Ini 6 Faktor Pemicu Pankreatitis Kronis yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini 6 Faktor Pemicu Pankreatitis Kronis yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya, kamu mulai menerapkan pola makan sehat untuk menu makanan sehari-hari. Banyak penyakit yang bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat, salah satunya adalah pankreatitis kronis. Penyakit pankreatitis kronis merupakan kondisi peradangan pada bagian pankreas yang menyebabkan kerusakan permanen.

Perlu diketahui, pankreatitis kronis berbeda dengan pankreatitis akut. Kondisi pankreatitis akut dapat terjadi dalam jangka waktu yang tidak terlalu panjang atau bersifat jangka pendek. Berbeda dengan kondisi pankreatitis kronis, kondisi ini menyebabkan peradangan terus menerus dalam jangka waktu yang cukup panjang. Kondisi ini bahkan dapat menyebabkan perubahan struktur pada jaringan pankreas.

Baca juga: 6 Tanda Alami Gangguan Kesehatan pada Pankreas

Gejala umum yang dirasakan oleh pengidap pankreatitis kronis adalah rasa nyeri yang berulang-ulang serta hilang dan timbul pada bagian perut bagian tengah yang menjalar hingga ke punggung. Semakin parah kondisi pankreatitis kronis yang dialami, semakin sering rasa nyeri yang dirasakan.

Selain rasa nyeri, ada gejala umum lagi yang dialami pengidap pankreatitis kronis, seperti feses yang mengandung minyak dan memiliki bau yang khas, pengidap pankreatitis biasanya mengalami penurunan nafsu makan.

Selain itu, mual dan muntah juga dialami oleh pengidap pankreatitis kronis. Berat badan yang turun secara drastis, perubahan warna pada kulit yang menjadi kekuningan, perdarahan pada usus dan diare menjadi gejala yang dialami oleh pengidap pankreatitis kronis.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Pola Makan untuk Pengidap Pankreatitis Kronis

Penyebab Pankreatitis Kronis

Penting untuk mengetahui faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengalami pankreatitis kronis. Dengan mengetahui beberapa penyebabnya tentu penyakit ini lebih mudah dicegah dengan menghindari faktor penyebab, yaitu sebagai berikut:

1. Merokok

Seseorang yang gemar merokok berpotensi tinggi untuk mengalami penyakit pankreatitis kronis. Jika kamu merupakan perokok aktif, coba hentikan kebiasaan ini agar dapat terhindar dari kondisi penyakit pankreatitis kronis. Selain itu, bagi yang tidak memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya jauhi asap rokok agar kesehatan tetap terjaga.

2. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan seseorang mengalami kondisi pankreatitis kronis. Hindari pengonsumsian alkohol agar kesehatan tetap terjaga.

3. Kondisi Autoimun

Meskipun jarang terjadi, kondisi pankreatitis kronis dapat disebabkan adanya kondisi autoimun. Kerusakan pankreas yang terjadi disebabkan karena sistem imun pengidap sendiri yang menyerang sel-sel pankreas.

4. Fibrosis Kistis

Kondisi ini merupakan adanya kelainan bawaan yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada beberapa organ tubuh kamu, salah satunya adalah pankreas.

5. Penyempitan Saluran Pankreas

Kondisi ini menyebabkan sulitnya enzim pankreas untuk disalurkan keluar menuju usus.

6. Kondisi Iklim

Pada beberapa kasus, iklim tropis dapat meningkatkan risiko pankreatitis kronis pada masyarakat yang berada di sana. Misalnya kawasan Asia dan Afrika menjadi negara yang rentan mengalami pankreatitis kronis karena beriklim tropis.

Pencegahan Pankreatitis Kronis

Sebaiknya lakukan beberapa pola hidup sehat di bawah ini agar terhindar dari kondisi pankreatitis kronis:

1. Hentikan Pengonsumsian Alkohol

Ini salah satu kebiasaan yang perlu dilakukan untuk menghindari penyakit pankreatitis kronis.

2. Mengganti Pola Makan

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat menghindari kamu dari penyakit ini. Konsumsi makanan yang rendah lemak, tinggi kalori dan protein, serta tinggi vitamin yang larut dalam lemak.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 6 Penyakit yang Sering Terjadi pada Pankreas