Ini Alasan Pengidap Kolesterol Rentan Alami Amaurosis Fugax

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ini Alasan Pengidap Kolesterol Rentan Alami Amaurosis Fugax

Halodoc, Jakarta - Amaurosis fugax terjadi ketika seseorang tidak dapat melihat keluar dari satu atau kedua mata karena kurangnya aliran darah ke area mata. Timbulnya amaurosis fugax salah satu gejala dari kondisi medis tertentu yang menghambat pasokan darah ke mata. Ketika amaurosis fugax terjadi, penglihatan seseorang dapat mengabur. 

Namun, penglihatan kabur ini hanya muncul sementara yang berlangsung beberapa detik sampai menit. Beberapa orang menggambarkan terjadinya amaurosis fugax sebagai perasaan seolah-olah seseorang menutupi mata mereka. Lantas, kondisi apa saja yang bisa memicu amaurosis fugax?

Baca Juga: 4 Perbedaan antara Amaurosis Fugax dan Katarak

Berbagai Kondisi yang Bisa Memicu Amaurosis Fugax

Amaurosis fugax terjadi ketika aliran darah yang menuju arteri retina sentral mengalami penyumbatan. Penyumbatan ini disebabkan karena adanya selembar plak atau gumpalan darah. Penyebab paling umum. Munculnya plak atau gumpalan darah sering dialami oleh individu yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi,  atau riwayat penyalahgunaan alkohol atau kokain. Kondisi lainnya, meliputi:

  • Tumor otak;

  • Cedera kepala;

  • Multiple sclerosis;

  • Lupus erythematosus sistemik;

  • Sakit kepala migrain;

  • Neuritis optik;

  • Polyarteritis nodosa.

Seluruh jenis penyakit yang memengaruhi sistem saraf atau aliran darah yang menuju kepala dapat menyebabkan amaurosis fugax. Tidak hanya itu, seseorang yang mengidap kolesterol tinggi diduga berisiko tinggi mengalami amaurosis fugax. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.

Alasan Pengidap Kolesterol Rentan Alami Amaurosis Fugax

Pengidap kolesterol tinggi cenderung menumpuk jumlah lemak yang cukup banyak. Nah, penumpukan lemak ini menghambat aliran darah menuju retina. Itulah sebabnya pengidap kolesterol tinggi berisiko tinggi mengalami amaurosis fugax. Kalau kamu punya riwayat keluarga kolesterol, penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga: Pemeriksaan untuk Deteksi Amaurosis Fugax

Jika kamu ingin mengetahui amaurosis fugax lebih mendalam, bicarakan saja dengan dokter Halodoc. Lewat aplikasi,  dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Perawatan untuk Atasi Amaurosis Fugax

Cara untuk mengobati amaurosis fugax, dokter perlu mengidentifikasi kondisi medis yang mendasarinya. Jika kondisi ini terkait dengan kadar kolesterol tinggi atau pembekuan darah, maka orang tersebut berisiko tinggi mengembangkan stroke. Akibatnya, beberapa perawatan berfokus untuk mengurangi kemungkinan stroke dengan cara, yaitu:

  • Mengonsumsi pengencer darah, seperti aspirin atau warfarin;

  • Menjalani prosedur bedah disebut endarterektomi karotis. Melalui prosedur ini, dokter membersihkan plak yang berpotensi menyumbat arteri karotid;

  • Minum obat untuk menurunkan tekanan darah.

Selain perawatan di atas, dokter juga merekomendasikan perawatan di rumah, seperti:

  • Menghindari makanan yang berlemak tinggi, seperti gorengan, makanan olahan atau makanan cepat saji;

  • Berhenti merokok dan konsumsi alkohol;

  • Rutin berolahraga setidaknya 30 menit sehari;

  • Mengelola kondisi kronis, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau kolesterol tinggi;

  • Menerapkan kebiasaan sehat dan mengambil langkah-langkah untuk mempertahankan berat badan ideal.

Baca Juga: Adakah Komplikasi yang Diakibatkan Amaurosis Fugax?

Banyaknya kondisi medis yang memicu amaurosis fugax, maka sebaiknya mulai terapkan pola hidup sehat yang telah dijelaskan di atas untuk mengurangi risikonya. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Amaurosis Fugax.
Medline Plus. Diakses pada 2019. Amaurosis fugax.