• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Didik Anak ala Orang Tua Milenial

Ini Cara Didik Anak ala Orang Tua Milenial

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Masing-masing orang tua punya cara sendiri untuk mendidik buah hati mereka. Namun tahukah kamu jika ada sebutan khusus bagi orang tua yang mendidik mereka dengan cara berbedadari jaman dulu alias jadul. Merekalah yang disebut dalam New York Times sebagai milenial parents atau populer dengan sebutan parenials.

Menurut salah satu surat kabar terbesar di Amerika ini, sekitar 82 persen anak yang lahir di seluruh dunia merupakan anak-anak yang berasal dari orang tua milenial. Kok bisa begitu? Jadi maksud dari orang tua milenial adalah mereka yang mendidik anak-anak mereka dengan yang modern dan tidak "jadul". Mulai dari proses kehamilan, melahirkan, hingga cara mendidik anak yang tidak kaku sehingga dapat menghindari rasa tidak nyaman yang dirasakan anak jika dekat dengan orang tuanya.

Berkembangnya teknologi menjadi salah satu perbedaan mencolok antara orang tua jaman dahulu dan parenials. Nah, seperti apa sih parenials yang umumnya berusia 20-30an ini? Dilansir dari Bussines Insider, inilah perbedaan yang perlu kamu tahu. Barangkali, kamu salah satu anak milenial atau bahkan calon orang tua milenial.

1. Pakai Media Sosial
Coba ingat-ingat, mungkin kamu atau bahkan temanmu pernah melakukannya. Mengunggah foto Buah Hati mereka di media sosial. Atau mungkin bahkan orang tua kamu mengunggah foto kamu di mesia sosial? Inilah salah satu ciri Parenials yang enggak gaptek dan suka berinteraksi menggunakan media sosial. Jaman dahulu, media komunikasi seperti ini tentu belum ada sehingga membuat penyebaran informasi apapun jadi lebih terbatas.

Dari penelitian yang dilakukan Times, diketahui bahwa sekitar 19 persen orang tua menggunakan media sosial dan menggunggah foto anak-anak mereka, sedangkan 30 persen orang tua generasi X dan 53 generasi Baby Boomers justru tidak melakukannya dengan alasan takut jika anak mereka menjadi target orang jahat.


2. Just Googling It
Dengan perkembangan internet yang semakin maju dan informasi yang tersebar luas, jadi banyak orang tua yang “menggantungkan” informasi kepada internet. Kalau penasaran tentang masalah kesehatan anak, pendidikan anak, bahkan fahsion anak, just googling it. Bahkan kini sudah ada komunitas yang isinya para ibu dan mereka akan dengan senang hati berbagi informasi untuk kepentingan Si Kecil.


3. Percaya Diri dalam Mendidik
Tahukah jika nyatanya, parenials punya rasa percaya diri yang tinggi. Mereka cenderung mempelajari segala hal untuk mempersiapkan yang terbaik bagi buah hati mereka. Misalnya saja untuk metode melahirkan, mereka akan cari informasi untuk memilih mana yang terbaik. Begitu pula dengan pendidikan, mereka akan mencari tahu dan meminta referensi terbaik karena ingin agar anak mereka nanti dapat tumbuh menjadi lebih baik. Karena kemampuan untuk mencari informasi ini, rasa percaya diri parenials pun tinggi. Namun kebanyakan, ini ditunjukkan ibu. Diketahui dari penelitian yang dilakukan Pew Research Center, bahwa sekitar 57 persen ibu di Amerika mengaku jika cara didik mereka terbilang sangat baik. Sedangkan dari penelitian ini ditemukan bahwa 43 persen ayah justru merasa bahwa belum menjadi ayah yang baik.


4. Pertimbangan Finansial
Karena ingin anak mendapatkan yang terbaik, maka parenials pun menjadi sangat bijak dalam hal finansial. Bukannya orang tua jaman dulu tidak bijak, hanya saja segala pertimbangan untuk dapat memberikan semua fasilitas untuk Si Kecil akan diusahakan untuk orang tua. Ini karena kebutuhan finansial dari tahun ke tahun makin naik dan berbeda dengan jaman dahulu. Untuk sekolah dasar masa sekarang saja bisa mencapai Rp16 jutaan, lho


Itulah cara didik anak ala orang tua milenial, apakah kamu salah satunya? Yang terpenting dalam mendidik anak adalah selalu mengajarkan tentang kebersihan. Dengan kebiasaan yang bersih maka menjaga kesehatan lebih mudah. Oleh karena itu, sedia selalu aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, orang tua bisa bicara langsung dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, orang tua juga bisa membeli vitamin dan suplemen yang dibutuhkan dan pesanan akan diantar dalam satu jam, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.