Ini Bedanya Neuroma Akustik, Diabetik, dan Radialis

Ini Bedanya Neuroma Akustik, Diabetik, dan Radialis

Halodoc, Jakarta –  Neuroma akustik adalah pertumbuhan non-kanker yang berkembang pada saraf kranial kedelapan. Juga dikenal sebagai saraf vestibulocochlear yang menghubungkan telinga bagian dalam dengan otak dan memiliki dua bagian yang berbeda. Satu bagian terlibat dalam transmisi suara yang lain membantu mengirim informasi keseimbangan dari telinga bagian dalam ke otak.

Neuropati diabetik adalah jenis kerusakan saraf yang dapat terjadi jika kamu mengidap diabetes. Gula darah tinggi (glukosa) dapat melukai saraf di seluruh tubuh. Neuropati diabetik paling sering merusak saraf di tungkai dan kaki.

Sama-sama menyerang saraf, neuropati radialis adalah cedera saraf radial mengacu pada kerusakan saraf di lengan atas. Saraf ini mengontrol otot triceps. Ini juga membantu memperpanjang pergelangan tangan dan jari dan memberikan sensasi di bagian tangan. Saraf radial dekat dengan tulang di lengan atas, sehingga rentan terhadap cedera, terutama jika lengan patah.

Baca juga: Hati-Hati, Inilah 8 Komplikasi dari Diabetes Tipe 1

Gejala Neuroma Akustik

Gejala awal neuroma akustik sering kali tidak kentara. Banyak orang mengaitkan gejala-gejalanya dengan perubahan penuaan yang normal, jadi mungkin perlu beberapa saat sebelum kondisi tersebut didiagnosis.

Gejala pertama biasanya adalah kehilangan pendengaran secara bertahap di satu telinga, sering disertai dengan dering di telinga (tinnitus), atau perasaan penuh di telinga. Lebih jarang, neuroma akustik dapat menyebabkan gangguan pendengaran mendadak. Gejala lain, yang dapat terjadi seiring waktu, termasuk:

  1. Masalah dengan keseimbangan

  2. Vertigo (merasa seperti dunia berputar)

  3. Wajah mati rasa dan kesemutan, yang mungkin konstan atau datang dan pergi

  4. Kelemahan wajah

  5. Rasa berubah

  6. Kesulitan menelan dan suara serak

  7. Sakit kepala

  8. Kecanggungan atau ketidakstabilan

  9. Kebingungan

Baca juga: 4 Gangguan Saraf yang Perlu Diketahui

Gejala Diabetik Neuropati

Ada empat jenis utama neuropati diabetik. Kamu dapat memiliki satu atau lebih dari satu jenis neuropati. Gejalanya akan tergantung tergantung pada jenis yang kamu miliki dan saraf mana yang terpengaruh. Biasanya, gejala berkembang secara bertahap. Kamu mungkin tidak melihat sesuatu yang salah sampai kerusakan saraf yang cukup telah terjadi.

Penyebab pasti kemungkinan berbeda untuk setiap jenis neuropati. Kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol merusak saraf dan mengganggu kemampuan untuk mengirim sinyal, yang mengarah ke neuropati diabetes. Gula darah tinggi juga melemahkan dinding pembuluh darah kecil (kapiler) yang memasok saraf dengan oksigen dan nutrisi.

Namun, kombinasi faktor dapat menyebabkan kerusakan saraf, termasuk:

  • Peradangan pada saraf disebabkan oleh respons autoimun. Sistem imun salah mengira saraf sebagai benda asing dan menyerang mereka.

  • Faktor genetik yang tidak terkait dengan diabetes dapat membuat beberapa orang lebih mungkin untuk mengalami kerusakan saraf.

  • Merokok dan penyalahgunaan alkohol merusak saraf dan pembuluh darah dan secara signifikan meningkatkan risiko infeksi.

Baca juga: 4 Penanganan yang Dapat Dilakukan pada Pengidap Neuropati

Gejala Neuropati Radialis

Disfungsi saraf radial adalah masalah yang terkait dengan saraf radial akibat cedera yang terdiri dari trauma akut pada saraf radial. Kerusakan memiliki konsekuensi sensorik, karena mengganggu persarafan saraf radial dari kulit lengan posterior, lateral tiga digit, dan permukaan dorsal sisi lateral telapak tangan.

Kerusakan juga memiliki konsekuensi motorik, karena mengganggu persarafan saraf radial dari otot-otot yang terkait dengan ekstensi di siku, pergelangan tangan dan figers, serta supinasi lengan bawah.

Siapapun yang mengalami disfungsi saraf radial juga bisa mengalami salah satu dari gejala berikut:

  • Kehilangan kemampuan atau ketidaknyamanan dalam memperpanjang siku

  • Kehilangan kemampuan atau ketidaknyamanan membungkukkan tangan ke belakang di pergelangan tangan

  • Mati rasa

  • Sensasi abnormal dekat ibu jari, telunjuk, dan jari tengah

  • Nyeri tajam atau terbakar

  • Kelemahan dalam genggaman

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai perbedaan neuroma akustik, diabetik dan radialis, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.