07 December 2017

Ini Cara Siapkan Makanan Bayi untuk Bepergian

Ini Cara Siapkan Makanan Bayi untuk Bepergian

Halodoc, Jakarta – Jika ingin mengajak Si Kecil pergi berlibur, salah satu hal yang perlu ibu persiapkan adalah makanannya. Si Kecil yang sudah beranjak besar dan mulai mengonsumsi MPASI, perlu dibuatkan bekal makanan agar ia tidak kelaparan saat menempuh perjalanan yang cukup jauh. Selain itu, ibu juga perlu memikirkan menu makanan setiap hari selama liburan. Jangan pusing dulu, ada cara menyiapkan makanan untuk Si Kecil ketika bepergian.

Kebanyakan ibu pasti langsung cemas membayangkan betapa repotnya menyiapkan makanan untuk Si Kecil jika mengajaknya bepergian. Tapi sebenarnya ibu cukup menyediakan makanan ringan, seperti potongan buah, sayur, atau biskuit bayi sebagai makanan pendamping ASI untuk Si Kecil. Selanjutnya, agar ibu dapat menyiapkan MPASI dengan lancar, berikut tips-tipsnya:

1. Bawa Keperluan Mengolah Makanan

Tips yang satu ini bisa dilakukan hanya bila kondisinya memungkinkan. Untuk memudahkan ibu menyiapkan MPASI, bawalah peralatan yang diperlukan untuk mengolah makanan, seperti blender dan slow cooker.  Pastikan juga di tempat ibu menginap nantinya memiliki daya listrik yang cukup besar untuk memasang peralatan masak tersebut. Fasilitas kulkas juga diperlukan untuk menyimpan bahan-bahan makanan untuk Si Kecil. Tapi jika di tempat menginap tidak ada kulkas, ibu bisa membawa bahan-bahan makanan dalam jumlah sedikit atau beli bahan makanan langsung di tempat liburan.

2. Bekal di Perjalanan

Jika destinasi liburan yang dipilih cukup jauh sehingga perlu menempuh perjalanan yang cukup lama, ibu bisa membawa bekal makanan untuk diberikan kepada Si Kecil dalam perjalanan. Pilihan jenis makanan yang paling baik sebagai bekal di jalan adalah makanan bayi siap saji. Selain itu, ibu bisa juga membawa makanan bayi instan yang perlu diseduh terlebih dahulu dan buah-buahan. Sedangkan peralatan yang perlu ibu bawa adalah mangkuk, sendok, botol minum, dan termos air panas.  

3. Susun Menu Makanan Sebelum Pergi

Agar ibu bisa tahu bahan makanan apa saja yang perlu disiapkan dan peralatan-peralatan yang perlu dibawa, susun lah menu makanan untuk Si Kecil beberapa hari sebelum bepergian. Ibu sebaiknya memilih menu makanan yang praktis, tapi tetap bergizi, seperti kentang rebus, nasi tim, oat instan, atau buah alpukat. Jika anak sudah bisa memegang makanannya sendiri, ibu bisa memberi finger food, seperti kentang yang dipotong kotak-kotak, stik wortel, atau biskuit bayi.

4. Simpan Makanan Dalam Wadah yang Tertutup Rapat

Setelah bahan-bahan makanan yang ibu olah sudah matang dan siap diberikan kepada Si Kecil, simpanlah makanan tersebut dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak terkontaminasi selama penyimpanan. Jika jarak perjalanan cukup lama, ibu bisa menyimpan bekal MPASI dalam cooler bag yang sudah diisi oleh kantung es yang cukup banyak agar tidak basi.

5. Hangatkan Makanan Ketika Akan Diberikan

Saat ingin memberikan makanan kepada Si Kecil, hangatkan wadah tempat menyimpan makanan dengan merendamnya dalam mangkuk yang sudah diisi air hangat. Jika naik pesawat, ibu minta tolong kepada pramugari untuk menghangatkannya dalam microwave. Untuk pure atau potongan buah, sebaiknya diberikan dalam kondisi dingin. Usahakan untuk memberikan MPASI kepada anak tepat waktu, sesuai dengan jadwal makannya.

Jika Si Kecil mengalami gangguan kesehatan selama liburan, segera tanyakan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Ibu dapat menghubungi dokter dan meminta saran kesehatan untuk Si Kecil melalui  Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Halodoc juga memudahkan ibu untuk membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan anak. Tinggal order dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.