18 July 2018

Ini Batas Kadar Kolesterol yang Normal Bagi Wanita

kolestrol,kadar kolestrol,batas kolestrol normal pada wanita

Halodoc, Jakarta – Kolesterol tinggi masih menjadi momok yang sering tidak disadari. Pasalnya, tidak banyak orang yang menaruh perhatian lebih pada hal ini, terutama wanita. American Heart Association mencatat, sebanyak 76 persen wanita tidak mengetahui jumlah kolesterol yang ada di tubuhnya.  

Artinya, sebanyak itu pula orang yang tidak mengetahui apakah ia memiliki kadar kolesterol yang melewati batas normal atau tidak. Sebab kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit yang berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Secara umum, tubuh manusia membutuhkan kolesterol agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, ada batasan normal jumlah kolesterol yang bisa ditoleransi oleh tubuh. Lantas, berapakah batas kadar kolesterol yang normal bagi wanita?

Baca juga: Perlu Tahu Kolesterol Tinggi & Risiko Kanker Payudara

Kolesterol dibagi menjadi dua yaitu Low-density lipoprotein (LDL) alias “kolesterol jahat” dan High-density lipoprotein (HDL) atau yang dikenal sebagai “kolesterol baik”. Normalnya, kadar kolesterol total yang dianjurkan adalah di bawah 200 mg/dL. Artinya, kadar LDL dan HDL sebaiknya tidak lebih dari angka tersebut.

Namun yang harus mendapat perhatian lebih adalah kadar LDL. Sebaiknya pertahankan angka LDL di bawah 100 mg/dL. Jika kamu memiliki riwayat atau faktor risiko penyakit jantung, maka kadar LDL yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 70 mg/dL. Kamu harus waspada jika kolesterol jahat tersebut sudah mencapai lebih dari 130 mg/dL. Jika berada pada kondisi ini, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter dan mulailah melakukan perubahan pola makan.

Tapi kamu juga harus memperhatikan kadar HDL dalam tubuh. Sebagai kolesterol yang baik bagi tubuh, HDL dianjurkan untuk tetap berada pada angka yang tinggi. Pada wanita, kadar HDL akan cenderung lebih tinggi daripada laki-laki. Hal itu merupakan pengaruh dari keberadaan hormon estrogen. Hormon tersebut melindungi wanita dari kolesterol tinggi, namun saat memasuki masa menopause dan tubuh kehilangan estrogen, biasanya kadar HDL akan kembali dikalahkan oleh LDL.

Jumlah kadar HDL yang dianjurkan adalah 50 mg/dL atau lebih. Karena HDL adalah kolesterol yang bersifat baik, maka jumlahnya pun sebaiknya dipertahankan agar tinggi.

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

Mencegah Kolesterol Tinggi pada Wanita

Ada banyak faktor yang memicu kondisi kolesterol tinggi pada wanita. Salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat dan kebiasaan makan sembarangan. Seperti diketahui, naiknya kadar kolesterol bisa menjadi pemicu berbagai penyakit menyerang. Maka menjaga agar kadar kolesterol tetap normal adalah salah satu cara terbaik agar tubuh tetap sehat.

Jika pola hidup adalah salah satu pemicu naiknya kadar kolesterol, maka untuk mencegahnya harus dimulai dengan memperbaiki hal tersebut. Cobalah untuk menerapkan pola hidup yang lebih sehat agar tubuh tetap bugar. Misalnya dengan menerapkan pola makan sehat dan membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Sebagai gantinya, perbanyaklah makan sayur, buah, serta ikan.

Selain pola makan, cara untuk mencegah kadar kolesterol melonjak adalah dengan menjaga berat badan tetap normal. Pada dasarnya, sebagian besar wanita sangat mendambakan tubuh yang ideal untuk menunjang penampilan. Namun ternyata, memiliki berat badan yang ideal juga berguna untuk mencegah terjadinya obesitas yang bisa memicu meningkatnya kadar kolesterol total.

Baca juga: 5 Cara Mudah Turunkan Kolesterol

Mencegah kolesterol naik juga bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Sebab aktivitas fisik dapat membantu memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, mencegah naiknya kadar kolesterol juga bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Dengan demikian, kamu akan mengetahui hal-hal yang menjadi pemicu naiknya kolesterol sehingga dapat menghindarinya. Sekarang, kamu bisa merasakan punya asisten kesehatan pribadi lewat aplikasi Halodoc. Bicarakan selalu kondisi kesehatan dan masalah yang terjadi pada dokter lewat fitur Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!