• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Siapkan Makanan Bayi untuk Bepergian

Ini Cara Siapkan Makanan Bayi untuk Bepergian

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Berlibur adalah salah satu kebutuhan yang penting untuk menghilangkan stres. Namun, saat hendak berlibur mengajak Si Kecil, maka diperlukan persiapan ekstra. Terlebih jika anak yang sudah mendapatkan MPASI, orangtua wajib membuatkan bekal makanan supaya ia tidak kelaparan dan rewel saat menempuh perjalanan jauh. 

Tidak perlu pusing memikirkannya, karena mempersiapkan makan bayi selama bepergian bisa saja jadi pekerjaan yang mudah. Asalkan ibu tahu cara mempersiapkannya dengan benar, berikut ini tips untuk mempersiapkannya.

Baca juga: Trik Traveling Seru Tanpa Menggerutu Meski Bawa Anak

Bawa Perlengkapan Pengolah Makanan

Tips yang satu ini bisa dilakukan hanya bila kondisinya memungkinkan. Untuk memudahkan ibu menyiapkan MPASI, maka ibu bisa membawa peralatan untuk mengolah makanan, seperti blender dan slow cooker. Pastikan juga di tempat menginap nanti tersedia daya listrik yang cukup besar untuk memasang peralatan masak tersebut.

Perlu juga adanya fasilitas kulkas untuk menyimpan bahan-bahan makanan untuk Si Kecil. Namun, jika tidak ada maka sebaiknya bawa bahan-bahan makanan dalam jumlah sedikit saja atau beli bahan segar langsung di tempat liburan.

Buat Bekal di Perjalanan

Apabila destinasi liburan yang dipilih jauh sehingga diperlukan waktu tempuh yang lama, maka orangtua wajib mempersiapkan bekal makanan. Buatkan makanan yang paling baik untuk bayi.

Tidak hanya itu, ibu bisa juga membawa makanan bayi instan yang perlu diseduh terlebih dahulu dan buah-buahan. Sedangkan peralatan dasar yang perlu ibu bawa adalah mangkuk, sendok, botol minum, dan termos air panas.  

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Nyaman Traveling dengan Bayi

Siapkan Menu Makanan Sebelum Pergi

Ibu tidak perlu kebingungan dalam menyiapkan menu makanan yang sehat. Sebaiknya persiapkan bahan makanan apa saja yang perlu disiapkan dan peralatan-peralatan yang perlu dibawa, sehingga ibu tidak perlu kerepotan lagi.

Ibu sebaiknya memilih menu makanan yang sederhana tetapi memiliki gizi tinggi misalnya kentang rebus, nasi tim, oat instan, atau buah alpukat. Jika anak sudah bisa memegang makanannya sendiri, ibu bisa memberi finger food, seperti kentang yang dipotong kotak-kotak, stik wortel, atau biskuit bayi.

Pastikan Makanan Disimpan dalam Wadah yang Tertutup Rapat

Setelah bahan-bahan makanan yang ibu olah sudah matang dan siap diberikan kepada Si Kecil, maka simpan makanan dalam wadah yang tertutup rapat dan bersih agar tidak terkontaminasi.

Apabila jarak perjalanan cukup lama, maka siapkanlah bekal MPASI dalam cooler bag yang sudah diisi oleh kantung es yang cukup banyak agar tidak basi.

Hangatkan Makanan Sebelum Diberikan 

Saat ingin memberikan makanan kepada Si Kecil, pastikan ibu menghangatkan terlebih dahulu wadah tempat menyimpan makanan. Ibu bisa merendamnya dalam mangkuk yang sudah diisi air hangat. Namun, jika ibu dan ayah naik pesawat, sebaiknya minta tolong kepada pramugari untuk menghangatkannya dalam microwave.

Sedangkan untuk pure atau potongan buah, sebaiknya diberikan dalam kondisi dingin. Usahakan untuk memberikan MPASI kepada anak tepat waktu, sesuai dengan jadwal makannya.

Jika ibu masih perlu informasi mengenai hal ini, jangan ragu untuk chat dokter di Halodoc. Tanyakan juga dokter ahli gizi jika diperlukan agar nutrisi bayi selama liburan tetap terpenuhi.

Baca juga: Inilah 5 Makanan Sehat untuk Si Kecil yang Masih Balita

Hal yang Perlu Dibawa saat Traveling dengan Bayi

Tidak hanya makanan dan susu yang perlu disiapkan dengan baik dan cukup. Terdapat beberapa benda yang perlu dibawa, antara lain: 

  • Persediaan P3K;

  • Popok / popok dan tisu;

  • Krim ruam popok / popok; 

  • Kantong plastik untuk sampah;

  • Kursi khusus untuk bayi bepergian; 

  • Benda-benda untuk melindungi bayi dari matahari, seperti topi atau payung. 

  • Selimut bayi dan pewangi agar bayi nyaman; 

  • Pakaian cadangan untuk bayi;

  • Boneka tiruan / dot;

  • Baby sling - untuk digunakan saat bepergian dengan bayi.

Itulah beberapa hal penting yang perlu dibawa ketika membawa bayi bepergian. Selain itu, pastikan kesehatan Si Kecil tetap prima agar liburan bisa menjadi lebih menyenangkan.

 

Referensi:
Cherub Baby Australia. Diakses pada 2020. Travelling with a Baby? Baby Food Storage Tips For Feeding On The Go.
Homemade Baby Food Recipes. Diakses pada 2020. Tips For Travelling With Baby.