• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Melakukan Gerakan Pull Up yang Aman untuk Pemula
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Melakukan Gerakan Pull Up yang Aman untuk Pemula

Ini Cara Melakukan Gerakan Pull Up yang Aman untuk Pemula

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Juli 2022

“Untuk para pemula, penting tahu cara melakukan gerakan pull up yang aman. Pastikan untuk membiasakan diri melakukan beberapa gerakan, seperti flex arm hang dan dead hang.”

Ini Cara Melakukan Gerakan Pull Up yang Aman untuk Pemula

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ketangkasan dan kekuatan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah gerakan pull up. Jika seseorang tidak terbiasa melakukan hal ini, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan agar tetap aman untuk pemula.

Gerakan Pull Up yang Perlu Diperhatikan oleh Pemula

Pull up adalah latihan beban yang sangat baik untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas. Meski begitu, banyak orang yang berpikir jika gerakan ini sulit untuk dilakukan, terlebih bagi para pemula. Padahal, dengan mengetahui cara melakukan yang benar, gerakan pull up bisa menjadi salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan dan efektif untuk kesehatan.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan untuk melakukan gerakan pull up bagi pemula? Berikut beberapa tipsnya:

1. Lakukan Flex Arm Hang

Lakukan Flex Arm Hang

Cara pertama dalam pull up adalah dengan melakukan flex arm hang. Cobalah untuk menggunakan kotak di dekat pull up bar agar dagu tepat di atas tiang lurus tersebut. Letakkan tangan di bar dengan telapak tangan menghadap ke diri sendiri. Angkat tubuh ke atas dan tahan sementara posisi tersebut. Tingkatkan secara bertahap waktu untuk menggantung di atas mistar tersebut.

2. Lakukan Dead Hang

Lakukan Dead Hang

Dead hang dapat membantu untuk membangun kekuatan lengan dan memungkinkan pull up lebih mudah dilakukan. Untuk melakukannya, letakkan kursi di dekat pull up bar, sehingga lengan bisa mencapai tiang lurus tersebut. Pegang bar tersebut dengan telapak tangan membelakangi tubuh. Lalu, angkat tubuh sekitar beberapa cm dan tekuk lutut menjauh dari pijakan. Tahan posisi tersebut senyaman dan selama mungkin.

3. Menurunkan Tubuh secara Perlahan

Menurunkan Tubuh secara Perlahan

Membiasakan tubuh untuk gerakan menurunkan badan secara perlahan juga dapat menjadi dasar gerakan pull up. Untuk melakukannya, letakkan kursi di bawah pull up bar dan pegang bar dengan tangan terbuka selebar bahu dan telapak tangan menghadap ke diri sendiri. Turunkan tubuh secara perlahan dan ulangi prosesnya hingga terbiasa.

Itulah beberapa cara melakukan gerakan pull up yang bisa dilakukan agar tetap aman dan tubuh menjadi terbiasa. Lakukan semua cara tersebut secara rutin sehingga tangan lebih kuat untuk menahan beban seluruh tubuh. Kamu juga bisa mendapati tubuh menjadi lebih sehat karena rutinitas baik ini.

Jika ingin tahu lebih jauh tentang manfaat dari gerakan pull up, kamu bisa lho menggunakan fitur tanya dokter dari aplikasi Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis bisa dilakukan dimana dan kapan saja melalui smartphone. Maka dari itu, gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Wiki How. Diakses pada 2022. How to Do Pull Ups for Beginners.
Sweat. Diakses pada 2022. How To Do A Pull-Up: The Beginner’s Guide.