• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 8 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 8 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

Ini 8 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Januari 2022
Ini 8 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di RumahIni 8 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

“Tanaman herbal atau obat terkadang dapat membantu proses penyembuhan penyakit-penyakit tertentu. Untuk itu tidak ada salahnya untuk menanam beberapa tanaman obat di rumah. Kamu bisa menanam serai, jahe, hingga lengkuas di rumah sebagai tanaman obat.”

Halodoc, Jakarta - Terdapat beberapa tanaman herbal yang diyakini dapat mengobati berbagai penyakit. Maka itu alangkah baiknya jika kamu menanam sendiri tanaman obat di halaman rumah bila sewaktu-waktu diperlukan. Jika suatu saat dibutuhkan, maka kamu bisa langsung mengolah tanaman obat untuk mengobati penyakit. 

Nah, berikut ini adalah beberapa tanaman obat yang alangkah baiknya jika ada di pekarangan rumah:

1.Serai

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa serai memiliki manfaat terapeutik yang ampuh meredakan stres. Selain itu, sifat antipiretiknya juga dapat membantu mengurangi demam tinggi, serta mencegah infeksi tenggorokan. 

Menariknya lagi, serai juga dapat digunakan untuk semua jenis nyeri. Contohnya seperti sakit perut, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, kram saluran pencernaan, kram otot, dan sakit perut. Kamu dapat mencampur tanaman ini ke dalam teh, sup, salad, atau makanan lain yang kamu inginkan.

2.Bawang Putih

Tanaman satu ini tentu sudah akrab dikenal semua kalangan. Tidak hanya dapat melezatkan masakan, tanaman ini juga ternyata ampuh untuk merawat kesehatan. Senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih pun diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker, sehingga kanker akan gagal terbentuk.

Bawang putih pun memiliki beragam manfaat lain untuk kesehatan. Contohnya seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol, mencegah jerawat, mengobati sakit gigi, meningkatkan imunitas, mengobati flu, bahkan menambahkan gairah seksual pria.

3.Jahe

Tidak hanya sebagai pelengkap minuman dan bumbu masakan, tanaman ini adalah obat alami untuk mengatasi batuk dan rematik. Jahe pun termasuk tanaman obat kaya manfaat kesehatan, seperti memperlancar peredaran darah, mengatasi perut kembung, mengobati migrain, mengatasi perut buncit, serta menurunkan tekanan darah.

4.Lengkuas

Tanaman lengkuas akan membantu mengurangi ketidaknyamanan pada perut yang disebabkan oleh peradangan. Tak hanya itu, kandungan analgesik dan antipiretik juga ampuh mengurangi demam. Lengkuas juga bisa digunakan sebagai pengobatan infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti bronkitis kronis dan batuk. Sementara itu, tanaman ini juga efektif mengobati panu pada kulit.

5.Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya adalah tanaman ajaib yang memiliki banyak sekali manfaat. Bagi kamu yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, kamu dapat mengkonsumsinya secara rutin. Pasalnya, kandungan antioksidan alami di dalamnya akan menangkal setiap radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Tanaman ini juga sangat baik untuk mengurangi infeksi, mengobati luka bakar, meningkatkan nafsu makan, mengatasi sembelit kronis, serta menutrisi kulit dan rambut.

6.Jeruk Nipis

Buah yang dikenal karena rasanya yang asam ini ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak. Jeruk nipis pun dikenal ampuh untuk meredakan batuk, mengatasi asam urat, meningkatkan imunitas, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan berat badan, serta meredakan radang tenggorokan.

7.Peppermint

Daun peppermint dapat diseduh sebagai teh. Daun obat ini bermanfaat untuk meredakan ketidaknyamanan pencernaan. Misalnya gangguan pencernaan dan muntah. Daun peppermint juga bermanfaat untuk menenangkan otot yang sakit, yaitu dengan cara dioleskan sebagai cairan pada tubuh.

8.Daun Kemangi

Daun basil atau kemangi mengandung antioksidan dan bersifat antiinflamasi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk:

  • Mengatasi stres.
  • Mengurangi demam.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengatasi gangguan pencernaan.
  • Meningkatkan kesehatan jantung, hati, dan mata.

Itulah beberapa tanaman obat yang bisa kamu tanam di rumah. Nah, hal yang perlu ditegaskan adalah tanaman herbal sebaiknya tidak menggantikan obat-obatan medis yang telah teruji klinis. Oleh sebab itu, segeralah temui dokter bila asupan tanaman herbal tak dapat meredakan keluhan kesehatan yang kamu alami. 

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tanaman obat apa saja yang perlu ditanam di pekarangan rumah, kamu bisa tanyakan ke dokter di Halodoc. Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. 

Referensi:
The Times of India. Diakses pada 2022. 6 Medicinal plants that you can grow in pots at home
Healthline. Diakses pada 2022. Homegrown Herbal Remedies