anak Kembar

2. Perut Kembung 

Kehamilan juga bisa ditandai dengan gejala perut kembung. Perut yang sering terasa kembung dan terkadang kram, sering menjadi tanda bahwa janin mulai tumbuh dan berkembang di dalam rahim. Tidak banyak ibu hamil yang cepat mengenali gejala yang satu ini. Kembung juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian perut, akibat gas yang terlalu banyak. 

3. Payudara Berbeda 

Perubahan pada payudara juga bisa menjadi tanda kehamilan yang jarang disadari. Perempuan hamil cenderung merasa bagian payudara menjadi bengkak dan sangat sensitif, bahkan hanya karena sentuhan kecil. Ternyata, hal itu juga berkaitan dengan perubahan hormon karena ada proses pembuahan. Perempuan hamil mungkin akan merasa bagian payudara menjadi bengkak, perih, dan sangat sensitif terhadap sentuhan. 

4. Bercak Darah 

Tanda awal kehamilan lain adalah keluar bercak darah pada organ intim. Keluarnya darah dari organ intim terjadi akibat proses pembuahan sperma di dalam rahim. Meski begitu, tidak semua perdarahan yang terjadi merupakan tanda kehamilan. Jika perdarahan terjadi secara terus-menerus, segera lakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui penyebabnya. 

5. Perubahan Mood Mendadak 

Wanita hamil juga rentan mengalami perubahan mood mendadak alias mood swing. Kamu mungkin akan mudah merasa lelah, bahkan saat tidak melakukan aktivitas yang berat. Lagi-lagi, hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon. Dalam hal ini, hormon progesteron yang menjadi penyebab. 

Baca juga: Tanda-tanda Hamil Anak Laki-laki Ini Cuma Mitos

Jika ragu terhadap gejala kehamilan yang ditunjukkan dan butuh saran ahli, coba bicarakan kepada dokter di aplikasi Halodoc. Tanyakan seputar tanda-tanda kehamilan atau masalah kesehatan lain melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2019. Early Pregnancy Symptoms.
Healthline. Diakses pada 2019. Early Pregnancy Symptoms.